Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Biji Bunga Matahari terhadap Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari terhadap Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari terhadap Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari terhadap Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari terhadap Kesehatan

Manfaat Biji Bunga Matahari terhadap Kesehatan – Bunga matahari merupakan jenis tanaman dengan biji yang kecil yang dapat dijadikan cemilan. Bunga matahari memiliki banyak kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, disamping manfaatnya juga bunga matahari sangat cantik untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Dalam satu pohon tanaman bunga matahari terdapat banyak biji yang terdapat dalam bunga matahari.  Biji matahari atau yang banyak dikenal sebagai istilah kuaci, selain nikmat diknsumsi pada waktu santai, juga memiliki manfaat terhadap kesehatan, sebagai berikut:1. Anti-inflamasi
Biji bunga matahari merupakan sumber makanan dengan kaya kandungan vitamin E, yaitu sebagai antioksidan yang dapat larut di dalam lemak tubuh. Vitamin E akan diserap tubuh agar dapat menetralkan radikal bebas yang bisa merusak struktur lemak misalnya membran sel, sel – sel otak, serta kolesterol. Vitamin E mempunyai efek sebagai anti- inflamasi dengan demikian bisa mengurangi gejala osteoporosis, asma, rheumatoid arthritis. Vitamin E juga sudah terbukti dapat mengurangi risiko penyakit kanker usus besar, dapat membantu untuk mengurangi keparahan serta frekuensi hot flashes terhadap wanita yang sudah mengalami menopause, dan dapat membantu dalam mengurangi komplikasi diabetes.

2. Mencegah penyakit kardiovaskular
Vitamin E yang terdapat dalam biji bunga matahari mempunyai peran penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang dijumpai dalam partikel kolesterol yang bisa membantu untuk mencegah radikal bebas. Kolesterol bisa mengakibatkan penyumbatan dalam pembuluh darah, menyebabkan serangan jantung, atau menyebabkan stroke. Vitamin E dengan signifikan bisa mengurangi resiko atherosclerosis.

3. Menurunkan kolesterol
Biji bunga matahari memiliki kandungan pitosterol yang bisa membantu dalam menurunkan kolesterol dan bisa meningkatkan respon serta penurunan terhadap risiko kekebalan kanker. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sebagian besar kadar pitosterol di dalam kacang – kacangan serta biji-bijian misalnya biji wijen mempunyai kandungan fitosterol sekitar 400 sampai 413 mg per 100 gram, biji bunga matahari  mempunyai kandungan pitosterol sekitar 270 sampai 289 mg per 100 g.

4. Dapat menenangkan saraf, otot, dan pembuluh darah
Kandungan magnesium yang terdapat dalam biji bunga matahari mempunyai peranan dalam mengimbangi kalsium, dengan demikian akan sangat membantu untuk mengatur saraf serta otot. Magnesium bisa membuat saraf misalnya pembuluh darah serta otot akan bekerja secara normal. Dengan asupan magnesium yang cukup bisa berkontribusi dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi, kejang otot yang termasuk kejang otot pada organ jantung atau kejang pada saluran udara sebagai akibat gejala asma, kram otot, migraine.

5. Menjaga kesehatan tulang
Kandungan magnesium yang terdapat dalam biji bunga matahari dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang serta untuk produksi energi. Dimana sekitar 2 per 3 dari magnesium di dalam tubuh manusia dapat dijumpai dalam tulang. Beberapa diantaranya dapat membantu untuk memberikan struktur fisik tulang, kemudian sisanya bisa dijumpai serta disimpan di permukaan tulang untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

6. Meningkatkan proses detoksifikasi dan pencegah kanker
Kandungan selenium yang terdapat dalam biji bunga matahari adalah jenis mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selenium sudah terbukti dapat menginduksi perbaikan DNA di dalam sel yang mengalami rusak, dapat menghambat proliferasi pada sel kanker, serta dapat menginduksi apoptosis, dan juga digunakan tubuh dalam menghilangkan sel – sel yang abnormal.

7. Dapat mencegah serangan jantung dan stroke
Biji bunga matahari mempunyai kandungan yang kaya dengan magnesium. Hasil penelitian sudah membuktikan dimana magnesium bisa membantu untuk mengurangi asma, dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, dapat mencegah migrain, dan dapat mengurangi risiko terhadap serangan jantung serta stroke. Kandungan dalam biji bunga matahari juga kaya dengan asam lemak linoleat tidak jenuh yang bisa membantu untuk menurunkan LDL atau disebut dengan kolesterol jahat serta dapat meningkatkan HDL atau disebut dengan kolesterol baik di dalam darah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates