Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Produksi dan Berbagai Manfaat Buah Pisang di Indonesia

Produksi dan Berbagai Manfaat Buah Pisang di Indonesia

Produksi dan Berbagai Manfaat Buah Pisang di Indonesia

Produksi dan Berbagai Manfaat Buah Pisang di Indonesia

Produksi dan Berbagai Manfaat Buah Pisang di Indonesia

1. Persebaran dan Produksi Pisang
Pisang adalah tanaman yang berupa herba berasal dari kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia), kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Pisang dengan nama latin “Musa spp” dapat ditemukan hampir di setiap tempat terutama di daerah tropis baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian kurang dari 1.600 m di atas permukaan laut (dpl). Indonesia termasuk salah satu negara tropis yang memasok pisang segar/kering ke Jepang, Hongkong, Cina, Singapura, Arab, Australia, Negeri Belanda, Amerika Serikat dan Perancis. Belum diketahui dengan pasti berapa luas perkebunan pisang yang terdapat di Indonesia.

Di Indonesia, buah pisang menduduki tempat pertama diantara jenis buah-buahan lainnya. Baik dilihat dari segi sebaran, luas pertanamannya maupun dari segi produksinya. Total produksi pisang di Indonesia pada tahun 2006 diperkirakan 5.037.472 ton. Di Indonesia, pisang memiliki nama sendiri di setiap daerah misalnya di Provinsi Jawa Barat pisang disebut dengan “Cau” sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur disebut dengan “Gedhang”. Pusat produksi pisang terbesar di Jawa Barat adalah Cianjur, Sukabumi dan daerah sekitar Cirebon.

2. Manfaat Pisang
Pisang memiliki kandungan dan manfaat bagi setiap orang. Pisang merupakan buah yang memiliki sumber kandungan gizi berupa vitamin, mineral dan juga karbohidrat. Bagian-bagian dari tanaman pisang juga dapat diolah untuk dijadikan bahan makanan atau sebagai obat tradisional.

A. Buah Pisang
Jenis pisang yang dimakan buahnya secara langsung tanpa dimasak adalah pisang ambon, susu, raja, cavendish, barangan dan mas. Sedangkan, pisang yang dapat dimakan setelah buahnya dimasak adalah pisang nangka, tanduk dan kepok. Pisang batu dan pisang klutuk merupakan jenis pisang berbiji yang tidak bisa dimakan tetapi dimanfaatkan daunnya. Selain itu, buah pisang dapat dijadikan buah meja, sale pisang, keripik, pure pisang, tepung pisang, konsentrat dan lain-lain. Keripik pisang adalah yang paling banyak diproduksi, terutama di provinsi Lampung yang terkenal dengan keripik pisangnya.

B. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membuat cuka melalui proses fermentasi alkohol dan asam cuka.

C. Daun pisang dimanfaatkan sebagai pembungkus berbagai macam makanan trandisional Indonesia. Daun pisang juga dapat dijadikan sebagai makanan ternak seperti sapi, kambing dan domba.

D. Batang Pisang
Batang dari pisang manila (abaca) dapat diolah menjadi serat untuk pakaian, kertas dsb. Batang pisang yang dipotong kecil juga dapat dijadikan makanan ternak pada saat musim kemarau ketika persediaan rumput kurang tersedia.

Secara tradisional, air pada umbi batang dari pisang kepok dapat dimanfaatkan sebagai obat disentri dan pendarahan usus besar sedangkan air pada batang pisang lain dapat digunakan sebagai obat sakit kencing dan penawar racun.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates