Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Seputar Ulasan Mengenai Buah Semangka di Indonesia

Seputar Ulasan Mengenai Buah Semangka di Indonesia

Seputar Ulasan Mengenai Buah Semangka di Indonesia

Seputar Ulasan Mengenai Buah Semangka di Indonesia

Seputar Ulasan Mengenai Buah Semangka di Indonesia

Seputar Ulasan Mengenai Buah Semangka di Indonesia – Semangka atau dengan nama latin “Citrullus Vulgaris Schard” adalah salah satu tanaman buah berupa herba yang tumbuhnya merambat. Asal – usul tanaman semangka berasal dari gurun Kalahari di Afrika, kemudian tanaman ini menyebar ke negara daerah tropis dan sub-tropis mulai dari Indonesia, Cina, Jepang,Taiwan, Thailand, India, Belanda, Jerman bahkan ke Amerika. Tanaman semangka memiliki sifat semusim dan tergolong cepat berproduksi karena umurnya hanya sampai 6 bulan. Semangka sangat cocok ditanam di dataran rendah dengan areal pertanaman yang terkena sinar matahari dan pada ketinggian 600 m dpl dengan curah hujan ideal 40-50 mm/bulan.

Buah semangka adalah salah satu buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis dan kandungan airnya banyak. Pada saat musim kemarau terutama cuaca panas, buah semangka sangat mudah ditemui dimana- mana, mulai dari pasar buah, rumah makan, bahkan sampai di hotel – hotel. Pusat penanaman semangka di Indonesia hampir ada di semua provinsi. Di Jawa Tengah terdapat di daerah Tegal, Pekalongan, Wonogiri, Magelang sedangkan D.I Yogyakarta berada di Kulonprogo. Di Jawa Barat terdapat di daerah Indramayu, Karawang sedangkan Jawa Timur berada di Madiun, Banyuwangi, Malang, Madura. Di Sumatera Barat ada di daerah Air Haji dan Balai Selasi serta di Lombok dan Lampung.

1. Manfaat Semangka
Tanaman semangka dibudidayakan sering dimanfaatkan sebagai buah segar. Daun dan buah semangka muda ada yang memanfaatkaannya untuk bahan sayur-mayur. Biji semangka bisa diolah menjadi makanan ringan yang digemari oleh banyak masyarakatb yang biasa disebut dengan “kuwaci”. Kulit semangka dapat dibuat asinan/acar seperti mentimun atau jenis labu lainnya.
Penyakit merupakan suatu keadaan tanaman yang pertumbuhannya terganggu akibat adanya organisme pengganggu selain hama.

2. Gejala penyakit dan hama tanaman semangka
a. Hama
Hama yang menyerang semangka memiliki beragam jenis dan cara hama merusak tanaman pun bermacam-macam seperti mengerat, menghisap cairan, dan mengunyah. Jenis hama yang menyerang tanaman semangka pada bagian tanaman tertentu yaitu daun, batang, dan buah. Ciri-ciri tanaman yang terserang hama yaitu daun keriting, terdapat bercak – bercak berwarna kuning, pada bagian dorsal daun (bawah daun) akan terlihat sekumpulan hama yang tampak seperti titik-titik merah. Selain itu, tanaman menjadi kerdil, tidak dapat membentuk buah secara normal, banyak cairan lengket yang dikeluarkan seperti cairan madu dan akan menjadi tumbuhnya jamur.

b. Penyakit
Ciri-ciri tanaman semangka yang terkena penyakit adalah terjadi kebusukan pada tanaman yang sebelumnya lebat dan subur lama kelamaan akan layu. Nampak bercak-bercak cokelat pada daun yang kemudian berubah menjadi warna kemerahan dan akhirnya daun mati. Adanya bercak kebasah-basahan pada pangkal batang pada bibit/tanaman muda kemudian tiba-tiba rebah dan mati.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates