Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Telomere Mengendalikan Ketuaan Pada Manusia

Telomere Mengendalikan Ketuaan Pada Manusia

Telomere Mengendalikan Ketuaan Pada Manusia

Telomere Mengendalikan Ketuaan Pada Manusia

Telomere Mengendalikan Ketuaan Pada Manusia

Telomere Mengendalikan Ketuaan Pada Manusia – adalah zat kimia yang berupa molekul yang berukuran sangat kecil dan lebih kecil dari ukuran sel. Di dalam sel terdapat kromosom dan di bagian ujung dari kromosom terdapat telomere. Kromosom ini berfungsi agar kromosom tidak ketika terjadi proses pembelahan sel. Di dalam tubuh kita, ada yang dinamakan dengan gen yang tersimpan di dalam untaian kromosom yang panjang. Di bagian ujung dari kromosom dibutuhkan enzim yang berfungsi agar kromosom tidak dapat terurai sehingga telomerase tetap utuh . Enzim tersebut disebut dengan enzim telomerase. Hal tersebut dapat digambarkan sebagai tali sepatu yang ujungnya terdapat semacam plastik atau seperti selotip agar tali tidak dapat terurai

Ketika sel membelah, kromosom atau DNA akan ikut membelah, demikian juga telomere yang akan ikut membelah juga. Seiring dengan pertambahan usia, hasil dari pembelahan telomere akan semakin pendek sehingga DNA juga ikut memendek dan fungsi DNA pun ikut terganggu. Hal ini dapat dibuktikan dengan telomere yang di dalam sel semakin lama semakin pendek ketika usia semakin tua. Pada usia anak-anak , telomere masih panjang, pada usia muda /remaja, ukuran telomere akan memendek dan semakin lama akan pendek ketika usia tua. Selain itu, pada penderita ketuaan (progeria), anak-anak yang lahir dengan telomere pendek akan memiliki wajah seperti orang lanjut usia, meskipun usianya masih berusia 3-5 tahun. Jadi, yang mengendalikan ketuaan pada manusia adalah telomere.

Selain faktor usia, penyebab telomere memendek dapat disebabkan pola hidup yang tidak sehat, stress, kegemukan, merokok dan kelebihan lemak perut. Efek dari memendeknya telomere akan memicu penyakit seperti kanker, serangan jantung dan bebrapa penyakit lain. Telomere pertama kali ditemukan oleh Elizabeth Blackburn dan Joseph Gall dari Yale University serta dipublikasikan pada tahun 1978. Kemudian Carol Greider dan Jack Szostak menemukan bagaimana telomere dan telomerase bisa menjaga kromosom, selanjutnya tim William Henry “Bill” Andrews, Ph.D di Geron Corporate dapat mengidentifikasi telomerase manusia untuk pertama kalinya. Selain itu, beliau juga memperbanyak jumlah telomerase agar dapat awet muda dengan mencari molekul yang bisa mengikat sisi repressor dari telomerase agar system kerja telomerase maksimal. Pada akhir tahun 2010, Andrew bersama John Anderson berhasil menemukan formula yang tepat untuk melindungi dan menjaga telomere maupun telomerase yang dinamakan Product B, telomere-supporting nutraceutical, yang berisi 1000 bahan alami yang sudah dipatenkan.

Dari uraian diatas, maka kita perlu menjaga dan merawat telomere tidak cepat memendek sebelum usia lanjut dengan berbagai cara. Diantaranya dapat dilakukan dengan mengurangi stress, menjaga berat badan dan lemak pada perut, olahraga secara teratur, tidak merokok, serta dapat memberikan nutrisi tubuh seperti Vitamin B, D, Antioksidan, Minyak Ikan dan Resveratol.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates