Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Zat Ptalat Dapat Merusak Kesuburan Wanita Maupun Pria

Zat Ptalat Dapat Merusak Kesuburan Wanita Maupun Pria

Zat Ptalat Dapat Merusak Kesuburan Wanita Maupun Pria

Zat Ptalat Dapat Merusak Kesuburan Wanita Maupun Pria

Zat Ptalat Dapat Merusak Kesuburan Wanita Maupun Pria

Zat Ptalat Dapat Merusak Kesuburan Wanita Maupun Pria – Bahan-bahan kimia yang ada di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari ternyata dapat merusak kesuburan pria dan wanita. Salah satu bahan kimia tersebut adalah senyawa phthalates atau biasa dinamakan PTALAT. Zat ini telah tersebar luas di lingkungan karena dalam pembuatan plastik bahan-bahannya banyak yang dicampur dengan ptalat sehingga memberikan efek buruk pada kesuburan wanita maupun pria. Ptalat yang digunakan dalam pembuatan plastik lunak (fleksibel) mengandung sifat xenoestrogen yaitu substansi yang berperan seperti estrogen. Tetapi sifatnya tersebut justru sebagai pengacau dan menggangu kelenjar hormone baik pada pria maupun wanita.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Grindler bahwa zat ptalat dapat mempercepat menopause atau terjadinya menopause dini pada wanita. Menopause pada wanita normal umumnya terjadi di usia 50 tahun, akan tetapi dapat dialami wanita ketika di usia 30 tahun. Ptalat juga dapat berpengaruh dalam kualitas ovum, siklus haid dan implantasi janin yang menyebabkan keguguran pada wanita hamil. Sedangkan pada pria, ptalat dapat menyebabkan jumlah sperma yang sedikit, artrofi testis dan abnormal pada sistem reproduksi bahkan bagi anak-anak, zat tersebut dapat memicu timbulnya asma dan gangguan pernafasan.

Ptalat dapat ditemukan hampir di seluruh produk sehari-hari yang kita gunakan. Produk-produk tersebut diantaranya adalah produk perawatan tubuh, pelembab, kuteks, parfum, make up, penyegar ruangan, detergen, produk untuk lantai, sabun cair, kaleng, pembungkus makanan, pestisida, mainan anak, sex toys, lem, cat, tinta printer, bahan bangunan dll. Jadi, dilihat dari produk tersebut sangat sulit bagi kita untuk menghindari dari zat patalat.

Untuk membedakan bahan produk mana yang mengandung ptalas atau tidak, The National Institute of Environmental Sciences memberikan petunjuk kepada kita dalam penggunaan plastik terutama dalam wadah makanan dan minuman. Sebelum menggunakan plastik, terlebih dahulu kita cek simbol daur ulang yang digunakan secara universal pada plastik. Simbol tersebut yakni berupa panah yang membentuk segitiga dan biasanya terletak di bawah kemasan. Lihatlah symbol tersebut dengan seksama apakah di tengah-tengah simbol terdapat angka 3 dan huruf V atau PVC yang terletak di bawah panah. Dua tanda tersebut menunjukkan bahwa produk yang sedang dipakai mengandung ptalat.

Jika pada simbol terdapat angka 1,2,4, atau 5 di dalam panah, maka dapat dipastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung ptalat. Jika masih ragu dengan wadah plastic, aman atau tidak, lebih baik jangan menggunakan wadah plastik untuk membungkus makanan dalam kondisi panas seperti gorengan. Hal itu akan menyebabkan lebih banyak ptalat yang terlarut ke dalam makanan. Lebih baik gunakan daun atau kertas untuk membungkusnya.

Mari kita jaga kesehatan generasi muda kita agar menjadi generasi yang sehat dan tangguh.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates