Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Kalium Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Kalium Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Kalium Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Kalium Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Kalium Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Kalium Bagi Tubuh Manusia – Kalium atau potassium  yang di beri simbol (K) ialah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kalium sangat efektif untuk membuat semua sel, jaringan, dan seluruh organ dalam tubuh manusia bisa berfungsi dengan optimal. Mineral ini juga merupakan elektrolit, ialah zat yang akan melaksanakan fungsi listrik dalam tubuh manusia, yang bekerja bersama dengan natrium, klorida, kalsium, dan magnesium.  Kalium atau potassium ini juga sangat penting untuk fungsi jantung, serta menjaga fungsi otot dan pencernaan yang normal. Pada dasarnya orang mendapat asupan kalium atau potassium adalah dari diet sehat yang banyak sayuran dan buah-buahan. Ada beberapa makanan yang banyak mengandung kalium, seperti daging, beberapa jenis ikan seperti salmon dan  cod, serta buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan serta susu dan semua produk susu. Kelebihan dan kekurangan kalium Berlebihan kadar kalium dalam darah disebut dengan hiperkalemia, sedangkan orang yang kekurangan disebut mengalami hipokalemia. Keseimbangan jumlah kalium di dalam tubuh tergantung dari banyaknya jumlah sodium dan magnesium dalam darah. contohnya, terlalu banyak mengkonsumsi natrium (biasanya diet tinggi garam), bisa meningkatkan kebutuhan akan kalium. Kondisi kesehatan seperti Diare, muntah, keringat berlebihan, kekurangan gizi, juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan kalium. Penggunaan jenis obat tertentu seperti obat jantung juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Pengaruh dari minuman yang bersifat diuretik juga bisa menyebabkan kekurangan kalium, seperti kopi dan bir juga akan menguras kalium dalam tubuh kita. Kelebihan kalium dalam tubuh kebanyakan dialami orang tua, karena faktor usia ginjal mereka akan mengalami penurunan fungsi untuk menghilangkan kelebihan kalium dalam darah seiring bertambahnya usia. Untuk itu para lansia harus berhati-hati dalam mengkonsumsi obat yang dapat mempengaruhi kadar kalium. Hipokalemia ialah kondisi tubuh kekurangan yang mengalami kekurangan kalium.

  1. Gejala

Gejala dari hipokalemia atau kekurangan kalium ialah , tubuh lemah, kurang tenaga, kram otot, gangguan perut, detak jantung tidak teratur atau ireguler, dan fungsi jantung yang tidak normal.

  1. Penyebab

Hipokalemia jarang disebabkan oleh karena diet, tetapi lebih sering karena tubuh kehilangan banyak kalium melalui urin. Pada kasus yang lain, kekurangan kalium juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu pada pencernaa  yang mengganggu penyerapan nutrisi yang di serap oleh tubuh. Untuk peringatan bagi kita semua penyakit Hipokalemia atau kurangnya asupan kalium dalam tubuh  bukanlah kondisi yang bisa dianggap remeh, karena jika berlanjut bisa mengancam jiwa, oleh sebab itu, orang yang menderita hipokalemia harus selalu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.

  1. Pencegahan

Untuk pencegahan dan agar terhindar dari penyakit  hipokalemia, sebaiknya melakukan diet yang sehat seperti : diet kaya sayur, buah, biji bijian dll. Selain pencegahan anda juga harus mengurangi hal – hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi seperti : hindari gaya hidup yang tidak sehat, yang bisa merugikan kadar kalium, seperti minuman keras, kurangi kopi, atau minum obat tanpa petunjuk yang benar khususnya dari tenaga kesehatan.

  1. Manfaat

Manfaat kalium Selain untuk menghindari gejala hipokalemia, kalsium memiliki banyak kegunaan penting bagi tubuh Kita. Kesehatan Tulang Studi menunjukkan adanya hubungan positif antara makanan yang kaya kalium dan kesehatan tulang. Didalam studi tersebut ditemukan bahwa orang yang konsumsi makanan yang kaya kalium kemungkinan akan mencencega osteoporosis. Tekanan Darah Tinggi Ada banyak penelitian  yang mengaitkan rendahnya asupan kalium dari diet dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ada bukti bahwa suplemen kalium bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi . Studi yang lain menunjukkan bahwa peningkatan kosumsi asupan kalium akan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung atau  kardiovaskular. Selain itu tidak semuapenelitian menyetujui dengan efek samping ini, karena Para peneliti tak menemukan pengaruh suplemen kalium terhadap tekanan darah atau hipertensi . Kesimpulan yang dapat diambil ialah, kemungkinan mengkonsumsi kalium bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi selain untuk menurunkan tekanan darah kalium juga bisa membantu anda menurunkan resiko terkena penyakit Stroke Orang yang selalu mendapatkan cukup asupan  kalium dalam diet, berisiko lebih rendah terkena stroke.

Dalam  penelitian juga menunjukan bahwa produksi kalium dapat mencegah terjadinya gagal ginjal, Kalium juga bekerja sebagai agen untuk menjaga kalsium, agar tidak membentuk batu pada ginjal.  dari pembentukan batu. Ginjal juga akan menyaring kalium dan mengeluarkannya melalui urine. Dengan demikian, bisa dikatakan kalium bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada organ ginjal. Ada beberapa penelitian menunjukan bahwa Kalium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak yang sehat. Kalium juga membantu membawa oksigen ke otak, agar otak mendapat oksigen dan nutrisi  yang cukup. Mineral ini juga dapat berperan mengirimkan neurotransmitter di otak agar dapat mengirim sinyal kepada saraf – saraf , agar saraf kita bisa selalu sehat, dan bekerja dengan normal.

About endang hulaepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates