Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Kelebihan Albumin di dalam Darah

Dampak Kelebihan Albumin di dalam Darah

Dampak Kelebihan Albumin di dalam Darah

Dampak Kelebihan Albumin di dalam Darah

Dampak Kelebihan Albumin di dalam Darah

Dampak Kelebihan Albumin di dalam Darah – Albumin merupakan salah satu bagian dari protein dalam plasma darah yang mempunyai banyak peran serta fungsi. Fungsi Albumin yaitu menyusun, mengontrol, menyuplai, sekaligus dapat mengikat komponen darah yang ada di dalam tubuh supaya kondisi cairan dalam darah senantiasa terikat dengan satu kesatuan supaya tidak mengalami kebocoran.Terdapat beberapa hal yang dapat mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan albumin ataupun menyebabkan kelebihan albumin. Berikut merupakan beberapa dampak kelebihan albumin di dalam tubuh diantaranya :
1. Gagal Ginjal
Orang yang mengalami dehidrasi dapat memicu terjadinya peningkatan albumin. Cairan yang cukup di dalam tubuh bisa menyeimbangkan kinerja dari semua organ dalam tubuh. Kondisi dehidrasi dapat menimbulkan banyak dampak salah satunya akan membuat darah menjadi kental dengan demikian albumin akan menjadi berlebihan. Pasokan air yang kurang di dalam tubuh bisa mengakibatkan ginjal untuk bekerja keras serta fungsinya dapat melemah. Apabila kondisi tubuh terus megalami dehidrasi sehingga dapat memicu terjadinya peningkatan albumin dalam darah serta dapat mengakibatkan kerusakan ginjal.

2. Prematur
Wanita hamil dengan asupan protein yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin dengan demikian dapat menyebabkan lahir secara prematur. Protein dapat mengganggu fungsi pada pembuluh darah serta dapat meningkatkan kadar albumin di dalam darah yang akan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan pada janin serta dampaknya akan mempercepat persalinan dengan prematur.
Dampak kelebihan protein yang ada di dalam tubuh juga apat membentuk suatu gumpalan dalam aliran darah. Sehingga akibatnya glomerulus di bagian ginjal dituntut untuk bekerja secara ekstra agar dapat menyaring darah yang mengalami menggumpal.

3. Batu Ginjal
Batu ginjal dapat diakibatkan oleh asupan kalsium yang berlebihan, dimana kalsium yang dikonsumsi secara berlebihan adalah pemicu untuk meningkatkan albumin. Kalsium merupakan mineral yang akan berperan untuk menjaga kesehatan tulang yakni untuk pembentukan, pemadatan serta untuk penguatan tulang dan juga gigi. Dampak kelebihan kalsium di dalam darah bisa menyebabkan peningkatan albumin di dalam darah serta menyebabkan kerusakan terhadap fungsi ginjal. Gejala awal akibat kelebihan albumin yaitu muntah, mual, haus yang terus – menerus, dimana keadaan tersebut bisa mengakibatkan pembentukan batu ginjal.

4. Menyebabkan Batu Ginjal bagi Penderita Hemochromatois
Untuk penderita Hemochromatois yakni keadaan seseorang dimana dalam tubuhnya mengalami kelebihan zat besi yang tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi terlalu banyak asupan vitamin C. Sebab vitamin C dapat meningkatkan penyerapan terhadap zat besi dengan demikian zat besi akan menjadi bertambah. Zat besi yang bertambah dalam tubuh dapat mengakibatkan kelebihan albumin yang akan dikeluarkan lewat urin. Vitamin C yang di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan dapat membentuk batu ginjal sebab vitamin C bisa mengakibatkan pengendapan  serta penyumbatan aliran darah.

5. Urin Berbusa
Hal tersebut dapat terjadi pada seseorang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Sebab mengkonsumsi alkohol dengan waktu yang lama dalam dosis yang tinggi bisa meningkatkan kadar albumin di dalam darah serta dalam ginjal. Albumin yang berlebihan pada ginjal dapat mengakibatkan urin tampak berbusa atau berbuih. Keadaan tersebut bisa membuat ginjal akan menjadi rusak serta terhambat fungsinya untuk menyaring darah. Alkohol mempunyai sifat tajam, panas, menggerus dinding ginjal serta akan meracuni pembuluh darah yang menuju ginjal.

6. Infeksi Saluran Kemih
Hal tersebut dapat terjadi pada seseorang yang mengalami peningkatan albumin pada ginjalnya. Urin yang disaring dalam ginjal akan dikeluarkan dengan melalui saluran kemih yang mengandung albumn dengan kadar tinggi sehingga dapat mengakibatkan saluran kemih akan mengalami peradangan, luka lalu infeksi di saluran kemih.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates