Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Logam Berat dan Bahayanya

Jenis Logam Berat dan Bahayanya

Jenis Logam Berat dan Bahayanya

Jenis Logam Berat dan Bahayanya

Jenis Logam Berat dan Bahayanya

Jenis Logam Berat dan Bahayanya – Bahaya logam berat adalah reaksi kimia yang akan terjadi pada saat tubuh terkontaminasi atau terpapar zat yang sifatnya racun sengan intensitas tertentu. Logam berat pada hakikatnya terdapat disekitar kita akan tetapi sedikit orang yang menyadari apabila logam berat bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh serta dapat memicu timbulnya kelainan serta keluhan penyakit yang berbahaya di dalam jaringan tubuh.Berikut merupakan jenis logam berat serta bahayanya, diantaranya:
1. Arsen (As)
Logam berat dengan jenis arsen ada dalam makanan yang berasal dari laut seperti kerang, kepiting, lobster, cumi – cumi dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan terdapat bahaya logam berat dalam kemasan produk makanan dengan menggunakan poly vinyl chloride atau PVC serta zat syrofoam. Bahaya yang akan ditimbulkan yaitu zat poly vinyl chloride serta syrofoam apabila masuk ke dalam tubuh dengan jumlah yang berlebihan bisa mengakibatkan racun yang bernama arsen dengan timbulnya kerusakan ginjal, kanker paru serta hati, kerusakan lambung serta sakit kerongkongan.

2. Timbal (Pb)
Timbal adalah jenis logam berat yang cukup mudah terakumulasi dengan jumlah tidak terbatas dalam tanaman jenis rerumputan seperti padi, gandum dan lain sebagainya. Apabila tanah dan air di lokasi pertanian sudah tercemar bahan timbal dengan konsentrasi yang tinggi sehingga kondisi gizi yang sudah mengandung racun. Bahaya logam berat yang akan ditimbulkan yaitu timbal mengakibatkan seseorang akan keracunan dengan gejala sakit kepala, sakit perut, tubuh limbung, kejang, hipotensi, muntah, diare bahkan pingsan dengan mendadak.

3. Tembaga (Cu)
Sayuran serta buah – buahan yang terpapar oleh pestisida akan berpotensi mengandung zat racun berupa tembaga (Cu). Adapun bahaya yang akan ditimbulkan akibat logam berat tembaga yakni tembaga akan mengendap di dalam tubuh jika intensitasnya sangat tinggi bisa menyebabkan reaksi alergi gatal serta kulit kemerahan, bisa merusak plasenta janin serta terjadi iritasi terhadap gastrointestinal akut.

4. Merkuri (Hg)
Merkuri banyak mengendap serta akan berakumulasi di dalam tanah bekas ataupun tempat penambangan yang masih menjalankan aktifitas. Tambang tersebut adalah nikel, emas dan lain sebagainya. Logam berat merkuri ada dalam bahan dasar kosmetik untuk pemutih kulit. Bahaya yang dapat ditimbulkan dari logam merkuri yaitu merkuri bisa merusak saraf tubuh termasuk pada bagian otak, dapat mengakibatkan kemunduran tehadap intelegency atau dapat menurunkan tingkat kecerdasan, dan lain sebagainya.

5. Nikel (Ni)
Logam nikel dengan sifat kuat, keras, Liat, berwarna putih dengan keperakaan akan tetapi sebagian besar mempunyai senyawa dengan warna kehijauan serta kebiruan. Logam nikel ini akan melekat dalam tumbuhan akibat tanah sudah terkontiminasi dengan limbah yang mengandung logam nikel. Paparan logam nikel bisa terdapat dalam udara yang kotor termasuk dalam rokok. Bahaya yang akan ditimbulkan yaitu apabila jumlah nikel di dalam tubuh terlalu serta tidak dapat di keluarkan oleh hati dengan melalui urin, oleh buang air besar serta keringat maka bisa mengakibatkan kerusakan paru paru serta timbulnya sel yang abnormal di dalam DNA yang bisa berubah menjadi sel kanker.

6. Seng (Zn)
Seng atau Zn merupakan logam dengan sifatnya yang mudah mencair dalam suhu yang rendah. Logam seng memiliki warna putih kebiruan. Logam seng bisa mengendap serta akan menyebar di dalam tanah kemudian akan meracuni tanaman pangan ataupun tanaman buah – buahan yang apabila masuk ke dalam tubuh manusia dapat merugikan kesehatan. Bahaya yang akan ditimbulkan yakni mengakibatkan tubuh sangat lemah, imunitas menurun, akan mudah terkena flu dan bahaya yang lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates