Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Penyakit Akibat Kerja

Jenis Penyakit Akibat Kerja

Jenis Penyakit Akibat Kerja

Jenis Penyakit Akibat Kerja

Jenis Penyakit Akibat Kerja

Jenis Penyakit Akibat Kerja – Work Related Disease atau penyakit akibat kerja merupakan penyakit yang memiliki beberapa agen penyebab, dimana faktor pekerjaan dapat memegang peranan yang berkaitan dengan faktor risiko yang lainnya untuk berkembangnya penyakit dengan etiologi yang kompleks. Penyakit akibat kerja merupakan penyakit yang dapat terjadi terhadap populasi tenaga kerja tanpa terdapat agen penyebab di tempat kerja, akan tetapi bisa diperberat oleh keadaan pekerjaan yang buruk terhadap kesehatan. Terdapat beberapa jenis penyakit dimana akan tergantung pada lingkungan kerjanya, sebagai berikut:1. Penyakit Saluran Pernafasan
Penyakit akibat kerja pada saluran pernafasan bisa bersifat akut ataupun kronis. Akut seperti asma akibat kerja, yang sering di diagnosa sebagai tracheobronchitis yang akut atau akibat virus. Sedangkan yang kronis seperti asbestosis, dengan gejala COPD atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease.

2. Penyakit Kulit
Pada umumnya penyakit kulit ini tidak spesifik. 90% penyakit dermatitis kontak merupakan penyakit kulit yang berkaitan dengan kegiatan pekerjaan. Riwayat pekerjaan penting diketahui untuk mengidentifikasi iritan yang menjadi penyebab.

3. Kerusakan Pendengaran
Akibat pajanan kebisingan yang lama banyak kasus terjadi gangguan pada pendengaran, terdapat beberapa kasus bukan akibat pekerjaan. Riwayat pekerjaan dengan detail alangkah baiknya diperoleh dari setiap orang yang mengalami gangguan pendengaran. Lakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi hilangnya pendengaran.

4. Gejala pada Punggung dan Sendi
Tidak ada suatu tes ataupun prosedur yang bisa membedakan jenis penyakit pada punggung yang berkaitan dengan pekerjaan. Penentuan untuk mengetahui jenis penyakitnya akan bergantung terhadap riwayat pekerjaan. Artritis serta tenosynovitis dapat diakibatkan oleh gerakan yang berulang dengan tidak wajar.

5. Kanker
Kebanyakan kasus pada penderita kanker diakibatkan oleh pajanan di tempat kerja. Dimana bahan di tempat kerja yang bersifat karsinogen sering kali diperoleh dari suatu laporan klinis individu. Pajanan penyakit kanker akan terjadi karsinogen mulai lebih dari 20 tahun sebelum diagnosa.

6. Coronary Artery Disease
Coronary Artery Disease terjadi akibat stres atau carbon monoksida serta bahan kimia yang lain di tempat kerja.

7. Penyakit Liver
Penyakit liver sering di diagnosis karena hepatitis virus atau sirosis akibat alkohol.

8. Masalah Neuropsikiatrik
Masalah neuropsikiatrik yang berkaitan di tempat kerja seringkali diabaikan. Neuro pati perifer, sering dihubungkan dengan penyakit diabetes, konsumsi alkohol atau tidak dapat diketahui penyebabnya, depresi susunan saraf pusat akibat penyalahgunaan zat – zat atau akibat masalah psikiatri. Beberapa neurotoksin yakni termasuk timah, arsen methyl, merkuri, butyl ketone) bisa mengakibatkan neuropati perifer. Carbon disulfide bisa mengakibatkan gejala seperti psikosis.

9. Penyakit yang Tidak Diketahui Sebabnya
Alergi serta gangguan kecemasan berkaitan dengan bahan kimia ataupun lingkungan.Untuk dapat mewaspadai adanya ancaman penyakit akibat kerja berikut merupakan upaya pencegahan yang dapat dilakukan, diantaranya:
1. Melakukan pencegahan terhadap penyakit
2. Melakukan deteksi dini terhadap ganguan kesehatan
3. Melindungi pekerja dengan mengikuti suatu program jaminan sosial tenaga kerja seperti halnya yang di atur dalam undang undang Republik Indonesia No.3 Tahun 1992.
4. Mengetahui kondisi pekerjaan serta kondisinya yang bisa menjadi salah satu pencegahan terhadap penyakit akiat kerja. Adapun beberapa tips untuk mencegah penyakit akibat kerja, diantaranya:

a. Pakailah alat pelindung diri secara benar dan teratur
b. Kenali risiko pekerjaan serta cegah supaya tidak dapat terjadi lebih lanjut.
c. Segera akses tempat kesehatan yang terdekat apabila mengalami luka yang berkelanjutan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates