Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kebutuhan Tembaga Berdasarkan Usia dan Beberapa Manfaatnya

Kebutuhan Tembaga Berdasarkan Usia dan Beberapa Manfaatnya

Kebutuhan Tembaga Berdasarkan Usia dan Beberapa Manfaatnya

Kebutuhan Tembaga Berdasarkan Usia dan Beberapa Manfaatnya

Kebutuhan Tembaga Berdasarkan Usia dan Beberapa Manfaatnya

Kebutuhan Tembaga Berdasarkan Usia dan Beberapa Manfaatnya – Atau dengan lambang Cu dalam tabel periodik, merupakan suatu unsur kimia dengan nomor atom 29 yang dikenal sebagai suatu konduktor listrik serta panas yang baik, dimana korosi yang sangat cepat. Tembaga terdapat di dalam setiap tubuh manusia serta bisa dijumpai dalam organ ginjal, organ jantung, hati, usus, dan otak. Nutrien penting hingga berlebihan ataupun sampai konsentrasinya tinggi akan bersifat racun dengan demikian tidak baik untuk kesehatan manusia.Dengan air, tembaga tidak dapat mengeluarkan reaksi apapun, akan tetapi reaksi dapat dikeluarkan dengan perlahan bersama oksigen dari udara yang akan membentuk suatu lapisan tembaga oksida dengan warna coklat dan warna hitam.  Emas, perak, dan tembaga terdapat dalam unsur golongan 11 dimana ketiganya mempunyai sifat yang sama, yakni terdapat dalam sebuah elektron orbital-s pada kulit atom d yang bersifat konduktivitasnya sangat baik. Karena konduktivitas dari listriknya cukup tinggi, maka tembaga bersifat lunak.

Tembaga selain merupakan sesuatu yang penting untuk luar tubuh manusia, manusia juga memerlukan tembaga untuk fungsi bagian organ tubuh agar lebih optimal. Oleh sebab itu, penting diketahui asupan terbaik dalam per harinya berdasarkan jenis kelamin ataupun usia supaya tidak kurang ataupun kelebihan. Berikut merupakan kebutuhan tembaga berdasarkan usia, diantaranya:

1. Bayi usia 0 sampai 6 bulan membutuhkan 200 mcg.
2. Bayi usia 7 sampai 11 bulan membutuhkan 220 mcg.
3. Anak usia 1 sampai 3 tahun membutuhkan 340 mcg.
4. Anak usia 4 sampai 6 tahun membutuhkan 440 mcg.
5. Anak usia 7 sampai 9 tahun membutuhkan 570 mcg.
6. Perempuan usia 10 sampai 12 tahun membutuhkan 700 mcg.
7. Perempuan usia 13 sampai 15 tahun membutuhkan 800 mcg.
8. Perempuan usia 16 sampai 18 tahun membutuhkan 890 mcg.
9. Perempuan usia 19 sampai 80 tahun ke atas membutuhkan 900 mcg.
10. Perempuan hamil membutuhkan sekitar 1000 mcg.
11. Perempuan menyusui membutuhkan sekitar 1300 mcg.
12. Laki-laki usia 10 sampai 12 tahun membutuhkan 700 mcg.
13. Laki-laki usia 13 sampai 15 tahun membutuhkan 800 mcg.
14. Laki-laki usia 16 sampai 18 tahun membutuhkan 890 mcg.
15. Laki-laki usia 19 sampai 80 tahun ke atas membutuhkan 900 mcg.

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, tembaga juga diperlukan oleh organ tubuh manusia.  Berikut merupakan fungsi dan manfaat tembaga untuk manusia, diantaranya:

1. Untuk Pengobatan Beragam Penyakit
Tembaga di dalam tubuh manusia dapat menjaga kesehatan tubuh secara baik dengan demikian tembaga bisa diandalkan untuk obat dari berbagai jenis penyakit, misalnya penyakit tulang, penyakit gangguan saraf, kekurangan darah merah atau anemia, penyakit kulit, dan menjadi vitamin untuk wanita hamil, dapat membantu untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak – anak dan bayi.

2. Menghasilkan Energi
Mineral tembaga merupakan suatu senyawa yang berperan seperti halnya karbohidrat, lemak ataupun protein, yaitu dapat menyediakan serta dapat memroduksi energi untuk tubuh. Produksi energi terhadap sel – sel tubuh akan dipengaruhi oleh enzim sitokrom oksidase yang terdapat dalam tembaga.3. Sebagai Antioksidan
Tubuh manusia akan sangat rentan untuk terkena radikal bebas yang dapat membuat segala jenis penyakit mudah datang serta mudah menyerang. Dengan demikian tubuh membutuhkan antioksidan salah satunya sumbernya dari tembaga. Tembaga dengan kandungan antioksidannya dapat melawan radikal bebas serta dapat membuat sel – sel sehat bisa bertahan.

4. Memperlancar Produksi Sel Darah
Tembaga merupakan suatu senyawa berguna untuk membuat proses produksi sel darah menjadi lebih lancar. Pada saat aliran darah serta produksi sel darah tidak baik, dengan demikian dapat mengundang penyakit serius yang akan mengancam jiwa.

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates