Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Ketahui Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Ketahui Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan – Banyak sekali olahan masakan yang memiliki rasa pedas sehingga dapat meningkatkan selera untuk makan. Rasa pedas dapat menggugah selera serta bumbu rempah yang memberi rasa lezat pada lidah. Jumlah pengemar terhadap konsumsi makanan pedas sangat banyak, dari mulai kalangan remaja, kalangan ibu – ibu, dan lainya.  Akan tetapi tidak sedikit yang khawatir terkait bahaya makanan pedas yang dapat mengintai para konsumennya. Resiko yang tinggi akan diarsakan pada wanita hamil, dimana tentunya keadaan tubuh wanita yang hamil tidak sama dengan pada saat sedang tidak hamil. Berikut merupakan bahaya konsumsi makanan pedas pada ibu hamil dan konsumen yang lainya, diantaranya:Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi makanan terdapat 3 hal yang harus diperhatikan diantaranya:
1. Rasa mulas
Pengaruh makanan yang pedas pada wanita hamil tentunya bisa berbeda pada wanita hamil satu dengan wanita hamil yang lainnya. Beberapa orang wanita hamil dapat jadi tidak akan mengalami gejala apapun pada saat mengkonsumsi makanan pedas, akan tetapi bagi beberapa wanita hamil yang lainnya, akan timbul gejala rasa mulas pada saat sedang taupun sesudah mengkonsumsi makanan pedas.

2. Diare
Pada wanita hamil, apabila mengkonsumsi makanan yang pedas dengan jumlah yang berlebihan dapat mengakibatkan diare. Apabila diare terjadi secara terus – menerus maka akan mengalami dehidrasi, kondisi tersbeut menimbulkan bahaya pada janin.

3. Meningkatkan Jumlah Pelepasan Prostaglandin (Kontraksi)
Pada wanita hamil, mengkonsumsi makanan yang pedas dalam jumlah banyak dapat memicu terlepasnya suatu hormone prostaglandin. Dimana pelepasan prostaglandin dengan jumlah yang tinggi dapat mendorong otot – otot halus dengan demikian akan terjadi kontraksi. Maka dari itu hal tersebut dapat sangat mengganggu serta dapat mengira akan melahirkan.

Hasil penelitian menjelaskan, bahwa dengan mengkonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan selera makan seseorang. Namun makanan pedas apabila dikonsumsi dengan jumlah yang besar dapat membuat baik wanita hamil ataupun orang tidak hamil bisa mengalami gangguan pada kesehatan. Berikut mrupakan bahaya akibat mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan diantaranya:

1. Menjadi penyebab sakit pada dinding lambung
Pedas merupakan salah satu faktor yang bisa membuat asam lambung menjadi meningkat. Konsumsi makanan pedas dengan jumlah yang banyak dapat membuat asam lambung menjadi meningkat dengan jumlah yang banyak. Apabila asam lambung tersebut ada dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat mengiritasi dinding lambung.

2. Menyebabkan penyakit maag
Seorang yang sering konsumsi makanan yang rasanya pedas, dengan jangka waktu yang lama maka kemungkinan besar bisa mengalami penyakit maag. Maag juga bisa mengarah ke maag dengan tingkatan yang akut. Gejalanya apabila lambung terkena maag yaitu akan terasa mual, perut kembung, muntah sampai menyebabkan diare.

3. Efek pada Sistem Gastrointestinal
Pada saat mengkonsumsi makanan pedas, maka sistem gastrointestinal dapat merasakan panas akibat rasa pedas. Pada saat mulut serta perut merasakan rasa yang pedas sebetulnya kedua bagian dari sistem pencernaan tersebut tidak akan merasakan rasa pedas. Faktanya, capsaicin yang terdapat di dalam makanan yang pedas dapat mengaktifkan zat P yang mengakibatkan sensasi pedas serta terbakar. Beberapa sumber dengan makanan yang rasanya pedas misalnya lobak pedas serta bahkan mustard bisa merusak jaringan dalam tubuh.

4. Efek Terbakar pada Kulit
Memegang cabe ataupun jenis makanan pedas yang lainnya sebelum dikonsumsi bisa menyebabkan tangan akan mengalami suatu sindrom tangan Hunan. Sindrom tangan Hunan tersebut berupa sakit, mengalami kemerahan dan bengkak di daerah kulit yang terkenan jenis makanan pedas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates