Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab dan Pencegahan Sering Buang Air Kecil

Penyebab dan Pencegahan Sering Buang Air Kecil

Penyebab dan Pencegahan Sering Buang Air Kecil

Penyebab dan Pencegahan Sering Buang Air Kecil

Penyebab dan Pencegahan Sering Buang Air Kecil

Penyebab dan Pencegahan Sering Buang Air Kecil – Buang air kecil merupakan aktivtas untuk mengeluarkan semua kotoran serta zat – zat yang ada di dalam tubuh yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Buang air kecil yang normal pada dasarnya dapat terjadi antara 4 sampai 8 kali dalam satu hari penuh. Kurang ataupun lebih dari jumlah tersebut maka dapat menjadi indikasi yang serius terhadap masalah kesehatan. Biasanya buang air kecil yang lebih sering dapat dilakukan di pagi ampai sore hari, akan tetapi frekuensinya dapat menurun pada saat malam hari pada saat tidak banyak minum air di malam hari. Akan tetapi terlalu sering buang air kecil dengan satu hari penuh dapat menunjukkan mengalami gangguan pada kesehatan kesehatan.Sering buang air kecil dapat menjadi keadaan yang normal jika seseorang banyak minum air. Akan tetapi terdapat beberapa hal khusus yang mengakibatkan tubuh akan memberikan suatu reaksi seperti ini. Apabila buang air kecil yang disertai dengan beberapa gejala sehingga keadaan tersebut menjadi tidak normal. Berikut merupakan beberapa penyebab sering buang air kecil serta termasuk ke dalam jenis penyakit tertentu di dalam tubuh diantaranya:

1. Infeksi Saluran Kemih
Penyakit infeksi saluran kemih dapat terjadi akibat adanya infeksi dari suatu bakteri ataupun virus yang akan menyerang di bagian saluran kemih, organ  ginjal, pada saluran kencing serta uretra. Penyakit infeksi saluran kemih dapat mengakibatkan sering buang air kecil serta terdapat rasa tekanan di bagian bawah perut. Selain itu juga, biasanya dapat terasa sakit atau terasa nyeri pada saat buang air kecil serta ada rasa panas. Penyakit infeksi saluran kemih dapat mengancam nyawa jika tidak diobati secara tepat. Bahkan virus serta bakteri dapat menginfeksi bagian organ lain misalnya ginjal.

2. Diabetes
Penyakit diabetes tipe 1 serta tipe 2 selalu mempunyai gejala awal yakni sering buang air kecil. Hal ini merupakan salah satu reaksi tubuh pada saat tubuh mempunyai kadar gula yang sangat tinggi serta tidak dapat digunakan untuk sumber tenaga sebab tidak terdapat jumlah insulin yang cukup agar dapat mengolahnya. Seseorang yang mengalami gangguan diabetes ini dapat mengalami sering buang air kecil dengan waktu yang sangat sering.

3. Gangguan Prostat
Pada Laki – laki yang mengalami kondisi gangguan prostat akan sering mengalami sering buang air kecil. Dimana mereka bia lebih sering untuk buang air kecil sebab kondisi prostat mengalami peradangan yang mengakibatkan pembengkakan. Pada saat ukuran prostat yang menjadi lebih besar sehingga dapat menekan tabung yang dapat menampung air kencing. Keadaan ini lalu dapat mengakibatkan kandung kencing tidak dapat menampung jumlah air kencing dengan normal maka penderita bisa lebih sering untuk buang air kecil. Kondisi ini dapat menjadi lebih parah jika masalah prostat tidak langsung diatasi.

4. Stroke
Seseorang yang mengalami penyakit stroke dapat mengalami gangguan untuk sering buang air kecil. Hal tersebut diakibatkan karena terdapat bagian syaraf yang sedang mengalami gangguan serta tubuh tidak dapat mengendalikan keadaan pada sistem kandung kemih secara baik. Gangguan pada sistem syaraf juga akan mengakibatkan menurunnya kemampuan dalam mengontrol buang air kecil.

5. Kerusakan Syaraf
Kerusakan syaraf yang terjadi di bagian otak dapat mempengaruhi kemampuan pada syaraf di berbagai organ yang lain. Pada umumya seseorang yang mengalami kondisi gangguan syaraf tidak dapat mengendalikan sistem penampungan untuk urin di dalam kandung kemih dengan demikian dapat lebih sering untuk buang air kecil. Keadaan ini juga akan sering dijumpai pada orang dengan lanjut usia dimana mereka mengalami gangguan syaraf misalnya pikun ataupun penderita demensia.

6. Disfungsi Kandung Kemih
Disfungsi kandung kemih merupakan suatu kondisi yang kan mengakibatkan seseorang sering mengalami buang air kecil sebab penampungan urin tidak dapat berjalan secara baik. Hal tersebut dapat mengakibatkan penderitanya selalu terdesak dalam buang air kecil bahkan pada saat volume urin yang dikeluarkan akan sangat sedikit. Kondisi ini akan sering ditandai dengan rasa nyeri serta rasa sakit di bagian panggul.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates