Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Tipe Infeksi Saluran Kemih dan Upaya Pencegahannya

Seputar Tipe Infeksi Saluran Kemih dan Upaya Pencegahannya

Seputar Tipe Infeksi Saluran Kemih dan Upaya Pencegahannya

Seputar Tipe Infeksi Saluran Kemih dan Upaya Pencegahannya

Seputar Tipe Infeksi Saluran Kemih dan Upaya Pencegahannya

Seputar Tipe Infeksi Saluran Kemih dan Upaya Pencegahannya – Infeksi Saluran Kemih atau yang biasa disingkat dengan ISK diakibatkan oleh bakteri yang menginfeksi bagian saluran kemih. Saluran kemih dapat terdiri dari organ ginjal, ureter, kandung kemih serta uretra dimana masing – masing memiliki peranan dalam membuang limbah cair yang berasal dari dalam tubuh. Ginjal berperan sebagai penyaring darah serta dapat menghasilkan urin. Ureter berperan untuk membawa urin dari organ ginjal ke bagian kandung kemih. Oleh kandung kemih, urin akan disimpan agar dapat dibuang dengan melalui uretra.Infeksi bia terjadi di sepanjang bagian saluran kemih. Bakteri bisa dengan mudah untuk masuk ke dalam saluran kemih yang melalui kulit pada daerah anus. Hal tersebut menjadi faktor penyebab ISK yang lebih sering terjadi pada seorang anak perempuan, sebab uretra akan lebih pendek serta akan lebih dekat dengan bagian anus.

Pielonefritis (infeksi pada ginjal) merupakan infeksi ataupun peradangan pada kandung kemih yang sudah mencapai organ ginjal. Keadaan ini dapat terjadi akibat infeksi yang berlanjut sudah mencapai bagian atas pada sistem kemih, dengan demikian urin dari ureter tidak dapat keluar serta akan kembali ke sistem kemih bagian atas dan bahkan akan mencapai bagian ginjal.

Jenis infeksi ini yang paling serius dari sistem kemih serta memerlukan penanganan yang sangat serius. Infeksi ini bisa menyerang organ ginjal serta mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Infeksi pielonefritis akan sering dijumpai pada orang yang sudah mengalami infeksi saluran kencing serta tidak memperoleh perawatan ataupun tidak diobati. Berikut merupakan gejala yang akan muncul sebagai berikut:

1. Tubuh akan menjadi lebih lemah serta akan disertai dengan demam tinggi.
2. Rasa sakit yang sangat parah di bagian pangkal paha.
3. Sakit perut yang akan menyebar tanpa bisa dijelaskan.
4. Keinginan buang air kecil yang sangat sering.
5. Ada tekanan yang berlebihan pada saat buang air kecil.
6. Rasa panas pada saat buang air kecil.
7. Ada pendarahan atau ada nanah yang berasal dari urin.
8. Urin berwarna yang lebih keruh serta bau yang menyengat.

Pielonefritis merupakan suatu kondisi yang sangat serius serta harus memperoleh perawatan yang tepat. Berikut merupakan beberapa potensi bahaya yang dapat terjadi dari kondisi infeksi saluran kemih pada tipe pielonefritis diantaranya:

1. Pielonefritis dapat mengakibatkan kerusakan ginjal yang sangat serius atau menyebabkan kerusakan ginjal yang tetap. Kondisi ini dapat membuat fungsi ginjal akan menurun sampai membutuhkan penanganan yang khusus seperti operasi pengangkatan ginjal.

2. Penderita juga akan mengalami keracunan darah. Keadaan ini dapat terjadi akibat ginjal yang berfungsi sebagai penyaring semua limbah tubuh akan mendapatkan banyak bakteri yang tinggal di dalam ginjal. Bakteri bahkan dapat menyebar ke semua bagian tubuh dengan lewat darah dengan demikian akan terjadi keracunan darah.

3. Penderita terutama pada wanita yang sedang hamil akan mempunyai resiko kelahiran bayi dengan prematur serta bayi dengan berat badan yang lebih rendah.

Infeksi saluran kemih dapat terjadi pada semua orang baik laki-laki atau perempuan, walaupun perempuan mempunyai resiko yang lebih besar. Infeksi ini dapat dicegah dengan berbagai upaya sebagai berikut:
1. Konsumsi air minum yang cukup
2. Membersihkan organ genital
3. Produk kebersihan organ kewanitaan yang cocok
4. Buang air kecil setelah berhubungan intim kemudian membersihkannya

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates