Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Tips Menurunkan Hormon Kortisol

Tips Menurunkan Hormon Kortisol – Kortisol adalah salah satu hormon yang ada di dalam tubuh manusia yang berguna untuk menekan ataupun untuk mengatur perubahan pada mental atau mood. Seringkali hormon kortisol dihubungkan dnegan keberadaannya dalam kondisi stres seseorang. Dimana hormon kortisol merupakan jenis hormon steroid yang dpaat diperoleh dari kelenjar adrenal. Oleh karena itu, pada saat seseorang mengalami suatu keadaan yang menyebabkan moodnya berubah akibat karena adanya ancaman, tekanan, ketakutan, dan lainya dengan demikian secara otomatis kinerja dari kelenjar adrenal dapat melepaskan kortisol serta adrenalin yang semakin meningkat. Hal tersbeut yang menyebabkan seseorang akan menjadi emosi, tempramen, dan lain sebagainya.Kelebihan produksi hormon kortisol dari kelenjar adrenal akan sangat berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Hormon kortisol juga disebut dengan hormon stres sebab dominan dapat menyebabkan rasa tindak nyaman terhadap diri seseorang.

Oleh sebab itu, cara untuk menurunkan hormon kortisol dengan berlebihan sangatlah penting agar dapat membantu seseorang untuk mengendalikan fungsi tubuh serta emosinya dengan tepat. Berikut merupakan beberapa cara yang sudah diyakini efektif dalam menurunkan kadar kortisolyang ada di dalam tubuh, diantaranya:

1. Olah Pernapasan
Sangatlah dianjurkan untuk seseorag agar dapat mengolah pernapasan dengan demikian dapat mencegah kondisi stres. Stres yang dipicu akibat pekerjaan, akibat kelelahan tubuh, ataupun akibat faktor eksternal dari lingkungan akan sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Cara yang disarankan yaitu untuk mengatur nafas pada saat ingin meluapkan emosi. Dengan bernapas yang panjang serta menghembuskan secara perlahan yang sambil memejamkan mata,  dapat mengendalikan emosi dengan waktu yang singkat.

2. Meditasi
Meditasi diperlukan untuk mereka yang sedang mengalami kondisi stres akibat suatu masalah. Dengan bermeditasi maka akan membuat seseorang bisa lebih jernih dalam berpikir agar dapat mencari solusi dari masalah yang sedang dialaminya, dengan demikian akan memudahkannya dalam menurunkan sedikit stres yang sedang mengganggu. Hormon kortisol dapat turun sekitar 20% yang dilakukan dengan jalan meditasi secara benar.

3. Rileksasi Musik
Musik diyakini pada sebagian besar orang dapat menghilangkan stres dengan instan. Sebab dengan mendengarkan musik yang berirama slow, dengan instrument, dapat membantu untuk menurunkan kadar kortisol yakni sebanyak 60%. Karena musik akan berdampak baik dalam menenangkan otak, serta dapat memicu untuk menurunkan stres dengan cepat.

4. Pijat Ringan
Apabila dalam kondisi stres, lakukanlah upaya pemijatan yang ringan di area kepala sampai pundak. Adapun bagian lain yang akan sensitive dengan peningkatan stres yaitu bagian punggung belakang, yang tepatnya di daerah tulang belikat. Dmapak yang akan dihasilkan dari upaya pemijatan yang ringan ini dapat membantu untuk mengurangi sekitar 31% kadar kortisol di dalam tubuh.

5. Olah Raga
Peningkatan stres dapat terjadi akibat ketegangan otot ataupun ketegangan saraf. Hal ini dapat dipicu akibat kurangnya gerak ataupun akibat efek dari kegiatan rutinitas kerja yang kaku misalnya mengharuskan untuk duduk dengan waktu yang lama, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berolahraga dengan rutin walaupun bukan jenis olahraga yang berat dapat membantu untuk mengurangi ketegangan pada otot .6. Mandi Air Hangat
Rutinintas mandi yang menggunakan air hangat sangatlah efektif dalam menghilangkan rasa penat serta dapat membantu dalam menurunkan hormon kortisol sekitar 40%. Akan tetapi  jangan terlalu sering menggunakan air hangat untuk mandi sebab akan memiliki efek.

7. Merendam Kaki
Selain melakukan mandi yang menggunakan air hangat, untuk menghilangkan stres juga dapat dilakukan dengan merendam kaki. Perendaman dapat menggunakan air hangat yang dibubuhi dengan minyak esensial ataupun jeruk nipis.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates