Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Berbisnis Di Industri Velg

Berbisnis Di Industri Velg

Berbisnis Di Industri Velg

Berbisnis Di Industri Velg

Berbisnis Di Industri Velg

Berbisnis Di Industri Velg – Velg adalah salah satu dari benda yang tergolong penting di dalam kendaraan selain ban. Antara velg dan juga ban masing-masing memang saling bisa atau dapat melengkapi. Pada saat ini angka untuk suatu penjualan mobil secara terus meningkat. sehingga kkondisi ini atau hal ini akan mampu memunculkan juga yang namanya kecenderungan di dalam peningkatan dari pemakaian velg.

1. Analisa produk

a) Manfaat dan fungsi velg
Velg adalah salah satu benda terpenting yang ada dalam kendaraan selain ban. Selain itu juga untuk velg seringkali dipasang untuk bisa mempercantik tampilan dari kendaraan.

b) Bahan Baku Velg
Bahan untuk pembuat velg, yang utama ialah alumunium, beberapa jenis dari velg menggunakan bahan alumunium yang memnag di mix atau dicampur dengan baja. Bahan-bahan ini diproses dengan berbagai cara, dari yang tergolong terkuat dalah Forged Wheel, Pressure Cast Wheel dan yang terakhir Cast Wheel.

2. Analisa peluang pasar

a) Analisa Pangsa Pasar
Analisa pangsa pasar ini ditujukan untuk bisa mengetahui market dari share produk yang nanti akan diproduksi.

• Permintaan pasar
Permintaan untuk pasar ini didefinisikan sebagai suatu jumlah penjualan mobil yang ada di negara Indonesia. Hal ini akan disebabkan oleh target pasar yang dituju yaitu pasar nasional sehingga hanya akan dibatasi pada tingkat atau skala Indonesia saja. Asumsi bahwa untuk penjualan velg standar akan bisa terkait dengan yang namanya penjualan mobil mengingat di dalam umur dari pemakaian mobil, tentu akan tiba waktu di mana velg mobil lama ini (original) perlu diganti dengan velg yang baru.

• Kemampuan pasar
Kemampuan dari pasar ini didefiniskan sebagi sebuah kapasitas produksi skala nasional yang ada di dalam setiap tahun untuk bisa memenuhi demand penjualan mobil yang memang sudah ada.

b) Segmentasi Pasar
Dalam pelaksanaannya, dalam segmentasi pasar ini melalui 3 tahap utama, yaitu :

• Membagi pasar ke dalam berbagai kelompok-kelompok yang homogen (Segmentasi)
Pembeli tipe A adalah Orang yang mencoba membeli mobil untuk kendaraan dengan suatu tujuan dalam berbisnis.
Pembeli tipe B adalah Orang yang mencoba membeli mobil untuk sebuah keperluan pekerjaan atau juga keluarga.
Pembeli tipe C adalah Orang yang mencoba menggunakan mobil untuk suatu kepentingan pribadi.

• Memilih satu segmen atau juga lebih untuk bisa dijadikan target (Targeting)
Dari 3 jenis pembeli mobil maka bisa diidentifikasikan bagaimana peluang mereka untuk bisa mengganti velg atau membeli velg baru.
Pemilik tipe A, probabilitas untuk bisa atau dapat mengganti velg adalah 50 sampai 100% %; hal ini terkait dengan yang namanya penggunaan kendaraan dengan intensitas yang tinggi sehingga kemungkinan velg ini akan cepat rusak atau juga aus.
Pemilik tipe B : probabilitas untuk mencoba mengganti velg 30 sampai 80%; hal ini tentu disebabkan mereka menginginkan sebuah kenyamanan di dalam pemakaian pada saat bekerja atau juga sekolah atau juga untuk bepergian bersama dengan keluarga.
Pemilik tipe C, probabilitas untuk mencoba memodifikasi kendaraanny adalah 0 sampai 10%; hal ini disebabkan karena mereka lebih tertarik untuk membeli velg yang artistik jika dibanding dengan velg standart yang biasa.

3. Strategi pemasaran produk
Adalah strategi yang dapat dipergunakan untuk bisa mendapatkan pangsa pasar, dengan berbagai macam cara :

a) Diferensiasi Produk
Di dalam pemasaran, diferensiasi produk ialah kegiatan untuk bisa memodifikasi produk supaya menjadi lebih menarik.

b) Marketing Mix
Marketing Mix ini terdiri dari 4 point, yaitu Product lalu Price kemudian Place dan Promotion

• Product
Untuk point ini, maka Anda harus bisa mengetahui apa yang benar – benar disukai atau juga diterima oleh para konsumen, sehingga produk yang Anda coba pasarkan sedapat mungkin akan bisa atau mampu memenuhi yang namanya ekspektasi konsumen.

• Price
Masalah harga ialah masalah yang amat sangat essensial untuk sebuah produk. Harus diupayakan harga ini masih dapat bersaing dengan berbagai produk yang sejenis, namun tetap bersaing di dalam yang namanya kualitas.

• Place
Penempatan disini adalah posisi dari penjualan atau pemasaran di mata seorang pelanggan atau konsumen.

• Promotion
Promosi adalah hal yang begitu penting sehingga informasi mengenai sutu penjualan velg ini mudah untuk didapatkan. Untuk bisa menunjang suksesnya produk dari velg ini di pasaran dilakukan dengan usaha promosi, yaitu:
a. Menentukan sebuah merk velg yang begitu menarik, mudah untuk diingat dan juga disukai oleh customer.
b. Selain itu promosi yang dilakukan harus melalui media-media yang konvensional seperti misalnya billboard,lalu surat kabar, atau radio dan juga televisi.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates