Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Daun Kumis Kucing Terhadap Kesehatan

Efek Samping Daun Kumis Kucing Terhadap Kesehatan

Efek Samping Daun Kumis Kucing Terhadap Kesehatan

Efek Samping Daun Kumis Kucing Terhadap Kesehatan

Efek Samping Daun Kumis Kucing Terhadap Kesehatan

Efek Samping Daun Kumis Kucing Terhadap Kesehatan – Kumis kucing bisa tumbuh di tempat – tempat yang kering ataupun di tempat – tempat yang basah. Beberapa ciri – ciri dari tanaman kumis kucing yaitu mempunyai daun yang berbentuk seperti telur taji, bunganya yang mengeluarkan benang sari serta putik yang berwarna putih, tepi daun pada tanaman mempunyai tepi daun dengan bergerigi kasar.Selain kandungan kalium yang terdapat dalam daun kumis kucing, juga mengandung kaliu glikosida orthosiphonim, di mana kandungan ini mempunyai manfaat dapat melarutkan asam urat oksalat serta fosfat yang ada di dalam tubuh. Daun kumis kucing juga mempunyai manfaat dapat menyembuhkan penyakit empedu, ginjal, rematik, tekanan darah tinggi, kencing batu, kencing manis serta infeksi pada kandung kencing. Dibalik manfaat dalam kumis kucing, tanaman ini juga mempunyai berbagai efek samping tertentu. Efek samping ini bisa terjadi akibat ketidak sesuaian terhadap takaran dalam penggunaannya, sebagai berikut:

1. Penyakit Ginjal
Pada dasarnya tanaman kumis kucing ini mempunyai khasiat untuk menjaga serta dapat mengobati penyakit ginjal, akan tetapi perlu diketahui bahwa terlalu banyak dalam mengkonsumsi obat herbal dapat mengakibatkan penyakit atau komplikasi yang lainya, dengan demikian harus diketahui dosis obat yang akan dikonsumsi walaupun jenis obat herbal. Sebab setiap tubuh mempunyai kekebalannya masing – masing dengan demikian dapat mempengaruhi kekuatan dalam merespon obat yang masuk ke dalam tubuh.

2. Sakit Perut
Efek samping akibat dosis yang tidak sesuai dalam mengkonsumsi obat herbal ini yang menyebakan fungsi dari ginjal dapat terganggu, disamping itu bisa mengakibatkan perut menjadi ikut terasa sakit. Sebab perut merupakan salah satu tempat yang akan sensitif terhadap segala jenis penyakit.

3. Keracunan
Konsumsi obat herbal jenis apapun bisa menyebabkan keracuanan, apabila dikonsumsi tidak sesuai dengan dosisnya. Memang terdapat beberapa obat herbal yang tidak mempunyai efek samping, akan tetapi hal tersebut jika dikonsumsi tidak sesuai dengan panduannya, dapat menimbulkan jenis penyakit lain yakni menimbulkan efek dari keracunan.

4. Sesak Nafas
Sesak nafas dapat terjadi akibat adanya debu serta polusi. Perlu diketahui efek terlalu banyak mengkonsumsi dapat menyebabkan sesak nafas.

5. Mengganggu Fungsi Jantung
Mengkonsumsi obat herbal kumis kucing yang tidak sesuai dengan takaranya bisa mengganggu fungsi organ jantung. Organ jantung dapat berfungsi dalam mengedarkan darah serta dapat memberikan keseimbangan dalam tubuh dengan demikian tubuh bisa bernafas.

6. Menyebabkan darah rendah
Salah satu fungsi dari obat herbal daun kumis kucing yakni bisa membantu dalam membuat darah tinggi yang menjadi normal, akan tetapi dengan mengkonsumsi obat herbal daun kumis kucing yang tidak sesuai dengan dosis menyebabkan hipotermia atau menyebabkan darah rendah, hingga menimbulkan efek pusing serta sakit kepala.

7. Terjadi alergi
Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan akibat konsumsi obat herbal berlebihan daun kumis kucing yakni dapat menyebabkan alergi. Alergi akan sering sekali terjadi jika tubuh tidak bisa menerima secara langsung obat – obatan ataupun bahan – bahan herbal yang masuk ke dalam tubuh. Jenis alergi yang akan timbul seperti bintink – bintik kecil yang akan terjadi pada wajah dengan berwarna merah muda.8. Tidak baik untuk ibu hamil apabila terlalu banyak mengkonsumsinya
Kandungan kalium yang terdapat dalam daun kumis kucing tidak baik bagi ibu hamil apabila terlalu banyak dalam mengkonsumsinya, dengan demikian untuk ibu hamil alangkah baiknya pada saat mengkonsumsi obat – obatan sesuai dengan anjuran dari dokter, janganlah mencoba makan atau konsumsi jenis obat – obatan sembarangan hingga mengakibatkan keguguran pada kehamilannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates