Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Hemofilia

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Hemofilia

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Hemofilia

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Hemofilia

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Hemofilia

Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit Hemofilia – Hemofilia merupakan kelainan perdarahan yang jarang terjadi serta pada kebanyakan kasus factor penyebabnya adalah genetik. Untuk mereka yang mengalami hemofilia, bahkan apabila mereka mempertahankan cedera yang ringan, maka darah tidak akan menggumpal. Hal tersebut dapat terjadi sebab orang yang mengalami hemofilia tidak mempunyai cukup faktor agar dapat melakukan pembekuan VIII atau Hemofilia A ataupun faktor pembekuan yang lainnya IX (Hemofilia B) di dalam darah mereka.Apabila tidak dilakukan penanganan tepat waktu, maka mungkin dapat mengakibatkan cacat berat pada saat ada perdarahan yang meluas ke bagian otot-otot dan juga sendi serta mungkin akan mengubahnya menjadi kondisi yang lebih fatal. Berikut merupakan beberapa penyebab Hemofilia diantaranya:

1. Factor Genetik
Pada sebagian besar kasus penyakit hemofilia dapat diakibatkan dari faktor genetik. Dimana factor genetik ini dapat diteruskan oleh orang tua kepada anak – anak nya. Hemofilia dapat terjadi akibat mempunyai faktor pembekuan dengan sedikit, atau akibat kekurangan salah satu faktor untuk pembekuan. Dengan demikian pembekuan darah dapat terganggu. Keadaan seperti ini akan lebih sering terjadi pada pria jika dibandingkan pada wanita.

2. Faktor Imunitas
Pada kasus hemofilia yang dapat disebabkan imunitas atau system kekebalan tubuh, pada penderita akan mengembangkan antibody untuk faktor VIII yang akan mempengaruhi fungsinya. Hal tersebut merupakan awal yang menyebabkan pendarahan menjadi berlebih. Mengakuisisi hemofilia akan mempengaruhi perempuan ataupun laki – laki.

Ada tiga jenis hemophilia, diantaranya:
a. Hemofilia A merupakan jenis yang paling umum dari hemofilia yang diakibatkan oleh tidak cukup faktor pembekuan VIII.
b. Hemofilia B merupakan dapat disebabkan akibat tidak cukup faktor pembekuan IX.
c. Hemofilia C dapat diakibatkan oleh tidak cukup faktor pembekuan XI.

Adapun Gejala Hemofilia sebagai berikut:
1. Kelebihan Perdarahan dari Hidung
Pendarahan dengan jumlah berlebihan yang keluar dari hidung merupakan salah satu gejala utama dari kondisi hemofilia. Salah satu gejala yang harus diperhatikan secara sangat hati – hati yakni pada saat seseorang mempunyai hidung yang dapat mengeluarkan darah dengan berlebihan tanpa ada alasan yang jelas.

2. Gusi Berdarah
Pendarahan kecil yang terjadi di dalam gusi mungkin dapat diakibatkan karena beberapa gangguan pada gigi. akan tetapi, pada saat pendarahan terjadi secara berlebihan serta tidak terkontrol sehingga dapat berbahaya.

3. Pendarahan Berlebihan Dalam Kasus Terluka
pada saat seseorang mengalami pendarahan deras walaupun hanya dalam kasus luka engan ukuran yang kecil. hal ini dapat menjadi kasus dari kondisi hemofilia. Sebab normalnya, apabila seseorang mengalami luka hanya sedikit, bisa dengan cepat darah akan melakukan pembekuan serta tidak keluar lagi.4. Nyeri Sendi Dan Pendarahan Sendi
Pada sebagian kasus, seseorang yang mengalami hemofilia akan cenderung mengalami rasa sakit di bagian sendi. Hal tersebut biasanya dapat diakibatkan karena terjadinya pendarahan secara internal. Pada gejala yang cukup buruk, sendi bisa berubah yang menjadi merah serta akan mulai membengkak, dengan demikian akan mengakibatkan nyeri serta akan mempengaruhi dalam bergerak.

5. Terdapat Darah Dalam Urine
Pendarahan internal dapat terjadi di bagian ginjal atau pada kandung kemih yang bisa mengakibatkan adanya darah di dalam urin ataupun feses.

6. Pendarahan Internal di Otak
Komplikasi utama akibat kasus ekstrim dari kondisi hemofilian yaitu pendarahan pada otak. Adapun gejala yang akan timbul misalnya sakit kepala yang buruk, mengalami nyeri pada leher serta muntah.

7. Kelemahan Atau Penglihatan Ganda
Tubuh akan terasa sangat lemah tidak bertenaga serta akan mengalami penglihatan secara ganda, atau akan kesulitan dalam berjalan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates