Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kenali Penyakit Kusta dan Bagaimana Pengobatannya

Kenali Penyakit Kusta dan Bagaimana Pengobatannya

Kenali Penyakit Kusta dan Bagaimana Pengobatannya

Kenali Penyakit Kusta dan Bagaimana Pengobatannya

Kenali Penyakit Kusta dan Bagaimana Pengobatannya

Kenali Penyakit Kusta dan Bagaimana Pengobatannya – Penyakit kusta yang memiliki nama lain lepra atau hansen merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem saraf, selaput lendir di dalam saluran pernapasan, mata serta kulit. Penderita yang terinfeksi oleh penyakit ini dapat mengakibatkan penderitanya mati rasa. Penyebab dari penyakit kusta ini adalah semacam bakteri dimana yang berkembang di dalam tubuh dengan rentang waktu 6 bulan sampai 40 tahun.
Indonesia di sebagian wilayah menurut WHO atau badan kesehatan dunia masih dianggap menjadi endemik penyakit kusta ini. Bahkan dulu, penyakit ini merupakan penyakit yang paling ditakuti, akan tetapi seiring waktu berjalan penyakit ini tergolong mudah dalam pengobatannya.

1.Tanda atau Gejala Kusta
Untuk mengenali tanda atau gejala kusta ini sangat sulit sekali dikerenakan perkembangannya yang tergolong lambat. Namun, berikut tanda-tanda yang bisa digunakan untuk mengenali penyakit ini yaitu kulit mati rasa hingga tidak bisa merasakan sesuatu ataupun perubahan suhu, wajah mengalami perubahan atau kelainan, mimisan, kulit mengalami luka tapi tidak merasakan kesakitan, sebelum munculnya tukak berukuran besar mata mengering dan jarang mengedip, mengelami kelumpuhan dan mulai hilangnya jari tangan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) membagi kusta menjadi dua macam yang didasarkan pada luka penderita, yakni Paucibacillary dan Multibacillary.

2.Faktor Penyebab Kusta
Penyebab dari penyakit kusta ini adalah bakteri Mycobacterium leprae, dimana bakteri ini tumbuh dan berkembang pesat di dalam bagian tubuh yang memiliki suhu dingin seperti wajah, tangan, lutut dan kaki. Penularan dari bakteri ini adalah melalui cairan yang berasal dari hidung dan menyebar di udara ketika penderita sedang batuk ataupun bersin.
Selain bakteri diatas yang menyebabkan penyakit kusta ini, ada beberapa faktor yang dapat menularkan penyakit ini kepada seseorang yaitu:
a. Melalui kontak fisik langsung dengan hewan yang menyebarkan bakteri kusta seperti simpanse dan armadilo;
b. Kontak fisik secara langsung dan intensif dengan penderita kusta;
c. Hidup dan tinggal di wilayah yang endemik penyakit kusta;
d. Sistem kekebalan tubuh menderita kelainan genetik.

3.Indikasi Mengidap Kusta
Kasus Kusta kebanyakan berdasarkan temuan klinis, dikarenakan penderita bertempat tinggal pada sebuah daerah yang peralatan laboratoriumnya minim. Pertimbangan diagnosis klinis pada seseorang yang dianggap mengidap penyakit ini adalah bercak putih atau merah pada kulit yang mati rasa dan mengalami penebalan saraf perifer (merupakan saraf yang berada di bawah kulit dan dapat diraba bahkan terlihat). Berikut dua tanda utama seseorang dianggap mengidap penyakit kusta yang berada dikawasan endemik kusta:
a. Munculnya bercak pada kulit yang mati rasa;
b. Sampel yang diambil dari kulit positif terdapat bakteri kusta.

4.Penanganan Kusta
Penanganan terhadap penderita kusta merupakan suatu cara untuk mengatasi agar tidak menular. Perlu diketahui kuman kusta mampu hidup 24-48 jam tergantung kondisi cuaca. Jika semakin panas maka kuman kusta akan cepat mati juga. Sehingga, seseorang yang menderita penyakit ini sebaiknya jangan sampai berada pada tempat yang lembab.
Selain itu, Kebanyakan penderita penyakit kusta akan diberikan antibiotik sebagai langkah awal penanganan yang dimana pengobatannya selama 6 bulan sampai dengan 2 tahun. Dalam hal ini, dokter perlu memastikan jenis kusta dan tenaga medis yang ditugaskan untuk mengawasi penderita agar dapat diketahui jenis, lama pengobatan dan dosis antibiotik yang tepat. Setelah pengobatan antibiotik, proses selanjutnya adalah pembedahan. Prosedur pembedahan memiliki tujuan :
a. Memperbaiki fungsi saraf yang rusak
b. Membenahi tubuh penderita cacat
c. Menormalkan berbagai fungsi anggota tubuh
Demikian informasi mengenai tanda-tanda dan penanganan penyakit kusta untuk mencegah penularan dan bagaimana penanganan penyakit ini.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates