Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Air Raksa terhadap Kesehatan

Ketahui Bahaya Air Raksa terhadap Kesehatan

Ketahui Bahaya Air Raksa terhadap Kesehatan

Ketahui Bahaya Air Raksa terhadap Kesehatan

Ketahui Bahaya Air Raksa terhadap Kesehatan

Ketahui Bahaya Air Raksa terhadap Kesehatan – Air raksa atau dengan nama kimia Mercury dengan rumus molekul Hg, yang mempunyai masa molekul yaitu 200,59 Dalton. Dimana air raksa ini termasuk ke dalam cairan kimia yang membahayakan serta penggunaannya harus memperoleh pengawasan dengan ketat. Sebab penggunaan air raksa hanya dapat dilakukan oleh orang yang sangat memahami, dengan menggunakan berbagai alat perlindungan misalnya masker, kaus tangan serta sama sekali tidak boleh mengalami kontaminasi dengan lingkungan.Berikut merupakan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh air raksa, diantaranya:
1. Jika Terhirup Lewat Saluran Pernafasan
Menghirup air raksa dapat mengakibatkan gangguan pada pernafasan yang berat, gangguan pada pencernaan, menyebabkan batuk, menyebabkan ganguan jantung seketika serta nyeri dada yang akan hebat. Semua gejala awal tersebut dapat timbul sesudah 4 sampai 12 jam seseorang menghirup air raksa. Jika terlalu sering menghirup air raksa sehingga dapat mengakibatkan penyakit tremor, menyebabkan depresi, menimbukan gangguan tidur serta menyebabkan gangguan fungsi mental.

2. Jika Tertelan dan Masuk ke Saluran Pencernaan
Akan mengakibatkan sensasi rasa terbakar, menyebabkan gangguan pada pencernaan, menyebabkan gangguan asam lambung serta keracunan yang dapat berbahaya. Kondisi keracunan dapat terjadi apabila sudah terlalu lama dalam menelan air raksa ataupun tidak pernah memperoleh penanganan secara serius. Beberapa terjadinya gejala keracunan misalnya mual, depresi, tremor, muntah, sakit kepala, gangguan pada mental serta tidak dapat hidup secara normal.

3. Jika Terkena Mata
Air raksa yang terkena mata dapat mengakibatkan mata menjadi perih, merah dan iritasi. Reaksi tersebut dapat muncul apabila hanya terkena sedikit air raksa. Akan tetapi apabila sudah terkena dengan jumlah yang banyak sehingga dapat mengakibatkan keracunan pada mata dengan gejala kondisi warna lensa pada mata mengalami perubahan, serta akan membuat mata menjadi tidak peka terhadap cahaya.

4. Jika Terkena Kulit
Apabila air raksa terkena kulit secara langsung sehingga dapat mengakibatkan suatu reaksi iritasi misalnya gatal, merah, dan panas. Air raksa yang terkena kulit dapat masuk ke bagian kulit melalui pori – pori. Jika dengan waktu yang lama sehingga dapat mengakibatkan penyakit pada kulit misalya alergi kulit, dermatitis, dan lainnya .

5. Gangguan Kesuburan untuk Wanita
Wanita yang terkontaminasi air raksa atau terkena air raksa secara terus – menerus serta tidak pernah memperoleh perawatan dapat mengalami gangguan pada kesuburan. Kontaminasi tersebut dapat terjadi dengan melalui air raksa yang tertelan, terhirup, atau terkena kulit kemudian masuk ke dalam tubuh. Reaksi yang akan sering terjadi yaitu waktu menstruasi menjadi tidak teratur, tidak terdapat ovulasi, kurang bergairah serta menimbulkan gangguan reproduksi misalnya kerusakan pada rahim dan juga sistem reproduksi.

6. Kerusakan Ginjal
Merkuri yang masuk ke dalam bagian tubuh dengan melalui saluran pernafasan, melalui kulit serta tertelan juga dapat mengakibatkan kerusakan pada organ ginjal yang cukup parah. Kerusakan ginjal tersebut diakibatkan karena merkuri sudah masuk ke dalam tubuh serta terbawa ke dalam aliran darah lalu akan disaring oleh ginjal. Gejala awal akan mengalami kerusakan ginjal yang ditandai dengan adanya kandungan albumin serta protein yang cukup tinggi di dalam air seni.

7. Radang Otak
Kulit yang terkena air raksa tanpa dilakukan pembersihan secara baik dapat mengakibatkan air raksa akan masuk ke dalam tubuh melaui pori – pori. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan air raksa akan masuk ke dalam tubuh lalu akan terbawa ke dalam darah sampai ke otak. Apabila terjadi penumpukan air raksa dalam otak sehingga dapat mengakibatkan penyakit radang otak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates