Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak

Penyebab Gigi Kuning dan Banyak Plak – Gigi dengan warna yang kuning tentu dapat membuat penampilan tidak menarik serta menurunkan percaaya diri. Semua orang mengiginkan warna gigi yang putih dan bersih. Ketika tidak dijaga secara benar, kesehatan gigi dapat terganggu bahkan pada warna putihnya dapat memudar seiring dengan waktu. Gigi engan warna kuning tidak heran apabila dibiarkan dengan berlarut – larut bisa berubah warnanya yang menjadi hitam. Berikut merupakan faktor penyebab gigi menjadi kuning diantaranya:1. Jarang Sikat Gigi
Hal pertama yang dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning yaitu akibat jarang membersihkan gigi serta jarang menyikat gigi. Gigi yang kotor dapat membuat kotoran dari sisa – sisa makanan akan menempel di gigi. Sisa dari kotoran makanan tersebut dapat megakibatkan gigi menjadi kuning.

2. Suka Merokok
Penyebab gigi kuning yang lainnya yaitu akibat kebiasaan merokok. Selain dapat mengakibatkan kanker paru – paru, rokok dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning karena kandugan nikotin dapat menempel pada gigi.

3. Kopi
Kebiasaan merokok dapat diperparah apabila merokok yang dibarengi dengan kebiasaan minum kopi. Kopi mengandung kafein yang dapat mengakibatkan gigi menjadi kuning.

4. Suka Mengkonsumi Minuman Dingin dan Panas Bersamaan
Mengkonsumsi makanan yang panas kemudian minum minuman yang dingin, selain akan mengakibatkan masalah pada saluran pencernaan juga dapat mengaibatkan masalah pada gigi. Dimana pada saat mengkonsumsi makanan yang panas langsung minum minuman yang dingin maka syaraf pada gigi dapat mati. Pada saat syaraf gigi tidak dapat aktif atau tidak berfungsi lagi sehingga dapat mati rasa, yang akan mmebuat gigi menjadi berwarna kuning pucat.

5. Suka Mengkonsumsi Teh
Minum teh yang berlebihan dimana teh juga mempunyai kandungan kafein yang rendah dengan demikian dapat mengakibatkan gigi menjadi berwarna kuning. Gigi kuning dapat diakibatkan oleh kebiasaan mengkonsumsi teh dengan frekuensi lebih dari dua kali dalam satu hari. Sama seperti halnya dengan kopi, kandungan kafein dalam teh yang dikonsumsi dengan berlebihan dapat menempel di gigi serta mengakibatkan gigi menjadi berwarna kuning.

6. Suka Menggunakan Penyegar Mulut
Menggunakan penyegar mulut baik dengan di semprot ataupun dnegan kumur dapat mengakibatkan gigi mejadi kuning. Sebab kandungan kimia serta bahan yang trdapat dalam penyegar mulut dapat menempel pada gigi. Apabila tidak segera dibersihkan maka lambat laun gigi dapat menjadi kuning. Oleh karena itu langkah baiknya tidak ketergantungan menggunakan penyegar mulut.

7. Melakukan Bleaching Gigi
Gigi yang putih dengan berkilauan boleh – boleh saja, akan tetapi sebelum melakukan hal ini pertimbangkan terlebih dahulu resikonya. Terlalu sering dalam melakukan pemutihan gigi ataupun belaching gigi akan menghilangkan warna alami pada gigi dengan demikian lama kelamaan gigi akan berubah menjadi warna kuning.

8. Gemar Mengkonsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol selain bisa merusak kesehatan serta dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia, Juga dapat bisa mengakibatkan penyakit diabetes, serta menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning. Dimana kandungan kimia yang terdapat dalam alkohol dapat merusak lapisan luar gigi dengan demikian dapat berubah menjadi kuning. Selain itu alkohol juga dapat mengakibatkan gigi menjadi berlubang.

9. Suka Mengkonsumsi Permen
Penyebab gigi mengalami perubahan warna yang menjadi kuning yakni akibat kebiasaan mengkonsumsi permen terutama permen karet. Kandungan gula tinggi yang terdapat dalam permen karet dengan demikian permen karet dapat mempercepat kerusakan pada gigi, bukan hanya menjadi kuning bahkan dapat mengakibatkan gigi menjadi berlubang.

10. Genetik
Salah satu faktor penyebab gigi menjadi berwarna kuning yitu karena faktor genetik.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates