Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Sakit Dada Sebelah Sakit

Penyebab Sakit Dada Sebelah Sakit

Penyebab Sakit Dada Sebelah Sakit

Penyebab Sakit Dada Sebelah Sakit

Penyebab Sakit Dada Sebelah Sakit

Penyebab Sakit Dada Sebelah Sakit – Rasa sakit yang timbul pada dada di sebelah kiri biasanya akan diduga ada hubungan erat dengan penyakit pada organ jantung. Pada saat rasa nyeri tersebut terjadi, ini bisa membuat seseorang menjadi panik sebab pada umumnya rasa sakit yang timbul karena akibat penyakit jantung. Akan tetapi, sebenarnya apa saja faktor penyebab dada sebelah kiri sakit, berikut merupakan uraian beberapa penyebab sakit pada dada sebelah kiri, diantaranya:1. Miokarditis
Penyakit jantung memang akan ditandai dengan gejala rasa sakit pada dada di sebelah kiri, salah satunya yakni lapisan di dinding jantung pada bagian tengah atau di miokardium. Pada saat bagian tersebut mengalami inflamasi atau mengalami peradangan, miokarditis merupakan istilah medisnya. Sistem kelistrikan pada jantung serta sel otot jantung akan terpengaruh dengan demikian proses jantung untuk memompa darah bisa terganggu dengan demikian detaknya menjadi tidak teratur.

2. Kardiomiopati
Kardiomiopati atau disebut dengan lemah jantung merupakan salah satu jenis penyakit jantung. Dimana keadaan ini dapat mengakibatkan jantung dalam kondisi lemah atau dapat membuat denyutnya menjadi tidak beraturan dengan demikian akan berisiko gagal jantung. Pada saat kardiomiopati terjadi, maka secara otomatis menandakan dimana miokard sedang tidak dapat memompa dan menyuplai darah ke seluruh bagian organ tubuh. Kondisi ini dapat terjadi pada usia seseorang yang masih muda serta dapat menjadi faktor pemicu kematian mendadak.

3. Perikarditis
Perikarditis merupakan salah satu jenis penyakit jantung dimana pada kantong di sekitar organ jantung atau perikardium sedang mengalami peradangan. Perikardium berfungsi untuk melindungi organ atau dapat berperan sebagai perisai dari berbagai serangan infeksi yang dapat menyerang otot, pembuluh darah dan katup jantung.

4. Serangan Jantung
Penyebab nyeri dada di sebelah kiri, dimana dalam kondisi ini cukup mirip dengan kondisi angina pectoris, namun tingkat keparahannya sudah ada di atasnya. Dimana pembuluh darah akan semakin menyempit serta sudah sampai 90 % terdapat timbunan zat rokok, kolesterol ataupun karena aktivitas berat. Pada saat pembuluh darah mengalami penyumbatan akibat gumpalan kolesterol yang mengalami pecah, maka salurannya bisa tersumbat total. Dengan demikian akan menjadikan organ jantung tidak mendapat oksigen yang beresiko menyebabkan kematian mendadak.

5. Angina Pectoris
Faktor penyebab lainnya yang membuat dada sebelah kiri sakit yaitu akibat angina pectoris, dimana pembuluh darah koroner mengalami penyempitan padahal perannya sebagai penyuplai darah agar kinerja dari organ jantung dapat sempurna. Pada saat penyempitan terjadi, maka jantung secara otomatis dapat memperoleh sedikit oksigen dengan demikian dada sebelah kiri akan terasa sakit.

6. Asma
Asma merupakan jenis penyakit yang berkaitan dengan saluran pernafasan yang memicu nyeri dada di sebelah kiri. Penderita asma biasanya bisa mengalami sesak nafas pada malam hari atau pada saat terkena paparan suatu zat alergen. Ciri lainnya akan disertai adanya mengi pada saat proses pernafasan terjadi, juga terdapat dahak yang kental pada saat batuk.

7. Stres
Kondisi stres yang terjadi pada seseorang dapat mengalami nyeri dada yang tepatnya di bagian kiri. Rasa sesak bisa muncul di awal serta ini akan semakin parah pada saat mengalami stres, kegelisahan ataupun mengalami tekanan yang ekstrem.

8. Pola Hidup Tidak Sehat
Perlu diketahui bahwa pola hidup yang tidak sehat, tidak seimbang serta tidak tepat dapat menjadi faktor penyebab rasa nyeri pada dada di sebelah kiri. Dengan pola hidup yang tidak seimbang, dapat membuat jantung mengalami tekananan dengan demikian arteri akan menyempit atau kan mengencang.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates