Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah  – Sakit perut merupakan sakit yang dapat di rasakan di antara dada serta pangkal paha. Hampir semua orang akan mengalami rasa sakit pada perut. Terdapat banyak organ pada perut. Jenis sakit perut juga cukup beragam, begitu pula dengan kemungkinan terhadap factor penyebabnya. Bila merasakan sakit sakit perut di bagian bawah tengah, perlu diwaspadai bahwa gejala tersebut merupakan salah satu gejala dari penyakit sebagai berikut:1. Batu Saluran Kemih
Keadaan ini sebenarnya merupakan terbentuknya batu di saluran keluarnya urin dimana dapat terletak pada bagian kandung kemih, ginjal, ureter, ataupun uretra. berikut merupakan penyebab batu saluran kemih, diantaranya:
a. Gangguan metabolik.
b. Gangguan aliran urin.
c. Dehidrasi
d. Infeksi saluran kencing.
e. Faktor jenis kelamin (pada umumnya lebih banyak terjadi pada pria ketimbang wanita).
f. Faktor iklim.
g. Faktor umur.
h. Faktor pekerjaan.

2. Radang Usus
Rasa sakit yang dapat dirasakan pada perut di bagian bawah tengah dapat menjadi tanda dari adanya gangguan pada usus. Radang usus akan berpotensi besar mengakibatkan sakit perut di bagian bawah tengah dimana dapat mengakibatkan penderitanya akan mengalami penurunan berat badan. Berikut penyebab radang usus diantaranya:
a. Tingkat stres yang tinggi.
b. Pola makan yang kurang tepat.
c. Faktor genetik.
d. Kegiatan dan kebiasaan merokok.
e. Konsumsi OAINS alias Obat Anti Inflamasi Non-Steroid.

3. Kanker Usus Besar
Penyebab lain yang berhubungan dengan sakit perut di bagian bawah tengah yaitu akibat kanker usus besar. Gangguan usus dapat meliputi kanker usus besar serta radang usus. Berikut penyebab kanker usus besar diantaranya:
a. Adanya sel abnormal yang tumbuh secara tak terkontrol.
b. Diet rendah serat.
c. Mengonsumsi minuman keras.
d. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan.
e. Kebiasaan merokok.
f. Obesitas
g. Faktor usia.
h. Punya riwayat diabetes
i. Punya riwayat radang usus.
j. Kurang olahraga.
k. Faktor genetik.
l. Punya riwayat atau sedang mengidap sindrom Lynch.

4. Infeksi Saluran Kemih
ISK atau infeksi saluran kemih dapat ditandai dengan adanya rasa sakit pada perut di bagian bawah tengah. Hal tersebut akan menyerang siapapun, akan tetapi wanita akan sangat rentan sebab saluran uretra pada seorang wanita diketahui lebih pendek. Berikut merupakan penyebab infeksi pada saluran kemih, diantaranya: Bakteri E. Coli diketahui menjadi penyebab utama pada kasus ISK. Bakteri ini biasanya hidup di dalam saluran cerna serta bakteri ini dapat masuk dalam saluran uretra pada saat pembersihan paska buang air besar atau kecil kurang baik. Selain itu, penyebab yang lain dapat terjadi akibat iritasi setelah kegiatan seksual dan efek dari terjadi gangguan proses pengosongan urin.

5. Nyeri Haid
Nyeri haid merupakan sesuatu hal yang normal serta akan dirasakan pada wanita. Rasa sakit pada saat menstruasi tidak berbahaya. Penyebabnya yakni aktivitas dari prostaglandin yang akan mengakibatkan nyeri haid, dimana terdapat proses keluar serta pergantian lapisan rahim yang mengalami rusak dengan yang baru. Pelepasan prostaglandin juga akan terjadi dengan demikian pada akhirnya pada otot – otot rahim akan mengalami kontraksi serta menyempitlah suplai darah maka rasa sakit pada perut di bagian bawah tengah akan terjadi.

6. Diare
Rasa sakit perut yang terjadi di bagian bawah tengah bisa menjadi gejala diare. Rasa sakit pada perut dapat disertai dengan feses yang berdarah, demam, serta menyebabkan dehidrasi. Penyebabnya sebagai berikut:
a. Malnutrisi
b. Infeksi bakteri atau parasit atau juga virus.
c. Kebersihan diri yang termasuk buruk.
d. Sigmoidoskopi yang bertujuan untuk mengecek kondisi kolon dan rektum yang lebih rendah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates