Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Resiko Konsumsi Telur yang Berlebihan

Resiko Konsumsi Telur yang Berlebihan

Resiko Konsumsi Telur yang Berlebihan

Resiko Konsumsi Telur yang Berlebihan

Resiko Konsumsi Telur yang Berlebihan

Resiko Konsumsi Telur yang Berlebihan – Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya dengan kandungan protein. Telur dapat diolah dengan berbagi jenis masakan. Kandungan yang terdapat dalam telur tidak hanya kaya kandungan protein saja, namun juga mengandung kolin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, lemak, fosfor, karbohidrat, zat besi serta kalsium. Kandungan tersebut dapat memberikan manfaat apabila dikonsumsi sesuai dengan standar kebuuhan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan, telur juga akan bereaksi negatif terhadap kesehatan tubuh, berikut diantaranya:

1. Kolesterol
Mengkonsumsi kuning telur dengan jumlah yang berlebihan atau dikonsumsi setiap hari bisa memicu terhadap peningkatan kolesterol di dalam tubuh. Untuk seseorang yang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan resiko terserang penyakit stroke ringan. Kolesterol di dalam telur bisa menyumbat aliran darah serta dapat memblokir kelancaran oksigen di dalam darah agar dapat mengalir di jaringan pembuluh darah.

2. Tumbuh Bisul
Telur memiliki kandungan lemak cukup yang tinggi, apabila dikonsumsi lebih dari tiga butir dalam setiap hari sehingga dapat menimbulkan bisul kecil.

3. Hipertensi
Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit hipertensi langkah baiknya jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi telur, sebab kandungan lemak yang terdapat dalam telur dapat menyumbat pembuluh darah serta dapat memicu meningkatnya tekanan darah.

4. Asam urat
Untuk penderita asam urat alangkah baiknya hindari konsumsi telur sebab lemak serta zat fosfor bisa mengganggu kestabilan jumlah pada asam urat yang terdapat pada persendian. Lemak dalam telur juga dapat meningkatkan jumlah asam urat dalam tubuh.

5. Mual
Mengkonsumsi telur yang berlebihan tanpa diimbangi dengan konsumsi sayuran serta buah bisa mengakibatkan perut mual. Kandungan gas yang terdapat dalam telur bisa menyebabkan iritasi pada lambung.

6. Bobot tubuh mudah naik
Seseorang yang mengkonsumsi telur lebih dari tiga butir dalam setiap harinya bisa mempercepat bertambahnya berat badan. Karbohidrat serta lemak yang terdapat dalam telur bisa meningkatkan penumpukan lemak di dalam tubuh serta akan memperlambat metabolisme tubuh.

7. Kadar gula dalam darah meningkat
Di dalam telur mempunyai kadar gula dimana apabila mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan, maka bisa mengalami penumpukan kadar gula di dalam darah. Penderita dengan gejala diabetes alangkah baiknya tidak mengkonsumsi telur dengan jumlah yang berlebihan.

8. Mengganggu hormon pria dan wanita
Kandungan lemak serta kandungan kolesterol yang terdapat dalam telur bisa mengganggu kestabilan pada hormon terhadap seorang pria serta pada wanita. Keadaan ini dapat mengganggu tingkat kesuburan.

9. Timbul Jerawat
Pada seseorang dengan wajah yang kering apabila mengkonsumsi telur berlebihan, akan tumbuh jerawat. Lemak serta kolesterol di dalam telur akan berpotensi mengalami penyumbatan pori – pori kulit serta dapat meningkatkan debit minyak yang terdapat di permukaan kulit wajah dengan demikian dapat memicu kulit wajah akan mudah menyerap debu serta radikal bebas.

Dalam mengkonsumsi setiap jenis makanan jangan hanya memikirkan kelezatan dari setiap makanan, namun juga harus mempertimbangkan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Solusi terbaik supaya tubuh tetap dalam kondisi sehat dalam mengkonsumsi telur, sebagai berikut:

1. Telur yang matang
2. Konsumsi telur sesuai dengan kebutuhan
3. Kondisi telur yang utuh
4. Telur ditambahankan dengan bahan makanan lain, seperti makanan yang mengandung omega 3, minyak zaitun atau minyak jagung, dimana agar tetap sehat serta tidak meningkatkan kadar kolesterol dan juga lemak, alangkah baiknya menggoreng telur dengan menggunakan minyak zaitun ataupun minyak jagung yang bebas dari lemak jenuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates