Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Terlalu Sering Duduk, Hati-Hati Dapat Mengganggu Kesehatan

Terlalu Sering Duduk, Hati-Hati Dapat Mengganggu Kesehatan

Terlalu Sering Duduk, Hati-Hati Dapat Mengganggu Kesehatan

Terlalu Sering Duduk, Hati-Hati Dapat Mengganggu Kesehatan

Terlalu Sering Duduk, Hati-Hati Dapat Mengganggu Kesehatan

Terlalu Sering Duduk, Hati-Hati Dapat Mengganggu Kesehatan¬†–¬†Bekerja dikantor pasti akan mengalami hal ini yaitu terlalu sering duduk di kantor pada saat sedang bekerja, atau dengan seringnya membiasakan diri duduk di depan laptop karena pekerjaan. Sesungguhnya duduk adalah posisi yang terbilang nyaman apabila sedang melakukan sesuatu. Bagian tubuh belakang kita akan menopang seluruh tubuh dan tidak melelahkan, daripada berdiri atau jongkok (setengah duduk). Akan tetapi, nyatanya terlalu lama duduk sangat merugikan bagi kesehatan. Berikut akibat yang dapat ditimbulkan dari duduk terlalu lama terhadap kesehatan kita.

1. Terganggunya sistem pencernaan
Terlalu lama duduk dapat menjadikan bagian perut tertekan dalam waktu yang cukup lama. Hampir sebagian besar perut tertekan dengan tekanan yang cukup besar, terutama pada isi perut. Hal inilah yang menyebabkan tubuh menjadi buruk salah satunya karena komplikasi pada sistem pencernaan. Isi dalam perut tidak dapat bekerja dengan baik dan mengakibatkan tubuh sulit mencerna. Selain itu, isi perut akan terjadi disfungsi dan menyebabkan sakit pada perut, misalnya perut akan kembung, kram dan juga terakhir diare serta masalah pencernaan lainnya.

2. Postur atau Bentuk Tubuh terganggu
Ketika duduk, ini akan melibatkan tulang utamanya tulang belakang dimulai dari leher sampai bagian pinggang atau bokong. Bentuk tubuh yang sehat adalah bentuk tubuh yang mempunyai punggung lurus dan tegak. Namun, jika kita sering duduk maka tubuh dapat mengalami gangguan postur dan akan bermasalah pada bagian tulang. Kita juga akan mangalami rasa sakit berlebihan di leher dan bahu yang dikarenakan posisi yang begitu saja. Selainitu, belum tentu posisi duduk yang kita lakukan sudah benar, dan bisa saja posisi duduk kita salah serta membahayakan. Bagi yang bekerjanya membutuhkan duduk yang lama, kalau bisa berjalan sejenak atau beristirahat dalam beberapa waktu agar tubuh kita tidak terus menopang dan postur tubuh tidak rusak.

3. Terjadinya Pembekuan darah
Duduk terlalu lama dapat menghambat aliran darah pada pembuluh vena untuk bekerja. Oleh karenya darah tidak akan teraliri dengan baik dan dapat mengakibatkan kerusakan serta pembekuan darah. Tentu hal ini tidak kita inginkan terjadi, karena darah merupakan satu-satunya cairan dalam tubuh yang membawa bahan makanan dan oksigen. Sudah barang tentu berbahaya jika aliran darah kita terganggu. Apabila mengalami nyeri pada tubuh, usahakan untuk tidak duduk terlalu lama.

4. Dapat Mengakibatkan Perubahan bentuk kaki
Tubuh sudah mempunyai bentuk dan posisi tersendiri. Termasuk juga kaki dan seluruh bagiannya. Bagaimana jika bentuk kaki kita berubah.? hal ini dapat terjadi apabila kita duduk terlalu lama dan terlalu memaksa juga tentu akan berpengaruh pada bentuk kaki yang bisa berubah menjadi seperti huruf O, W dan juga X. Selain itu, duduk dalam waktu yang lama juga dapat menghambat pertumbuhan kaki. Terutama jika kita duduk dengan bentuk seperti bersila atau menumpukan kedua kaki. Hal ini, tentu akan menyebabkan hal yang fatal. Dengan ini Upayakan untuk tidak duduk seperti itu dalam waktu yang lama.

5. Persendian akan nyeri terutama di lutut
Bagi yang  berusia lanjut atau lansia lebih berbahaya jika duduk terlalu lama. Sendi sangat mudah nyeri dan mengalami dislokasi. Sehingga, bagi lansia perlu menghindari duduk terlalu lama. Sendi adalah bagian yang sensitif. Selain itu, apabila sendi nyeri maka aktifitas dapat terganggu dan tidak bisa bergerak atau bahkan tidak bisa berjalan.

6. Berat Badan Berlebih atau Obesitas
Jika kita berpikir tidak ada hubungannya duduk terlalu lama dengan Obestias tentu pemikiran kita salah. Justru, duduk yang terlalu lama mengakibatkan tubuh tidak melakukan pembakaran. Sehingga jika kita mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi tetapi sepanjang hari kita hanya duduk manis, tentu saja berat badan kita akan bertambah. Duduk tidak dapat membakar metabolisme, berbeda dengan berjalan kaki rutin atau jogging yang dapat membakar metabolisme lebih. Oleh karena itu, disaran kan untuk sekarang hindari duduk berlama-lama, terutama apabila sambil memegang makanan dan melakukannya secara rutin.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates