Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengatasi Mata Kering

Tips Mengatasi Mata Kering

Tips Mengatasi Mata Kering

Tips Mengatasi Mata Kering

Tips Mengatasi Mata Kering

Tips Mengatasi Mata Kering – Mata merupakan bagian dari panca indera yang utama untuk manusia. Berbagai gangguan yang dapat terjadi pada mata tentu akan sangat berpengaruh terhadap aktifitas keseharian. Gangguan pada mata dapat terjadi akibat radang, iritasi, infeksi, ataupun kondisi internal yang diakibatkan oleh kebiasaan seseorang.Mata kering merupakan gangguan yang dapat terjadi pada mata akibat kondisi mata yang kering disebabkan oleh tidak stabilnya pada kelenjar air mata dalam memproduksi air mata dimana kelenjar air mata berfungsi dalam menjaga kelembaban mata dengan alami. Air mata merupakan faktor yang sangat penting diperlukan agar kondisi mata tetap dalam kondisi sehat. Pada umumnya setiap kedipan mata maka air mata akan secara otomatis langsung menyebar ke seluruh permukaan mata yang dapat berguna untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi serta tertinggalnya benda asing di dalam mata.

Mengingat keadaan cuaca dan kondisi lingkungan yang sudah tidak sehat. Beberapa keadaan yang dapat ditimbulkan pada saat terjadi mata kering sebagai berikut:
1. Mata perih dan terasa panas.
2. Iritasi mata yang mengakibatkan mata menjadi merah.
3. Rasa gatal dan seperti terdapat ganjalan disekitar mata, penyebab mata gatal bisa akibat iritasi.
4. Mata akan lebih sensitif.
5. Mata lelah dan akan berair.
6. Seringnya muncul kotoran di ujung mata.

Gejala tersebut bisa semakin parah hingga menyebabkan peradangan atau terjadi infeksi apabila tidak ditangani dengan cepat. Berikut merupakan beberapa cara untuk mengatasi mata kering yang dapat dilakukan di rumah, diantaranya:

1. Obat Tetes Mata
Untuk seseorang yang mengalami mata kering, dapat meneteskan tidak lebih dari enam tetes dalam satu hari. Mengatasi mata kering yang menggunakan obat tetes mata ataupun air mata buatan dapat membantu menghasilkan uap air yang lebih banyak dengan demikian permukaan mata tidak akan kering.

2. Usahakan Mata Selalu Lembab
Agar mata tetap dalam kondisi lembab dapat menggunakan salep ataupun gel pelumas yang dapat dilakukan dengan cara memijat secara ringan pada bagian sekitar kelopak mata yang berguna dalam menetralkan kembali kondisi mata serta dapat mengembalikan kelembaban mata dengan alami.

3. Hindari Dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu faktor penyebab mata kering. Dengan mengkonsumsi cairan yang cukup dapat menjaga selaput lendir pada mata supaya selalu dalam keadaan lembab.

4. Istirahatkan Mata
Mata yang kering akan terjadi sebagai akibat kurangnya mata untuk istirahat dari aktivitas misalnya mengoperasionalkan komputer, menonton TV, serta selalu fokus di jalan. Oleh karena itu, alangkah baiknya mengistirahatkan mata serta memanjakan mata dengan melihat pemandangan alam supaya lebih memberikan rileksasi pada mata yang lelah.

5. Terapi Air Mawar
Terapi air mawar dapat dilakukan dengan mencelupkan mata dengan beberapa saat menggunakan rendaman air mawar. Terapi ini dapat memberikan efek yang baik agar dapat mengembalikan kesehatan mata khususnya untuk mata yang kering serta lelah.6. Asupan Nutrisi
Asupan nutrisi sangat berperan dalam menjaga mata supaya selalu sehat serta dapat terhindar dari keadaan yang dapat merugikan. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandungn vitamin A dapat membantu mengurangi keadaan mata yang kering.

7. Kompres Hangat
Agar dapat menghilangkan atau dapat mengatasi mata kering, dapat mengompres pada bagian mata yang menggunakan kompres hangat.

8. Menggunakan Minyak Kelapa
Kondisi mata kering, dapat menggunakan minyak kelapa dengan mencelupkan kapas yang bersih ke dalamn minyak kelapa serta dikompreskan selama 15 menit di kelopak mata dalam kondisi tertutup.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates