Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi

Tips Mengurangi Rasa Sakit Akibat Menstruasi – Menstruasi atau Haid merupakan salah satu proses yang alami pada seorang perempuan dimana terjadi proses deskuamasi atau proses meluruhnya dinding rahim di bagian dalam atau endometrium yang akan keluar dengan melalui vagina. Menstruasi merupakan peluruhan lapisan jaringan di uterus yakni endometrium yang bersama dengan darah. Menstruasi akan terjadi di setiap bulan pada masa reproduksi, dimulai pada saat pubertas atau menarche serta akan berakhir pada saat menopause kecuali pada masa kehamilan.

Sebagai seorang wanita, pubertas adalah tanda alat pada reproduksi wanita muda yang mulai bekerja. Nyeri ketika saat haid pada banyak wanita dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat, beberapa hanya akan mendapat nyeri dengan intensitas yang minimal akan tetapi terdapat juga yang dapat mengganggu kegiatan sehari – hari bahkan hingga menyebabkan pingsan. Banyak remaja sampai pulang sekolah lebih awal akibat sakit yang dialami terutama pada remaja sesudah masa pubertas hingga 20 tahun.

Nyeri serta kram pada perut di bagian bawah pada saat menstruasi sifatnya timbul serta menghilang, tajam dan juga kadang – kadang akan disertai dengan rasa nyeri di bagian belakang. Dalam bahasa ilmiahnya, nyeri haid ini disebut dengan dismenorhoe.

Berdasarkan dari factor penyebabnya dismenore atau nyeri haid dapat dibedakan menjadi dua yakni dismenore primer serta dismenore sekunder. Dismenore primer akan terjadi apabila tidak ada factor penyebab yang mendasarinya sedangkan pada dismenore sekunder akan terjadi apabila nyeri terjadi pada saat hamil. Agar dapat mengatasi nyeri yang berlebihan yang dapat mengganggu aktivitas sehari -hari maka dapat melakukan tips untuk meredakan nyeri haid sebagai berikut:

1. Hangatkan perut di bagian bawah dengan menggunakan kompres hangat. Kompres hangat dapat menurunkan ketegangan pada otot serta akan membuat pembuluh darah menjadi lebih longgar dan juga lancar.

2. Olahraga dapat meredakan rasa sakit yang dialami dengan cepat, olahraga yang teratur juga dapat mencegah nyeri pada saat haid.

3. Berikan pijatan secara lembut dengan gerakan yang memutar di perut pada bagian bawah.

4. Minum – minuman yang hangat.

5. Lebih sering makan akan tetapi sedikit – sedikit.

6. Cobalah konsumsi obat – obatan anti – inflamasi yang dijual bebas di apotek, misalnya ibuprofen. Minum sehari sebelum mengalami haid, serta lanjutkan dengan teratur selama beberapa hari di awal – awal haid.

7. Minum suplemen atau konsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin B6, kalsium, serta magnesium.

8. Mandi dengan menggunakan air yang hangat. Mandi dengan menggunakan air yang hangat akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dengan demikian akan mengurangi ketegangan pada otot.

9. Apabila kelebihan berat badan maka turunkan sampai pada batas ideal.

10. Istirahat dengan cukup.

11. Hindari konsumsi makanan atau minuman yang banyak memiliki kandungan gula sederhana, kafein, lemak jenuh, misalnya kopi, teh, cokelat, serta soda.

12. Hindari minum – minuman dingin untuk sementara waktu. Minuman dingin walaupun dapat menyegarkan segar akan tetapi dapat memperparah kram sebab tubuh akan berusaha untuk menetralkan suhu dingin salah satunya yakni dengan menegangkan otot dalam memproduksi panas tubuh.

13. Untuk membantu mengalihkan rasa sakit maka dapat mendengarkan musik, menonton film atau tv, membaca buku.

14. Sebelum serta selama menstruasi hindarilah menggunakan pakaian serta celana yang ketat sebab dapat mengurangi aliran darah ke bagian organ reproduksi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates