Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menormalkan Detak Jantung

Tips Menormalkan Detak Jantung

Tips Menormalkan Detak Jantung

Tips Menormalkan Detak Jantung

Tips Menormalkan Detak Jantung

Tips Menormalkan Detak Jantung – Detak jantung dalam kondisi yang terlalu cepat merupakan suatu kondisi yang disebut dengan istilah palpitasi dimana biasanya dapat terjadi detak jantung yang menjadi tidak teratur, terkadang akan cepat sekali, akan tetapi juga kadang dapat lambat sekali. Penting untuk diketahui bahwa detak jantung yang normal manusia dalam satu menitnya yaitu antara 60 sampai 100 detak dengan demikian detak jantung yang cepat akan membuat tidak nyaman. Berikut merupakan tips untuk menormalkan detak jantung, sebagai berikut:1. Mengonsumsi Pisang
Mengkonsumsi pisang tidak hanya menjadi langkah untuk membakar lemak dalam perut saja, akan tetapi pisang juga bermanfaat untuk yang mengalami kondisi palpitasi. Buah dengan kaya akan kalium ini dapat menyehatkan organ jantung jika dikonsumsi setiap hari supaya detak jantung dapat normal kembali.2. Latihan Pernapasan
Pada saat merasakan detak jantung yang tidak normal atau palpitasi, terdapat beberapa upaya latihan pernafasan yang dapat dilakukan untuk menormalkan detak jantung kembali. Untuk merilekskan tubuh dan dapat melancarkan suplai oksigen yang cukup ke dalam tubuh, maka dapat melakukan sebagai berikut:

a. Duduk dengan posisi kaki yang bersila, akan tetapi pastikan tetap santai serta rileks.

b. Ambil nafas dengan dalam – dalam serta secara perlahan dengan melalui hidung hingga perut menggembung, lalu hembuskan.

c. Ulangi proses tersebut beberapa kali hingga detak jantung menjadi mulai kembali normal.

Cara-cara ini sangat baik serta dapat diandalkan terutama pada saat detak jantung yang terlalu cepat sebagai akibat panik. Akan tetapi untuk penderita penyakit jantung yang serius, alangkah baiknya konsultasikan lebih dulu dengan tenaga medis tentang latihan ini.

3. Menggunakan Kayu Manis
Kayu manis dapat menyembuhkan masalah pada organ jantung, termasuk dapat menormalkan kembali detak pada jantung yang cepat atau palpitasi. Mineral kalium serta mangan yang terdapat dalam kayu manis dapat menjadikan jantung menjadi selalu sehat.

4. Batuk
Sengaja untuk membatukkan diri bisa cukup membantu pada saat detak jantung sedang mengalami tidak normal, baik itu yang terlalu cepat atau terlalu lambat. Membatukkan diri dapat mengakibatkan penumpukan tekanan di dada lalu dapat menjadi pemicu detak jantung yang akan kembali normal.

5. Menggunakan Minyak Ikan
Minyak ikan adalah jenis makanan yang memiliki kandungan omega-3 yang tinggi dimana manfaatnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan hati. Masukkan minyak ikan ke dalam menu diet serta cobalah mengkonsumsinya dengan rutin. Akan tetapi alangkah baiknya tidak menkgonsumsi minyak ikan jika justru mengalami detak jantung yang abnormal sesudah mengkonsumsi makanan yang beromega-3.

6. Mengonsumsi Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu jenis makanan yang bagus untuk kesehatan jantung, bahkan dapat mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah. Adanya efek samping dari bawang putih, maka dapat mengkonsumsinya untuk dapat menurunkan darah tinggi ataupun kolesterol tinggi, bahkan dapat menormalkan detak jantung.

7. Minum Teh Kamomil
Agar detak jantung yang cepat dapat kembali normal serta rileks kembali, maka bisa mengkonsumsi teh kamomil. Teh kamomil sangat bagus dikonsumsi untuk menghindari kondisi stres. Selain itu dapat memberikan manfaat kesehatan yang lainnya akan tetapi tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

8. Memakai Minyak Lavender
Menormalkan detak pada organ jantung selalu bisa dilakukan dengan upaya serta bahan yang alami, yakni dengan menggunakan lavender. Minyak lavender bisa diteteskan ke dalam air mandi agar dapat menenangkan dapat merilekskan detak pada organ jantung. Bahkan minyak lavender ini dapat melancarkan peredaran dalam darah.

9. Menggunakan Minyak Rosemary
Minyak rosemary fungsinya sama dengan minyak lavender yang dapat membantu supaya detak jantung menjadi kembali normal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates