Sunday , 23 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Minum Air Es Setiap Hari

Bahaya Minum Air Es Setiap Hari

Bahaya Minum Air Es Setiap Hari

Bahaya Minum Air Es Setiap Hari

Bahaya Minum Air Es Setiap Hari

Bahaya Minum Air Es Setiap Hari – Minum air es sangat sering dilakukan pada saat cuaca panas. Sebab dengan minum air es dapat menyegarkan tubuh pada saat cuaca panas. Minum air es tidak hanya dapat menyegarkan tubuh, namun jika minum air es setiap hari akan memberikan efek negative terhadap kesehatan tubuh. Bahaya akibat minum air es itu sering tidak mendapatkan perhatian oleh masyarakat luas. perlu diketahui berikut merupakan efek atau bahaya yang akan ditimbulkan akibat minum es setiap hari, diantaranya:

1.    Membuat Tubuh Tidak Nyaman
Salah satu hal yang dapat membahayakan akibat minum air es untuk kesehatan yaitu dapat membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Minum air es dapat melemahkan pada proses pencernaan, proses pencernaan yang menjadi lemah dapat membuat tubuh akan menjadi tidak nyaman. Agar dapat melancarkan serta dapat menguatkan proses pencernaan maka diperlukan makanan yang hangat, minuman hangat serta makanan yang dimasak. Rasa tidak nyaman yang terjadi akan timbul seperti gejala penyakit maag.

2.    Membuat Usus Sempit
Bahaya minum air es yang lainnya yaitu akan membuat usus bisa menjadi sempit. Usus akan menjadi sempit dapat terjadi pada orang yang mengkonsumsi air es pada setiap harinya. Sebab suhu yang dingin dapat membuat pembekuan pada partikel lemak serta minyak dalam makanan yang mengandung minyak. Apabila usus sempit maka proses pencernaan juga dapat terganggu sebab pada organ pencernaan juga akan terganggu.

3.    Perut Buncit
Untuk wanita yang sedang menjalani program diet alangkah baiknya tidak membiasakan diri untuk minum air es. Hal itu disebabkan karena diet dapat terasa sia – sia. Sebab mengkonsumsi air es setelah mengkonsumsi makanan untuk diet dapat membuat perut menjadi buncit. Air es dapat membuat perut menjadi buncit sebab untuk menghangatkan pada saat proses pencernaan diperlukan bantalan lemak. Bantalan lemak tersebut dapat membuat air es yang tadinya bersuhu dingin akan menjadi hangat. Semakin banyak dalam mengkonsumsi air es sehingga semakin banyak bantalan lemak yang diperlukan agar dapat membuat air es yang menjadi hangat.

4.    Kembung dan Begah
Perut kembung serta begah tidak hanya dapat dirasakan pada penderita maag akan tetapi juga dapat dirasakan oleh seseorang yang terlalu banyak dalam mengkonsumsi air es. Berikut merupakan alasan yang dapat mengakibatkan perut terasa penuh, kembung serta begah diantaranya:
a.    Air es dapat membuat suhu tubuh terutama pada suhu perut akan menyesuaikan dengan makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan.
b.    Es akan mengubah irama pada organ pencernaan yang ada di dalam perut.
c.    Karena irama pada organ pencernaan berubah, selaput lendir yang terdapat di lambung akan berkontraksi.
d.    Efek kontraksi dapat membuat perut akan terasa kram. Enzim yang ada di dalam saluran pencernaan serta cairan asam yang biasanya mengakibatkan maag langsung melakukan reaksi dengan cara menghasilkan gas di dalam perut. Gas dengan jumlah yang berlebihan dapat membuat begah perut.

e.    Bahaya sesudah Berolahraga
Perlu diketahui bahwa bahaya yang dapat ditimbulkan air es pada saat diminum setelah berolahraga. Berikut merupakan bahaya air es yang diminum setelah melakukan olahraga diantaranya:
a.    Perubahan suhu tubuh dengan demikian proses metabolisme menjadi terganggu.
b.    Pembuluh darah akan menyempit.
c.    Airan darah tidak lancar.
d.    Kram pada otot perut.
e.    Otot perut mengalami kejang.
f.    Otot jantung akan terganggu dengan demikian fungsi jantung menjadi terganggu.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates