Sunday , 24 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Bawang Merah terhadap Tubuh

Efek Samping Bawang Merah terhadap Tubuh

Efek Samping Bawang Merah terhadap Tubuh

Efek Samping Bawang Merah terhadap Tubuh

Efek Samping Bawang Merah terhadap Tubuh

Efek Samping Bawang Merah terhadap Tubuh – Bawang merah merupakan salah satu bumbu yang biasanya dijadikan sebagai penyedap dalam masakan. Kandungan yang terdapat dalam bawang merah cukup banyak yakni asam folat, zat besi, serat, kalsium, vitamin C serta kalium, kandungan tersebut selain dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, juga memiliki efek samping, diantaranya:1. Bau Mulut
Sesudah dikonsumsi, bawang merah memang rasanya cukup nikmat, akan tetapi jangan heran sesudah memakannya, akan mebuat nafas menjadi tidak sedap. Bau mulut akan terjadi akibat adanya kandungan sulfur dengan kadar yang tinggi akan sulfur.

2. Sakit Kepala
Konsumsi bawang merah secara berlebihan  akan menyebabkan kepala menjadi mudah pusing.

3. Lambung Terbakar
Kandungan yang terdapat dalam bawang merah dapat bermanfaat untuk obat sejumlah gangguan gastrointestinal, akan tetapi efek sampingnya ini dapat mengganggu sebab dapat memunculkan rasa terbakar terhadap lambung atau iritasi lambung.

4. Mual dan Muntah
Mual – mual bisa terjadi pada saat mengkosumsi bawang merah berlebihan. Sebab hal ini dapat terjadi akibat efek lambung yang mengalami iritasi.

5. Sensitivitas Meningkat
Setelah mengkonsumsi bawang merah kemudian meminum aspirin maka dapat berefek buruk terhadap kesehatan tubuh. Khusus pada seseorang yang mempunyai alergi pada bawang, alangkah baiknya menghindari konsumsi obat aspirin pada saat yang sama sebab dapat membuat tubuh mempunyai sensitivitas yang lebih dengan bawang. Dengan otomatis bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan reaksi alergi yang berlebih.

6. Terhambatnya Pembekuan Darah
Terhambatnya proses pembekuan darah sebagai akibat kandungan yang terdapat dalam bawang merah. Antikoagulan merupakan kandungan yang ada dalam bawang merah, dan jika seseorang mengkonsumsi bawang merah dengan waktu yang sama bersama obat antikoagulan, maka akan berisiko memar serta mengalami pendarahan.

7. Tekanan Darah Rendah
Untuk orang – orang yang mempunyai tekanan darah tinggi serta mengkonsumsi obat untuk penurun darah tinggi, alangkah baiknya tidak mengkonsumsi bawang merah. Bawang merah mempunyai kemampuan untuk menurunkan tekanan darah diastolik serta sistolik, dengan demikian pada saat secara bersamaan mengkonsumsi obat untuk penurun darah tinggi, maka tekanan darah dapat turun menjadi terlalu rendah dengan demikian dapat menyebabkan tubuh akan menjadi mudah lemas serta pusing.

8. Perut Mulas
Konsumsi bawang merah yang berlebihan dapat menimbulkan rasa mulas di perut. Tidak hanya efek terbakar serta efek mual namun mulas juga akan dirasakan pada orang yang mengkonsumsi bawang merah.

9. Perut Tidak Nyaman untuk Wanita Hamil dan Wanita Menyusui
Untuk wanita yang sedang dalam kondisi hamil, dengan mengkonsumsi bawang merah yang jumlahnya berlebihan, selain dapat membahayakan janin, soerang ibunya juga akan mengalami perut yang merasa tidak nyaman, dimana perut akan merasakan panas ataupun merasakan mulas.

10. Masalah pada Kulit
Efek samping bawang merah bukan hanya saat dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan, namun juga akibat pemakaian di luar atau untuk kulit dapat berdampak buruk. Dimana penggunaanya pada kulit menyebabkan iritasi kulit wajah yang akibat efek panas pada bawang merah.

11. Turunnya Gula Darah
Para penderita penyakit diabetes alangah baiknya memeriksakan kadar gula darah dengan rutin. Bawang merah diyakini dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang tinggi, dengan demikian pada saat mengkonsumsinya berlebihan maka akan membuat kadar gula darah menjadi terlalu rendah yang akan berbahaya bagi tubuh.

12. Penglihatan Terganggu
Bawang merah dengan dikonsumsi berlebihan dapat mempengaruhi kualitas serta kesehatan fungsi pada penglihatan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates