Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Kolagen terhadap Tubuh

Efek Samping Kolagen terhadap Tubuh

Efek Samping Kolagen terhadap Tubuh

Efek Samping Kolagen terhadap Tubuh

Efek Samping Kolagen terhadap Tubuh

Efek Samping Kolagen terhadap Tubuh – Kolagen sebenarnya dibentuk di dalam tubuh manusia, akan tetapi kenyataannya, karena seiring dengan bertambahnya usia serta pola hidup yang tidak sehat atau kurang baik pada akhirnya kadar kolagen akan menjadi berkurang. Kolagen dapat diketahui sebagai salah satu jenis protein untuk menyusun tubuh manusia yang mana terdapat sekitar 30 % dari protein keseluruhan dalam tubuh manusia.Banyak orang yang mengetahui bahwa kolagen sangat penting untuk membuat kulit yang menjadi awet muda serta lebih lembut. Namun kolagen sebenarnya merupakan struktur organik yang dapat membangun gigi, membangun tulang, sendi, otot serta kulit.

Berikut merupakan efek samping kolagen yang bisa terjadi dalam tubuh, diantaranya:
1. Sensitivitas Makanan
Sebenarnya efek samping dari kolagen akan tergantung dari jenis suplemen kolagen yang biasa dikonsumsi dengan demikian efek sampingnya dapat berbeda. Efek samping yang akan terjadi pada umumnya akan mengalami sensitivitas terhadap makanan. Hal tersebut lebih sering terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi suplemen kolagen oral.

2. Memar
Kolagen bisa diperoleh dengan berbagai bentuk, salah satunya selain dengan oral yaitu dengan melalui suntikan. Namun suntik kolagen tidak selamanya aman sebab efek samping yang dapat terjadi termasuk kulit yang mengalami memar. Memar bisa dialami kurang lebih selama satu minggu, akan tetapi jika diabaikan justru dapat menimbulkan jaringan parut secara permanen.

3. Pigmentasi Kulit
Sama halnya dengan kondisi memar, pigmentasi pada kulit juga akan berpotensi sebagai efek samping akibat suntikan kolagen. Efek samping ini cukup berbahaya jika diabaikan tanpa dilakukan penanganan secara cepat dan tepat. Pigmentasi kulit akan terjadi selama satu minggu lebih serta dapat kelihatan di bagian yang disuntik.

4. Infeksi
Dengan memperoleh kolagen melalui suntikan sangat memiliki resiko. Tidak hanya menyebabkan memar serta pigmentasi pada kulit, infeksi juga akan berpotensi pada seseorang dengan suntik kolagen. Hal tersebut berkemungkinan tinggi dapat terjadi pada saat jarum suntik yang digunakan tidak dalam keadaan steril.

5. Bau Mulut
Kolagen bisa diperoleh dengan melalui berbagai cara, salah satunya yakni dengan lewat tablet kolagen yang biasanya dapat terasa tidak enak di dalam mulut yang merupakan efeknya. Pada saat seseorang mengkonsumsi tablet atau pil kolagen dengan jangka panjang, sehingga pada akhirnya akan terjadi pembentukan lapisan di lidah dengan demikian dapat menimbulkan bau mulut.

6. Kepekaan Rasa Berubah
Meskipun fungsi kolagen untuk kesehatan serta tubuh sangatlah vital dan juga tinggi, akan tetapi berhati pada saat memperoleh kolagen dalam bentuk tablet atau pil. Pada saat mengkonsumsinya, apalagi dengan jangka waktu yang panjang atau berkelanjutan, maka kepekaan rasa akan berkurang sebagai dampak pembentukan lapisan pada lidah.

7. Nekrosis Kulit
Efek samping yang lainnya akibat penggunaan kolagen yaitu menyebabkan nekrosis kulit. Ini merupakan salah satu jenis penyakit pada kulit yang berhubungan erat dengan jaringan penutup pada permukaan tubuh.8. Reaksi Alergi
Efek samping yang paling umum dapat ditimbulkan akibat mengkonsumsi suplemen kolagen yaitu akan mengalami reaksi alergi. Reaksi alergi tidak hanya akan timbul akibat mengkonsumsi makanan tertentu saja, akan tetapi juga akibat mengkonsumsi obat tertentu.

9. Sembelit
Efek samping yang dapat terjadi akibat mengkonsumsi suplemen kolagen yaitu menyebabkan sembelit. Sembelit adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam buang besar dengan demikian menyebabkan wasir.

10. Ritme Abnormal Jantung
Efek samping akibat konsumsi suplemen kolagen akan menyerang bagian organ jantung. Ritme jantung akan menjadi tidak normal sebagai akibat konsumsi suplemen kolagen.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates