Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Efek Samping Suntik Silikon terhadap Tubuh

Efek Samping Suntik Silikon terhadap Tubuh

Efek Samping Suntik Silikon terhadap Tubuh

Efek Samping Suntik Silikon terhadap Tubuh

Efek Samping Suntik Silikon terhadap Tubuh

Efek Samping Suntik Silikon terhadap Tubuh – Perlu diketahui bahwa suntik silikon merupakan suatu praktek ilegal sebab terdapat risiko terhadap kesehatan. Dengan demikian suntik silikon sangat dilarang penggunaannya. Silikon merupakan suati senyawa polimer yang sebetulnya hasil dari unsur oksigen serta silikon. Silikon ini bentuknya sangat beragam serta tidak semua bentuk tersebut bisa cocok untuk setiap orang yang akan menggunakannya. Agar dapat lebih berhati-hati, berikut merupakan efek samping suntik silicon, diantaranya:1. Kulit Memerah
Silikon dapat disuntikkan ke dalam kulit yang disebut dengan istilah pengisian jaringan. Bnyak kasus timbulnya efek samping yang berupa kulit menjadi memerah.

2. Kulit Perih
Setelah menjalani prosedur untuk suntik silikon yang akan timbul kulit kemerahan juga kulit akan terasa perih.

3. Kulit Gatal
Silikon adalah bahan kimia yang dapat dimasukkan ke dalam kulit, dimana akan menimbulkan efek kulit menjadi memerah serta perih, selain itu juga kulit dapat terasa gatal sesudah disuntikkan silikon.

4. Kulit Memar
Perlu diketahui bahwa setelah disuntik menyebabkan kulit akan mengalami memar namun hal ini sesuatu yang wajar. Suntik silikon akan berbeda dengan suntik untuk tes darah ataupun terapi tusuk jarum, sehingga segeralah periksakan.

5. Benjol
Efek samping lain akibat penggunaan silikon akan timbul benjolan. Benjolan tersebut akan timbul disertai perubahan warna terhadap kulit yang menjadi memerah serta terasa perih yang disebabkan oleh suntik silikon.

6. Reaksi Hipersensitivitas
Efek samping lain akibat suntik silikon juga bisa menyebabkan timbulnya reaksi hipersensitivitas. Pada saat sistem daya tahan tubuh dapat menimbulkan berbagai reaksi yang tidak diharapkan, kerusakan tubuh akan terancaman.
Hal tersebut dapat berakibat fatal.

7. Peradangan
Efek samping awal akibat suntik silikon yakni akan terjadi peradangan. Peradangan di kulit dapat terjadi selama beberapa hari serta dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang dapat menghambat aktivitas. Agar efek samping dapat berkurang, lakukanlah dengan mengompresnya yang menggunakan es batu, dengan mengompreskannya di bagian kulit yang mengalami radang.

8. Inflamasi Granuloma
Efek samping akibat suntik silikon juga menyebabkan peradangan yang merupakan inflamasi kronis ditandai dengan adanya penumpukan fokal makrofag.

9. Jaringan Parut atau Keloid
Efek samping lainnya akibat suntik siikon yaitu timbulnya jaringan parut atau keloid. Adanya bekas luka akibat suntik silikon dapat menjadi faktor penyebab terjadinya keloid pada kulit.

10. Sakit Kepala
Efek samping suntik silikon juga menyebabkan sakit pada kepala yang dapat mengganggu. Sakit kepala yang terjadi akan berkepanjangan. Pada saat mengalami sering sakit kepala terutama sesudah suntik silikon, hal ini merupakan sebagai  reaksi alergi tubuh karena silikon yang masuk ke dalam bagian kulit.

11. Kanker
Tidak menutup kemungkinan bahan – bahan kimia dalam suntik silikon yang masuk ke dalam bagian kulit serta akan terakumulasi di dalamnya diamana menyebabkan penyakit kanker. Jenis silikon yang cair adalah jenis silikon yang sangat meningkatkan risiko untuk terjadinya kanker akibat silikon tidak dapat dikeluarkan kecuali dengan dioperasi.

12. Kerusakan Organ
Keadaan parah lainnya yang dapat menjadi efek samping akibat penggunaan silikon, terutama pada suntik silikon yaitu terjadi kerusakan pada organ – organ vital dalam tubuh, terutama terhadap otak ataupun pada paru – paru. Terdapat kondisi penyakit yang disebut dengan Sindrom Emboli Silikon yang merupakan terjadinya penumpukan ataupun gumpalan dari silikon dalam paru-paru serta dapat masuk ke dalam aliran darah yang pada akhirnya menjadi faktor penyebab rusaknya paru – paru serta otak.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates