Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Faktor Sepele Penyebab Usaha Gulung Tikar

Faktor Sepele Penyebab Usaha Gulung Tikar

Faktor Sepele Penyebab Usaha Gulung Tikar

Faktor Sepele Penyebab Usaha Gulung Tikar

Faktor Sepele Penyebab Usaha Gulung Tikar

Faktor Sepele Penyebab Usaha Gulung Tikar – Setiap pebisnis pasti mempunyai keinginan usahanya akan bisa selalu maju dan juga berkembang. Tidak ada satupun dari pengusaha yang berharap agar usahanya gulung tikar. Tapi kadang tanpa Anda sadari, bangkrutnya suatu bisnis usaha bisa saja terjadi karena hal-hal yang sepele yang biasanya malah Anda anggap remeh. Karena sering dianggap remeh, maka banyak dari para pengusaha atau pebisnis yang lengah untuk mewaspadainya.

Sebenarnya, gulung tikarnya sebuah bisnis usaha dapat terjadi karena ada berbagai faktor, dan biasanya penyebabnya adalah lebih dari satu. Maka masalah yang menumpuk inilah yang akan bisa menjadi bom waktu yang memang siap meledak dan juga menjadi penyebab dari bisnis usaha gulung tikar. Maka bila Anda ingin mempunyai usaha yang sukses di dalam jangka waktu yang lama, jangan suka dalam meremehkan suatu hal. Meskipun itu adalah hal yang cukup sepele menurut Anda. Maka pada artikel kali ini, kami akan sedikit berbagi mengenai beberapa hal yang sepele yang dapat menjadi penyebab gulung tikar dalam usaha yang Anda punyai.

Faktor Penyebab gulung tikarnya usaha :
1. Hutang
Ini merupakan salah satu faktor yang begitu wajib untuk Anda waspadai. Meski hutang sendiri mempunyai beberapa nilai positif di dalam bisnis usaha, terutama untuk mendukung modal atau juga mempertahankan bisnis usaha Anda dari keadaan gulung tikar, tapi hutang juga akan berperan sebagai boomerang yang memang siap menyerang balik bisnis usaha Anda. Maka dari itu, Anda perlu lebih bijak lagi di dalam mengambil pinjaman hutang. Usahakan Anda jangan sampai mengambil hutang bila dirasa tidak terlalu penting atau juga Anda masih dapat mengatasinya dengan biaya Anda sendiri. Tapi bila Anda telah terlanjur berhutang, maka Anda harus dengan cepat melunasi hutang tersebut dengan amat segera ketika Anda benar – benar sudah mampu. Karena hutang yang begitu menumpuk, hanya akan bisa memberatkan Anda ketika bisnis usaha Anda dalam masa krisis. Hingga pada akhirnya hutang tersebut yang bisa memaksa bisnis usaha Anda untuk gulung tikar.

2. Omzet
Banyak dari pengusaha yang lebih tergiur dengan cara mengejar omzet yang begitu banyak. Ketika Anda mendapatkan omzet, mereka pun akan amat sangat senang sehingga cepat merasa puas. Tapi perlu untuk Anda sadari, bahwa tujuan utama di dalam sebuah bisnis usaha adalah profit. Maka mulailah untuk dapat lebih fokus pada sisi profit dari pada hanya sekedar mengejar yang namanya omzet. Apa gunanya sebuah omzet yang banyak tapi profit Anda begitu kecil?

3. Rekan bisnis
Salah satu dari hal sepele yang bisa membuat bisnis usaha anda gulung tikar adalah rekan bisnis. Biasanya dalam masalah ini akan sering terjadi saat Anda membuka sebuah bisnis usaha dengan cara “join atau mengikuti” atau patungan. Kesalahan ini biasanya terjdai saat sering dilakukan oleh para pemula yang mempunyai modal kurang. Sehingga mereka mencari teman atau rekan untuk bisa diajak bergabung dan juga mengumpulkan modal. Dan biasanya, mereka akan mulai mengajak orang-orang yang telah mereka kenal dengan akrab karena alasan sebuah kepercayaan. Tapi justru itu yang akan bisa menjadi penyebab dari banyaknya masalah yang timbul dikemudian hari. Tidak jarang akan ada perbedaan pendapat yang bisa membuat mereka bisa terpecah belah, sehingga akan menjadi penyebab bisnis usaha mereka gulung tikar. Sehingga ada sebuah pribahasa di dalam bisnis yang berbunyi, lebih baik untuk menjadi rekan karena bisnis usaha dari pada berbisnis karena teman atau rekan.

4. Tergiur peluang
Ini juga hal yang menjadi salah satu hal sepele yang dapat menjadi penyebab bangkrut. Biasanya para pebisnis atau pengusaha akan dengan mudah tergoda dengan peluang lain yang memang terlihat lebih menggiurkan jika dibanding dengan bisnis yang sedang mereka geluti. Sehingga hal ini akan bisa membuat pikiran mereka terpecah dan juga kurang fokus di dalam mengembangkan bisnis usaha yang selama ini telah mereka jalani. Bila Anda berada di dalam masa puncak, tidak masalah untuk mencari peluang baru yang mempunyai prospek bagus sebagai sebuah batu loncatan untuk bisa mengembangkan bisnis usaha Anda. Tapi ketika bisnis usaha Anda sendiri masih ada di dalam masa berkembang, maka lebih baik Anda tetap fokus pada yang namanya pengembangan bisnis usaha Anda dahulu sampai bisa mencapai puncak kesuksesan.

Empat hal di atas perlu mulai Anda waspadai dari mulai sekarang. Jangan sampai Anda malah meremehkan masalah di atas hingga pada akhirnya membuat Anda lengah yang bisa berakibat sebagai penyebab dari gulung tikarnya bisnis usaha Anda. Fokus dan juga waspada merupakan kunci utama supaya Anda bisa meraih sukses yang Anda impikan selama ini. Maka tanpa adanya fokus tentu akan berdampak pada berbagai macam masalah yang bisa menyebabkan bisnis usaha Anda kocar-kacir sampai pada akhirnya dilanda kebangkrutan.

About mr ikbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates