Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Uncategorized » Haruskah Memperjuangkan Cinta Tanpa Restu Orangtua?

Haruskah Memperjuangkan Cinta Tanpa Restu Orangtua?

Haruskah Memperjuangkan Cinta Tanpa Restu Orangtua?

Haruskah Memperjuangkan Cinta Tanpa Restu Orangtua?

Haruskah Memperjuangkan Cinta Tanpa Restu Orangtua?

Haruskah Memperjuangkan Cinta Tanpa Restu Orangtua? – Julia Perez & Gaston CastanoKisah cintamu dan pasangan, perlukah diperjuangkan saat tak mendapat restu orangtua? Jawaban yang sulit memang. Sementara kita berusaha menjaga hubungan dengan pasangan, bakti terhadap orangtua juga yang utama. Lantas, mana yang dipilih?

“Kami seiman dan telah siap untuk menikah, tetapi terdapat masalah keluarga yang memiliki pendapat berbeda ketika merencanakan pernikahan. Akhirnya hubungan kami yang menjadi korban. Kami batal menikah. Kalau sudah terjadi hal ini aku tak berani lagi membantah, sudah mengikutsertakan keluarga. Walaupun diteruskan, takut nantinya akan ada konflik berkepanjangan dan membuat tidak nyaman,” ungkap Sandra (28, accounting staff). Dia pilih mundur demi kebaikan masing-masing keluarga.

“Restu orangtua jelas penting banget. Tak bisa dipungkiri kita membutuhkan pendapat orang terdekat yang netral saat logika kita tertutup perasaan. Dan memang benar, pasangan yang akhirnya diberikan lampu hijau dari orangtua ialah yang terbaik. Aku juga jadi makin yakin pilihanku itu memang yang terbaik ketika dia bisa masuk ke keluarga besar dan diterima di sana,” ungkap Peppy (27, ibu rumah tangga).

“Aku yang paling tahu pasanganku seperti apa. Orang lain mempunyai hak menilai, tetapi yang memutuskan untuk terus atau tidak sepenuhnya menjadi pilihanku. Orangtua sebatas memberi saran sebaiknya aku begini dan begitu. Karena kita yang sudah dewasa, sehingga kita dapat menentukan pilihan kita sendiri dan bertanggungjawab terhadapnya, namun ingat, harus menghormati keputusan orangtua yang lebih mengetahui tentang hidup,” ucap Maharani (28, public relations).

Tambah Dinda (34, analyst) “Aku kira hubungan yang tidak direstui tidak akan mendapatkan kebahagiaan sejati dan ketenangan sampai kapan pun, tapi kita juga tak bisa semudah itu melepaskan pasangan. Cinta yang harus diperjuangkan, kuncinya sabar dan yakin ada jalan. Sampai sekarang aku dan pasangan juga masih berusaha agar direstui, sedikit demi sedikit ada hasil positif sih, itu yang namanya ketekunan. Yakinlah, kalau dia jodohmu pasti tidak akan menjauh, bagaimana pun ujiannya.”

Hasil survei hampir 50% pembaca memilih untuk memperjuangkan hubungan cinta yang tanpa restu itu ketimbang mundur dan mencari cinta yang lainnya. Restu merupakan pertimbangan utama untuk menentukkan ke mana arah sebuah hubungan. Namun, harapan mereka perjuangan akan memberikan hasil terbaik, walau membutuhkan waktu dan pengorbanan lebih, demi cinta.

“Permasalahan dalam rumah tangga, bahkan juga di saat-saat bahagia saat memiliki anak, misalnya, membuat aku rindu berbagi dengan orangtua. Padahal, tanpa restu artinya aku kehilangan tempat berbagi itu sendiri. Menikah dengan pasangan berbeda keyakinan sempat membuatku jauh dari ibu selama 4 tahun, dan itu rasanya luar biasa sedih. Jadi ketika akhirnya ibu mau membuka diri, aku seperti mendapat hadiah terindah sepanjang hidup,” cerita Noni (30, ibu rumah tangga).

Psikolog Veronika Soepomo dari Psychological Practice Kasandra Associates mengatakan “seperti itulah, akan ada sesuatu yang kurang,”. Menurutnya, seorang anak tak akan pernah bisa berpisah dari orangtua secara emosional. “Hubungan yang kita jalani dengan orangtua akan membawa dampak pada hubungan kita terhadap pasangan,” tambah psikolog Roslina Verauli, pengajar di beberapa universitas. So, boleh memperjuangkan apa yang kita yakini terbaik untuk kita, termasuk soal pasangan hidup. Namun, masukan dari orangtua mesti mendapat perhatian khusus. Benar kata Peppy, kita membutuhkan pendapat orang terdekat yang jelas netral saat sedang dimabuk kepayang oleh cinta.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates