Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Kelainan Pada Hidung

Jenis Kelainan Pada Hidung

Jenis Kelainan Pada Hidung

Jenis Kelainan Pada Hidung

Jenis Kelainan Pada Hidung

Jenis Kelainan Pada Hidung – Hidung adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai bermacam – macam kegunaan selain sebagai alat pernafasan. Apabila ditinjau dari segi pernafasan, dimana hidung berguna sebagai alat masuknya udara oksigen ke dalam tubuh serta berguna sebagai tempat keluarnya karbon dioksida dari dalam tubuh. Hidung juga adalah salah satu indera pada tubuh manusia. Hidung berguna untuk indera penciuman. Berikut merupakan beberapa kelainan ataupun penyakit pada hidung diantaranya:

1.    Salesma atau Cold dan Flu
Salesma merupakan kelainan pada hidung dimana keadaanya terinfeksi akibat viru. Biasanya, pada saat salesma menyerang, akan menimbulkan gejala lain seperti pilek, batuk, sakit di daerah leher, yang terkadang akan muncul gejala demam, atau sakit di daerah persendian yang disertai dengan rasa pusing. Selain itu biasanya dapat disertai dengan gejala mencret yang ringan. berikut merupakan upaya pencegahannya:
a.    Hindari konsumsi minuman dingin atau es.
b.    Istirahat dengan cukup.
c.    Bantuan konsumsi obat aspirin.
d.    Konsumsi Vitamin C.
e.    Kumur dengan menggunakan air hangat.
f.    Konsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi.

2.    Rhinitis Allergica
Rhinitis Allergica merupakan penyakit hidung yang menyebabkan peradangan pada hidung akibat alergi. Hal tersebut biasanya diakibatkan oleh masuknya benda asing ke dalam saluran tenggorokan lalu secara otomatis hidung akan merespon itu serta akan terjadilah peradangan pada hidung. Berikut merupakan beberapa cara agar dapat menyembuhkan Rhinitis Allergica diantaranya;
a.    Menggunakan anthihistamin misalnya chlorpeniramine dan dimenhydrinate untuk pencegahan.
b.    Menghindarkan hidung dari sesuatu yang dapat menyebabkan alergi.

3.    Penyakit Sinusitis
Penyakit sinusitis merupakan jenis penyakit yang terjadi pada bagian hidung yang berupa peradangan di bagian sinus. Sinus terletak di bagian rongga – rongga tulang yang berkaitan dengan hidung. Adapun gejalanya sebagai berikut:
a.    Terasa sakit pada wajah. Khusunya pada saat menundukkan wajah ataupun mengetuk tulang. Biasanya rasa sakit tersebut terjadi di sekitar mata.
b.    Hidung akan sering tersumbat sebagai akibat adanya nanah ataupun ingus yang kental.
c.    Gejala penyakit sinusitis terkadang akan disertai dengan meningkatnya suhu badan.

4.    Polip Hidung
Polip hidung merupakan kelainan pada hidung yang berupa tumor kecil yang ada pada hidung. hal ini termasuk tumor jinak yang terletak pada hidung. Tumor ini harus di waspadai, walaupun statusnya jinak, namun tumor ini dapat menjadi tumor yang ganas seperti layaknya penyakit kanker. Warna dari kondisi polip berwarna putih keabu – abuan serta mengkilat. Polip ini dapat terjadi akibat beberapa sebab, sebagai berikut :

a.    Reaksi radang dengan waktu yang terlalu lama.
b.    Reaksi alergi yang berulang – ulang.
c.    Allergic fungal sinusitis.
d.    Fibrosis kistik.
e.    Intoleransi terhadap alkohol.
f.    Intoleransi terhadap aspirin.
g.    Kondisi Asma.
h.    Young Syndrome.
i.    Non-Allergic Rhinitis with Eosinophilia Syndrome atau Nares.
j.    Rhinitis Allergica.
k.    Sinusitis kronis.
l.    Churg- strauss syndrome.
m.    Dan lainnya

5.    Deviated Septum
Biasanya hidung yang mempunyai dua rongga untuk bernafas dengan ukuran rongga yang sama. Namun, pada beberapa kasus yang abnormal, ukuran rongga di bagian hidung dapat berbeda. Pada saat kondisi ini terjadi akan tetapi masih dalam taraf yang ringan sehingga tidak dapat membahayakan. Namun, pada beberapa kondisi, deviated septum akan terjadi pada tingkat yang cukup membahayakan dimana dalam mengobatinya hanya dilakukan dengan operasi.

6.    Anosmia
Anosmia adalah salah satu kelainan pada bagian hidung, dimana kelainan ini berkaitan dengan indera penciuman. Dengan demikian penderitanya tidak bisa mencium bau sama sekali. Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh kecelakaan, akibat gangguan saluran hidung, atau akibat tumor sulkus olfaktorius.

7.    Dinosmia
Penyakit dinosmia merupakan suatu kondisi penderitanya merasa selalu mencium bau yang tidak sedap. Hal tersebut terjadi akibat terdapat kelainan di dalam rongga hidung, akibat infeksi pada sinus, serta terjadi kerusakan parsial di saraf olfaktorius.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates