Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyakit Akibat Banjir yang Membahayakan

Penyakit Akibat Banjir yang Membahayakan

Penyakit Akibat Banjir yang Membahayakan

Penyakit Akibat Banjir yang Membahayakan

Penyakit Akibat Banjir yang Membahayakan

Penyakit Akibat Banjir yang Membahayakan – Penyakit akibat kondisi banjir bisa beragam, mulai dari penyakit yang sederhana sampai penyakit yang dapat mematikan juga bisa terjadi dari akibat banjir. Banjir merupakan media yang paling mudah untuk penyebaran berbagai jenis penyakit menular, sebab air yang sudah tercemar dengan bakteri ataupun kuman dari septic tank , air kali, selokan, sumur dan lain sebagainya dapat berbaur menjadi satu serta akan membentuk mutasi dari beberapa virus atau bakteri yang dapat menjadi bakteri baru serta dapat mengakibatkan beberapa penyakit yang berbahaya. Berikut merupakan jenis penyakit yang akan terjadi akibat banjir, diantaranya:1. Menyebabkan infeksi kulit
Banjir yang sedang terjadi atau paska banjir akan mengakibatkan penyebaran bakteri Pseudomonas yang dapat menginfeksi dengan melalui parasit dari hewan – hewan yang bermunculan setelah banjir reda atau dari hewan yang mati akibat terseret banjir. Keadaan ini bisa mengakibatkan kulit gatal – gatal. radang, perih, kulit akan terasa panas, akan timbul bintul –  bintul berisi cairan yang apabila pecah dapat terasa gatal yang bercampur pedih.

2. Terjangkitnya virus Leptospirosis
Banjir akan selalu melibatkan berbagai benda yang kotor serta bercampur yang menjadi satu, termasuk kotoran serta air kencing tikus yang akan membawa virus Leptospirosi. Apabila virus ini bercampuran dengan air banjir bisa menyebabkan kerusakan pada organ hati, organ ginjal, organ paru, jantung serta otak dimana virus akan masuk secara mudah dengan melalui selaput lendir hidung, melalui mata serta pada permukaan kulit yang sedang mengalami luka dan lecet – lecet.

3. Menyebabkan hepatitis A
Penyakit yang diakibatkan banjir paling berbahaya yakni penyakit Hepatitis A. Banjir akan membawa kotoran dari semua tempat dalam kondisi kotor yang berbaur menjadi satu seperti virus yang terdapat dalam septik tank, bakteri dari air kali serta kuman – kuman yang terdapat dalam tanah bisa bercampur serta menyebabkan bakteri bisa bermutasi menjadi virus yang dapat mematikan serta dapat menyerang organ hati. Hepatitis A akan mengalami gejala gangguan terhadap jaringan mata, pada permukaan kulit, kuku serta lidah yang akan berubah menjadi warna kuning, perut dapat mengalami sakit, nyeri dan muntah – muntah.

4. Menyebabkan penyakit demam berdarah
Pada saat sudah reda bukan berarti lokasi sudah terbebas dari virus serta bakteri. Benda – benda yang tertinggal serta mengandung air dan juga tanah yang basah serta keadaan lorong – lorong kecil yang lembab bisa menjadi sarang subur untuk perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebab penyakit DBD atau demam berdarah.

5. Terganggunya saluran pernafasan
Pada saat banjir sedang melanda serta banjir sudah reda dapat dipastikan persediaan air bersih menjadi sangat minim. Perembasan air kotor dengan kandungan virus, bakteri, kuman serta mikroba sudah mencemari sumur, pipa aliran air bersih serta mencemari beberapa kran air yang bisa membuat air akan menjadi terinfeksi berbagai jenis bakteri yang bisa mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan akut atau disebut dengan ISPA. Penyakit ISPA dengan gejalanya nafas sesak, kesulitan untuk bernafas, nyeri di dada, sakit kepala, pegal – pegal diseluruh tubuh,  menyebabkan batuk serta demam tinggi.

6. Menyebabkan terganggunya fungsi pencernaan
Banjir bisa mengakibatkan gangguan kesehatan fungsi pencernaan, akibat perabotan rumah tangga serta alat masak dan lainya sudah tercemar bibit penyakit.  Apabila pencernaan sudah terinfeksi sehingga akan menyebabkan diare, kolera, muntaber, penyakit tifus serta disentri akut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates