Tuesday , 23 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Selain Membuat Rileks, Ini Manfaat Lain Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Selain Membuat Rileks, Ini Manfaat Lain Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Selain Membuat Rileks, Ini Manfaat Lain Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Selain Membuat Rileks Ini Manfaat Lain Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Selain Membuat Rileks Ini Manfaat Lain Pijat Refleksi Bagi Kesehatan

Selain Membuat Rileks, Ini Manfaat Lain Pijat Refleksi Bagi Kesehatan – Refleksiologi merupakan jenis terapi yang berpusat pada kaki dimana awal mulanya dari Cina kuno, sekarang trendnya meningkat menjadi terapi holistik modern yang bertujuan untuk mengurangin rasa sakit dan stres. Dalam pijat relfleksi jika energi berjalan melewati tubuh dalam saluran yang disebut dengan meridian, dan pemijatan pada kaki dilakukan tentu dapat merangsang saluran energi ini, yang pada akhirnya bisa menjadi alternatif penyembuhan dan relaksasi.

Tiap-tiap bagian pada kaki berhubungan dengan area yang ada pada tubuh kita, sehingga melakukan pijat di kaki dapat merangsang bagian dari tubuh kita yang sesuai dengan bagiannya. Oleh karena itu, pijat refleksi sama dengan pijat pada seluruh badan karena keterhubungan dengan tiap bagian tubuh kita tadi.

Reflexologis beranggapan jika daerah yang berbeda pada kaki dan tangan memiliki kesesuaian dengan bagian lain dari tubuh kita, serta melakukan pemijatan bisa merangsang sistem saraf parasimpatis tubuh dalam menyembuhkan dirinya sendiri. Refleksologi atas dasar pada prinsip-prinsip dari Cina yang beranggapan jika pada daerah-daerah tertentu di telapak kaki atau tangan (disebut dengan zona refleks), memiliki jutaan ujung saraf, yang terkoneksi dengan bagian lain dari tubuh kita.

Selama lebih dari  3.000 tahun yang lalu para ahli pengobatan di China telah memakai refleksi untuk menstabilkan kembali Qi yang bertujuan mengobati sejumlah kondisi. Refleksi ini dapat bekerja beriringan dengan obat medis dalam proses penyembuhan dan menambah kesehatan dan vitalitas. Refleksi ini memiliki tujuan untuk menciptakan homeostasis, yang dimana semua organ-organ di dalam tubuh akan bekerja sama untuk mewujudkan kondisi yang terbaik. Berikut manfaat dari pijat refleksi:

1. Mengurangi stres

Manfaat dari refleksi yang nyata adalah dapat mengurangi stres. Teknik pijat refleksi ini yaitu bisa dilakukan pada jari kaki. The Complete Illustrated Guide to Reflexology menyatakan, bahwa semua orang dari segala usia atau jenis kelamin, baik orang tua, wanita, pria, remaja, anak-anak bahkan bayi bisa mendapatkan manfaat positif dari pijat refleksi ini. Namun, hasilnya bisa jadi bervariasi pada setiap orang, tetapi pada umunya pijat refleksi bisa membuat orang merasa santai dan sangat senang setelahnya.

2. Menghilangkan Nyeri

Menurut ahli refleksi bahwa penyakit bisa dikarenakan adanya penyumbatan pada meridian atau saluran energi. Penyumbatan ini dapat menghambat aliran energi (chi) yang mana menyebabkan terakumulasinya energi negatif (dan menyebabkan rasa sakit atau penyakit). Ada sekitar 7.000 lebih ujung saraf di kaki, dan semuanya terkoneksi dengan seluruh tubuh melalui sistem saraf pusat. Sehingga pemijatan pada kaki yang merupakan ujung saraf, dapat merangsang tubuh untuk melakukan penyembuhan diri. Seorang refleksologi dari Inggris mengatakan, bahwa pijat refleksi dirancang untuk mengembalikan keseimbangan dan fungsi tubuh. Dan pada saat hal ini dilakukan, maka tubuh dapat segera dipulihkan. Maka dari itu, refleksi ini sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit, karena sesudah ketegangan dibuang dari dalam tubuh maka stres akan berkurang, serta rasa sakit akan berkurang juga.

3. Mampu meningkatkan sirkulasi dan aliran energi

Refleksi dapat meningkatkan aliran energi, sirkulasi dalam tubuh, dan merangsang sistem pencernaan di tubuh. Tentu hal ini sangat efektif dikarenakan orang-orang sesudah dipijat akan merasa ingin buang air kecil, dan semuanya hampir selalu merasakan kehausan, hal ini dikarenakan racun yang ada dalam tubuh dikeluarkan.

4. Manfaat lain Refleksi

Manfaat lain dari refleksi adalah dapat mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh multiple sclerosis (MS) dan proses penyembuhan pada penderita kanker. Banyak orang yang percaya dan merasakan jika pijat refleksi mampu meningkatkan psikologis yang positif bagi tubuh, sedangkan pada wanita hamil dapat merasa tekanan pada kaki mereka terkurangi. Pijatan di daerah jempol dan pergelangan kaki mampu menenangkan endokrin dan sistem reproduksi, yang dimana dapat membantu meringankan nyeri menstruasi atau gejala menopause.

Apabila dari diri kita ada yang merasakan sakit atau merasa kurang energi, pijat refleksi bisa menjadi alternatif untuk membantu dalam mengembalikan keseimbangan tubuh dan membuat tubuh untuk melakukan penyembuhannya sendiri. Namun, hati-hati apabila melakukan pijat refleksi ini, pastikan terlebih dahulu bahwa yang melakukannya adalah terapis yang sudah terlatih. Semaoga bermanfaat.

About Pradini Anjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates