Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Alergi Debu dan Kesehatan THT

Seputar Alergi Debu dan Kesehatan THT

Seputar Alergi Debu dan Kesehatan THT

Seputar Alergi Debu dan Kesehatan THT

Seputar Alergi Debu dan Kesehatan THT

Seputar Alergi Debu dan Kesehatan THT Alergi merupakan suatu kelainan dimana kondisi tubuh tidak dapat beradaptasi dengan zat ataupun keadaan lingkungan.  Kondisi ini akan sering terjadi terhadap sebagian besar orang yang mempunyai reaksi serta tingkat dan jenis alergi yang berbeda.  Salah satunya yaitu alergi debu. Pada setiap orang alergi debu akan menimbulkan suatu gejala yang dapat berbeda – beda, akan tetapi pada umumnya alergi debu akan menunjukkan gejala berupa gatal – gatal serta ruam merah pada kulit, bersin – bersin, eksim, batuk, sinusitis, bengkak akibat di rumah misalnya pada saat membersihkan rumah, atau pada saat membersihkan perabot rumah tangga.Alergi debu serta kesehatan THT mempunyai pengaruh yang sangat signifikan.  Pada umumnya para penderita dengan kondisi alergi debu akan sering mengalami terjadinya gangguan terhadap kesehatan THT, sebab secara umum alergi debu akan menimbulkan gangguan terhadap telinga, hidung serta tengggorokan dan juga saluran pernafasan.  Biasanya pada penderita alergi debu dapat diberi semacam antihistamin gar dapat meredakan alerginya dan bukan untuk menyembuhkan.  Karena gejala alergi ini memang tidak dapat disembuhkan kan tetapi dapat dihindari kemunculannya serta dapat diredakan.

Jika faktor pencetusnya muncul dengan demikian gejala alergi apat terjadi sebagai suatu reaksi yang wajar dari tubuh. Alergi debu yang sangat sering muncul tentu dapat sangat mengganggu sebab tentunya akan menimbulkan gangguan terhadap kesehatan THT misalnya pilek yang akan berlangsung secara terus – menerus serta dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman, batuk yang tidak berhenti serta bisa menimbulkan luka terhadap tenggorokan sampai menimbulkan gangguan pada pendengaran akibat pilek yang terus – menerus.

Gangguan yang terjadi terhadap hidung dapat mempengaruhi kondisi kesehatan telinga serta tenggorokan.  Dengan demikian alergi debu serta kesehatan THT menjadi suatu kondisi dimana yang mengandung unsur sebab akibat serta harus segera diatasi, jangan sampai berlarut – larut supaya tidak terjadi timbulnya gangguan pada THT.

Setelah mengetahui faktor penyebab alergi debu, berikut merupakan upaya pencegahan alergi debu sebagai berikut:
1. Selalu menjaga kebersihan rumah serta perabotan rumah dari debu – debu halus.  Salah satunya dengan cara yaitu mencuci sprei serta menggantinya  dua hari sekali.

2. Selalu membersihkan karpet, membersihkan selimut serta membersihkan boneka supaya tidak menjadi tempat menumpuknya suatu debu.

3. Selalu menggunakan masker setiap kali dalam membersihkan rumah, setiap keluar rumah serta setiap melakukan aktivitas yang bisa memicu alergi.

4. Selalu menjaga sirkulasi udara di dalam rumah serta menggunakan dehumidifier.

Berikut merupakan bahan alami yang dapat mengobati alergi debu, diantaranya:
1. Peppermint
Peppermint akan berperan sebagai dekongestan alami yang dapat membantu untuk mengurangi timbulnya gejala- gejala infeksi akibat virus dan akibat elergi.

2. Teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan antihistamin yang alami dapat berguna untuk membantu dalam meringankan reaksi alergi. Dengan minum 1 – 2 gelas teh hijau setiap harinya apabila dalam kondisi alergi.

3. Cuka apel
Dalam cuka apel mempunyai kandungan yang dapat membantu untuk mengobati gatal akiat reaksi alergi. Cuka apel dapat diencerkan dalam air serta dengan dioleskan di daerah yang mengalami alergi. Selain itu cuka apel bisa membantu untuk membasmi bakteru dan juga kuman.

4. Jahe
Kandungan yang ada dalam jahe dapat sebagai obat alami untuk meredakan reaksi alergi. Jahe merupakan antihistamin serta sebagai dekongestan.

5. Bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan yang bersifat antivirus dengan demikian dapat efektif untuk mencegah reaksi alergi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates