Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Olahraga untuk Lansia

Jenis Olahraga untuk Lansia

Jenis Olahraga untuk Lansia

Jenis Olahraga untuk Lansia

Jenis Olahraga untuk Lansia

Jenis Olahraga untuk Lansia – Badan tetap aktif bisa membuat tubuh akan terasa segar. Gaya hidup yang aktif sangat penting untuk kesehatan lansia dengan olahraga teratur bisa membantu untuk mencegah timbulnya penyakit jantung, penyakit diabetes, serta beberapa jenis kanker, dan bisa dapat mengurangi rasa sakit yang akibat kondisi arthritis. Dengan upaya meningkatkan keseimbangan, daya tahan, fleksibilitas, serta kekuatan, maka orang lanjut usia bisa tetap sehat yang lebih lama. Berikut merupakan jenis olahraga yang dapat dilakukan oleh lansia, sebagai berikut:1. Aerobik
Aktivitas aerobik bisa membantu lansia untuk membakar kalori, dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, dapat menjaga pergerakan pada sendi, dapat meningkatkan kesehatan organ jantung, serta dapat meningkatkan tingkat energi dengan keseluruhan. Membangun ketahanan tubuh membutuhkan waktu lama, dimana akan tergantung pada tingkat kesehatan serta aktivitas lansia.

2. Latihan ketahanan
Latihan ketahanan dapat dilakukan agar dapat membuat tubuh menjadi semakin kuat serta tidak mudah lelah ataupun sakit. Adapun contoh latihan fisik yang dapat dilakukan diantaranya:
a. Berjalan cepat
b. Tenis, dan
c. Berenang

3. Latihan jongkok
Proses untuk membangun otot memerlukan waktu, akan tetapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan pada lansia. Kekuatan pelatihan membutuhkan bentuk yang baik agar dapat memperoleh manfaatnya secara maksimal. Mulai dengan melakukan beberapa dasar, melakukan latihan gerakan rendah dengan melakukan jongkok di depan kursi.

4. Latihan push-up
Latihan push-up merupakan cara yang baik agar otot – otot lengan, bahu, serta dada dapat bekerja. Akan tetapi, pada lansia rata – rata akan kesulitan untuk melakukannya dengan benar. Pada lansia dapat memodifikasi gerakan latihan ini serta masih memperoleh manfaat kesehatan yang dilakukan dengan melakukan dinding push – up.

5. Latihan keseimbangan kaki
Latihan keseimbangan pada kaki bisa membantu untuk memperkuat paha, bokong, pinggul, serta otot punggung bawah. Untuk sisi bagian kaki, berdiri di belakang kursi serta tahan secara seimbang. Angkat dengan satu kaki ke samping, usahakan lakukan dengan selaras dari tumit ke pinggul.

6. Latihan tumit kaki menggunakan kursi
Membangun massa otot serta berfokus dengan keseimbangan yang lebih baik bisa membantu untuk mengurangi risiko jatuh serta patah tulang. Latihan dengan keseimbangan yang baik pada lansia yaitu dengan berdiri menggunakan kursi.

7. Meregangkan tubuh bagian bawah
Untuk dapat meregangkan paha depan, lakukan dengan memulai berdiri di belakang kursi serta raih dengan menggunakan tangan kanan. Tekuk bagian kaki kiri di belakang serta ambil kaki dengan menggunakan tangan kiri, pastikan dapat menjaga paha agar tegak lurus ke lantai.

8. Meregangkan tubuh bagian atas
Fleksibilitas merupakan hal yang penting apabila ingin memperoleh manfaat secara maksimal dari program latihan yang dilakukan. Fokus terhadap lengan serta dada otot dengan berdiri dengan posisi kaki dibuka yang selebar bahu serta lengan di sisi tubuh, lalu membawa kedua lengan pada belakang punggung serta pegang tangan.9. Latihan gerakan ringan
Faktor – faktor seperti mobilitas serta nyeri yang terbatas bisa membuat perbedaan terhadap jenis latihan yang bisa dilakukan. Latihan dengan gerakan ringan maka memungkinkan dapat mengurangi ketegangan terhadap tubuh akan tetap menyediakan sarana untuk tetap aktif secara fisik. Latihan ini bisa membantu untuk lansia agar mudah beradaptasi dengan program latihan baru. Berolahraga di dalam air, misalnya berenang atau dengan melakukan aerobik air, merupakan pilihan yang baik.

10. Latihan beban ringan.
Perlu diketahui bahwa banyak jenis latihan yang bisa dimodifikasi agar dapat mengakomodasi kebutuhan latihan yang ringan dan konsultasikan dengan tenaga medis atau tenaga ahli kebugaran terkait cara – cara agar dapat beradaptasi dengan kegiatan ini.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates