Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Seputar Penyakit Ulkus Mole

Ketahui Seputar Penyakit Ulkus Mole

Ketahui Seputar Penyakit Ulkus Mole

Ketahui Seputar Penyakit Ulkus Mole

Ketahui Seputar Penyakit Ulkus Mole

Ketahui Seputar Penyakit Ulkus Mole – Ulkus mole merupakan jenis penyakit yang tergolongan penyakit yang dapat di tularkan dengan melalui hubungan seksual. Penyakit ulkus mole ini lebih banyak terjadi di daerah – daerah dengan tingkat sosial yang ekonominya rendah. Sebab kurangnya fasilitas untuk diagnostik, seringkali terjadi salah terhadap diagnosis dengan klinis sebagai penyakit sifilis stadium pertama. Penyakit ulkus mole ini bersifat sebagai endemik serta dapat tersebar di daerah tropik serta subtropik, terutama di daerah kota serta pelabuhan.Pada wanita frekuensi penderitanya lebih rendah. Beberapa faktor dapat menunjukan bahwa ada pembawa kuman atau carrier basil ducrey, tanpa terjadinya gejala klinis, biasanya terjadi pada wanita tuna susila. Ulkus mole merupakan jenis penyakit menular seksual atau PMS yang akut, ulseratif, serta biasanya akan terlokalisasi pada genitalia ataupun anus serta sering disertai dengan terjadinya pembesaran pada kelenjar di daerah inguinal yang diakibatkan oleh Streptobacillus ducrey atau Haemophilus ducrey. Ulkus mole sudah diketahui dapat menyebar dari satu orang kepada orang lain dengan melalui hubungan seksual.

Ulkus mole adalah jenis penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh suatu basil gram negatif Haemophilus ducreyi. Seorang ahli mengidentifikasi bahwa bakteri H. ducreyi adalah bakteri gram negatif, tidak bergerak, fakultatif, berbentuk batang yang pendek dengan ujung bulat, membutuhkan hemin sebagai pertumbuhannya, tidak mempunyai motil, serta tidak akan membentuk spora. Untuk masa inkubasi penyakit ulkus mole terjadi 1 – 5 hari.

Adapun Gejala Ulkus Mole, sebagai berikut:
Lesi pertama akan berupa makula ataupun papula yang dapat segera berubah menjadi suatu pustula yang pecah serta dapat menimbulkan ulkus yang bersifat sebagai berikut :
1. multiple
2. lunak
3. sangat nyeri tekan
4. dasarnya kotor dan mudah berdarah
5. kulit sekitar ulkus berwarna merah.

Sesudah masa inkubasi satu sampai dua minggu, penyakit ulkus mole dapat menimbulkan suatu benjolan kecil yang kemudian dapat menjadi borok atau lesi selama satu hari serta benjolan akan berwarna abu – abu kekuningan dan apabila dilukai ataupun dikikis seperti dengan kuku sehingga dapat keluar darah, akan terasa nyeri yang sangat hebat.

Penyakit ulkus mole akan ditularkan secara langsung dengan melalui hungungan seksual. Predileksi pada jari, genital, mulut serta dada. Di tempat masuknya suatu mikroorganisme akan terbentuk ulkus yang khas.
Berikut merupakan komplikasi penyakit ulkus mole, diantaranya:

1. Mixed chancre
Ulkus molle serta sifilis stadium I. pada awalnya lesi yang khas ulkus molle, sesudah 15 sampai 20 hari yang bermanifestasi sebagai lesi campuran.

2. Abses kelenjar inguinal
Abses kelenjar inguinal disebut dengan inflammatory bubo, yang merupakan komplikasi terbanyak. Kelenjar getah bening akan membesar, warna kulit menjadi kemerahan serta akan berfluktuasi. Jika abses kelenjar inguinal tidak segera diobati dengan adekuat, maka abses dapat pecah serta dapat menimbulkan sinus yang akan meluas menjadi ulkus yang disebut dengan ulserasi chancroid. Ulkus ini lalu dapat membesar yang disebut dengan giant chancroid.

3. Balanitis, fimosis dan parafimosis
Merupakan komplikasi ulkus mole yang serius. Terutama akan terjadi terhadap individu yang tidak disirkumsisi. Komplikasi ini akan terjadi sebagai akibat ulkus molle mengenai prepusium. Prepusium dapat menjadi bengkak, berwarna merah, edematous, serta sangat nyeri.

4. Fistula uretra
Kelainan fistula uretra ini dapat terjadi sebagai akibat ulkus molle yang terjadi pada glans penis serta bersifat destruktif. Kelainan ini dapat menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air kecil serta pada kondisi lanjut bisa terjadi striktura uretra.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates