Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Gonorrhea

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Gonorrhea

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Gonorrhea

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Gonorrhea

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Gonorrhea

Seputar Penyebab dan Gejala Penyakit Gonorrhea – Penyakit Gonorhea atau gonore atau disebut dengan penyakit kencing nanah. Penyakit gonore merupakan salah satu jenis PMS atau penyakit menular sksual yang diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae. Bakteri ini akan menyerang lapisan di dalam saluran kandung kemih, rectum, uretra, bagian Serviks ataupun leher rahim, tenggorokan, serta bagian mata. Penyakit gonorheo dapat menyebar ke seluruh tubuh yang melalui aliran darah misalnya menyebar di bagian kulit luar serta persendian.Di indonesia jenis penyakit ini sangat dikenal dengan istilah penyakit kencing nanah sebab gejala serta ciri – ciri penyakit gonorhoe yakni akan mengeluarkan nanah pada saluran urin. Pada wanita biasanya dapat mengakibatkan rasa nyeri di panggul serta menyebabkan gangguan reproduksi. Bahaya penyakit gonorhoe juga dapat menular pada seorang bayi yang baru lahir karena ibunya yang mengalami penyakit gonorhoe selama proses kehamilan. Seorang bayi yang mengalami gonore dapat ditandai dengan adanya pembengkakan terhadap kedua kelopak matanya serta akan mengeluarkan nanah. Jika tidak segera dilakukan penanganan serta diobati maka dapat mengakibatkan gangguan penglihatan pada sang anak dan menyebabkan kebutaan.

Penyebab gonorrhea
Penyakit gonorrhea merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang akan sering dialami pada seseorang yang sering melakukan hubungan seksual dengan berganti – ganti pasangan, bai, dengan intensitas yang tinggi ataupun yang rendah. Gonore atau GO disebut juga kencing nanah atau penyakit menular seksual (IMS) dimana penyakit ini dapat menular dengan melalui hubungan seksual yakni melalui vaginal, anal dan oral. Kasus gonorhoe akan paling sering terjadi pada pria yakni kencing bernanah serta akan terasa panas di saluran kencing pria apabila sesudah kencing.

Pada seorang wanita, pada kondisi penyakit ini sebetulnya ada akan tetapi tidak akan terlihat serta terasa sensasinya seperti yang dirasakan pada pria. Pada seorang pria, jika kondisi GO dibiarkan dengan demikian dapat menyebar ke seluruh bagian organ tubuh termasuk organ jantung, dimana penyebaran akan terjadi ke arah kantung buah zakar yang dapat mengakibatkan peradangan atau epididymitis.
Pada seorang wanita, penyakit gonorhoe dapat naik ke saluran kelamin serta dapat menginfeksi pada selaput dalam panggul dengan demikian akan timbul nyeri panggul serta dapat mengganggu organ reproduksi. Penyebab utama penyakit gonorhoe ini yaitu bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Tanda dan gejala Penyakit Gonorrhea
Tanda serta gejala penyakit gonore atau kencing nanah pada pria akan sangat mudah di ketahui yakni dapat terasa nyeri ketika berkemih, rasa nyeri tersebut benar – benar khas serta tidak tertahan kan seperti rasa panas dan juga terbakar. Selain itu  dapat keluar cairan berwarna putih atau berwarna agak kehijauan dari saluran kencing seperti cairan nanah. Apabila terdapat gejala tersebut maka kemungkinan sudah terinfeksi penyakit gonorhoe ini.
Tanda serta gejala penyakit gonorhoe pada wanita akan sedikit lebih sulit untuk diketahui, sebab gejala awal akan baru terjadi antara 7 sampai 21 hari sesudah penyakit terinfeksi. Bahkan terkadang penderitanya tidak akan merasakan gejala apapun dengan waktu selama beberapa minggu, serta akan mengetahui dirinya mengalami penyakit tersebut sesudah pasangan hubungan seksual yang ikut tertular.

Namun ada juga yang menimbulkan gejala tetapi cenderung bersifat ringan. Akan tetapi pada beberapa penderita akan menunjukkan tanda atau gejala yang sangat berat seperti akan terasa nyeri pada saat kencing, akan mengalami demam, nyeri di pinggul pada saat berhubungan intim dan akan keluar cairan seperti cairan nanah yang akan keluar melalui saluran kemih, Infeksi penyakit gonorhoe ini dapat menyerang rahim, serviks, dan saluran indung telur serta dapat menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi wanita.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates