Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Menghilangkan Memar

Tips Menghilangkan Memar

Tips Menghilangkan Memar

Tips Menghilangkan Memar

Tips Menghilangkan Memar

Tips Menghilangkan Memar – Memar merupakan sebuah luka yang dapat ditandai dengan kulit yang berwarna kebiruan, berwarna kemerahan ataupun keunguan di suatu lokasi tertentu. Memar bisa terjadi pada bagian tubuh manapun serta ini merupakan suatu keadaan rusaknya pada jaringan tubuh yaitu pembekuan darah yang tidak mengalir sebagaimana mestinya. Benturan ataupun trauma mrupakan penyebab utama pada kondisi memar.

Pada saat seseorang terbentur, terjatuh, atau terpukul secara fisik maka dapat menimbulkan luka memar. Pada dasarnya memar ini tidak akan berbahaya apabila tidak disertai dengan patah tulang. Berikut merupakan serangkaian rekomendasi tips untuk menghilangkan memar diantaranya:

1.    Kompres Dingin
Mengompres dingin di bagian yang memar dalam waktu 48 jam pertama setelah terbentur ataupun cedera adalah upaya yang terbaik. Kompres dingin dengan menggunakan es batu, bisa membantu supaya darah yang awalnya kurang mengalir bisa mengalir lebih lancar. Aliran darah bisa menjadi lebih lancar serta baik sehingga dapat mencegah pembekuan luka memar.

2.    Kompres Hangat
Setelah kompres dingin dengan menggunakan es batu, peradangan juga dapat berkurang dengan menggunakan kompres hangat. Kompres hangat dapat mendukung agar peredaran darah menjadi semakin lancar ke jaringan dengan demikian akan lebih cepat sembuh.

3.    Menggunakan Daun Sirih
Selain dengan menggunakan metode kompres, untuk dapat menghilangkan memar bisa menggunakan daun sirih. Daun sirih selain untuk meredakan batuk atau dapat menjaga kebersihan dan kesehatan miss v pada wanita, juga dapat digunakan untuk memar, baik memar pada bibir, wajah, kaki ataupun tangan.

4.    Menghindari Olahraga Berlebihan
Pada saat dalam kondisi memar, terutama selama 24 sampai 48 jam pertama mulai cedera, alangkah baiknya tidak melakukan olahraga yang terlalu keras. Selain oleh karena bahaya olahraga yang berlebihan dapat membuat tubuh bisa menjadi kelelahan yang ekstrem serta sakit di otot, ini juga dapat menjadi pemicu pada pemompaan darah ke semua organ bagian tubuh.

5.    Menjemur Bagian yang Memar
Cara lain agar dapat menghilangkan memar secara cepat serta ampuh yakni dengan menjemurnya dengan sinar matahari langsung. Cara alami ini dapat dilakukan selama 10 sampai 15 menit setiap hari agar bilirubin bisa hancur berkat radiasi dari sinar UV. Pada saat warna memar sudah menjadi menguning, maka tandanya memar dapat sembuh dengan cepat.

6.    Memijat Lembut
Di bagian yang mengalami memar, dapat diberikan pijatan lembut yang menggunakan ibu jari. Hindari pijatan dengan kuat-kuat atau dengan menekan bagian tengah yang mengalami luka sebab dapat menyebabkan rasa sakit. Luka memar dapat hilang dengan lebih cepat yang dilakukan dengan pijatan gerakan memutar.

7.    Mengangkat Area Tubuh yang Memar
Jika kebetulan memar terjadi di area tubuh yang dapat diangkat, dengan demikian dapat mengangkat tangan ataupun kaki. Luka memar bisa di angkat hingga berada di atas jantung agar aliran darah yang menuju luka bisa berkurang. Dengan demikian warna memar dapat dengan cepat memudar.

8.    Menggunakan Kulit Pisang
Selain itu untuk menghilangkan memar dapat dilakukan dengan menggunakan kulit pisang. Perlu diketahui bahwa kulit pisang dapat digosok – gosokkan pada bagian yang memar dengan rutin, yang dapat membuat kondisi memar dapat memudar serta cepat membaik.

9.    Menggunakan Minyak Witch Hazel
Minyak witch hazel dapat digunakan sebagai ramuan untuk memar agar cepat hilang juga dapat menurunkan resiko radang. Caranya dapat dilakukan dengan merendamkan pada bagian yang memar ke dalam minyak tersebut, selain itu juga dapat mengoleskannya langsung ke area yang memar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates