Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Upaya Pencegahan dan Penanganan Ulkus Mole

Upaya Pencegahan dan Penanganan Ulkus Mole

Upaya Pencegahan dan Penanganan Ulkus Mole

Upaya Pencegahan dan Penanganan Ulkus Mole

Upaya Pencegahan dan Penanganan Ulkus Mole

Upaya Pencegahan dan Penanganan Ulkus Mole – Ulkus mole merupakan jenis penyakit menular seksual yang bersifat akut, ulseratif, serta dapat terjadi di genitalia atau terjadi pada anus yang sering disertai dengan terjadinya pembesaran kelenjar pada inguinal (bubo) yang diakibatkan oleh Streptobacillus ducrey. Ulkus mole dapat menyebar dari orang ke orang lain dengan melalui hubungan seksual.

Ulkus mole akan lebih sering dialami pada pria terutama bagi ia yang sering melakukan prostitusi jika dibandingkan pada wanita. Perbandingan pada laki – laki serta perempuan yakni potensinya sebesar 10 : 1, dimana lebih banyak terjadi pada laki – laki heterosexual, dialami dari penderita dengan kondisi asimtomatik, biasanya terjadi pada wanita pekerja seks.

Penyebaran infeksi penyakit ulkus mole yakni akibat kontak seksual dengan seorang wanita pada pekerja seks yang mengalami penyakit ulkus genital. Kemungkinan penyebaran penyakit ulkus mole sesudah seseorang melakukan hubungan seksual yakni sebesar 0,35%, serta wanita yang sudah terinfeksi tanpa melakukan pengobatan akan tetap menularkan penyakit ulkus mole ini hingga 45 hari dimana gejala klinis yang berupa lesi mulai terjadi.

Penyakit ini banyak dijumpai di negara yang berkembang, khususnya di Negara subtropis dan tropis. Ulkus mole akan banyak terjadi di dunia yang mempunyai sarana kesehatan yang kurang seperti di Afrika, Asia, serta Karibia. Di Negara Kenya penyakit ulkus mole dapat menular dengan melalui penderita HIV, dimana diduga dari seorang pekerja seks komersial serta pada pasien yang mengalami penyakit menular seksual.

Ulkus mole mengakibatkan rasa nyeri ulkus pada genitalia, sebesar 50% kasus akan disertai dengan kondisi limfadenitis inguinal unilateral. Jika tidak segera ditangani dapat membentuk abses yang bisa ruptur dengan spontan, akan menghasilkan ulkus yang tidak dapat terobati.

Agar dapat terhindar dari penyakit ulkus mole, maka dapat dilakukan dengan berbagai upaya untuk menghindarinya. Berikut merupakan upaya untuk mencegah penyakit ulkus mole, diantaranya: menggunakan kondom yang benar serta apabila terdapat kulit yang menutupi pada kepala penis sehingga alangkah baiknya dihilangkan atau disunat agar dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit ulkus mole. Lebih baik dilakukan pencegahan dengan tidak berganti – ganti pasangan seks sebab penyakit ulkus mole ini banyak dialami pada praktek – praktek prostitusi.
Untuk yang sudah terlanjut mengalami penyakit ulkus mole, maka dapat dilakukan upaya penanganan, sebagai berikut:

1. Terapi Sitemik
Pasien dengan penakit ulkus genitalia alangkah baiknya melakukan terapi dengan pengobatan sifilis serta ulkus mole. Terapi terhadap granuloma inguinale dapat diberikan di area endemik serta terapi limfogranuloma venerum alangkah baiknya diberikan apabila terdapat pembesaran pada kelenjar getah bening inguinal atau bubo. Berikut merupakan tabel pemberian obat untuk penyakit ulkus mole, diantaranya:
a. Azitromycin 1 gram, oral, single dose.
b. Seftriakson 250 mg dosis tunggal, dengan injeksi IM.
c. Siprofloksasin 2 x 500 mg selama tiga hari.
d. Eritromisin 4 x 500 mg selama tujuh hari.
e. Amoksisilin + asam klavunat 3 x 125 mg selama tujuh hari.
f. Streptomisin 1 gram sehari selama 10 hari.
g. Kotrimoksasol 2 x 2 tablet selama 7 hari.

2. Terapi Topikal
Terapi lokal dapat dilakukan dengan membersihkan serta dengan mengkompres bubo agar dapat mengurangi edema. Pemberian obat antiseptik misalnya povidon yodium. Jika perlu diaspirasi agar dapat mencegah rupture spontan. Pasien dengan kondisi bubo yang tidak berfluktuasi serta dapat berespon baik dengan antibiotik tidak harus dilakukan drainase terhadap lesinya.

 

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates