Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Alasan Mengapa Obat Kumur Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alasan Mengapa Obat Kumur Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alasan Mengapa Obat Kumur Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alasan Mengapa Obat Kumur Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alasan Mengapa Obat Kumur Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut

Alasan Mengapa Obat Kumur Berbahaya Bagi Kesehatan Gigi Dan Mulut – Obat kumur adalah obat  cairan pembersih  pada mulut yang digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi. Banyak orang mamakai obat kumur ini agar mulut dan giginya tetap bersih serta tidak berbau. Namun, obat kumur ini berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut, fatalnya banyak yang tidak sadar akan efek dari penggunaan obat kumur ini. Padahal anjuran yang dipakai untuk membersihkan mulut dan gigi dari sisa makanan yang ada, adalah dengan cara memakai obat kumur (Mouthwash). Tetapi kebanyakan obat kumur mengandung bahan-bahan yang dapat merusak gigi dan mulut kita. Oleh karena itu, kita sebaiknya perlu memeriksa kandungan terlibih dahulu yang terdapat di dalam obat kumur sebelum kita pakai untuk berkumur. Hal ini agar terhindar dari obat kumur yang memiliki  zat atau kandungan yang dapat merusak gigi dan gusi.

Zat yang dimaksudkan disini adalah kandungan alkohol yang biasanya terdapat di dalam obat kumur. Pada saat sekarang ini sudah banyak berbagai macam produk obat kumur yang memiliki zat atau kandungan alkohol sampai dengan 26 %. Sebenarnya, alkohol sendiri memiliki peranan dalam mengoptimalkan fungsi menthol, thymol, dan eucalyptol untuk menembus lapisan gigi bagian luar serta membersihkan plak gigi. Meskipun, kandungan alkohol yang ada pada obat kumur tidak menyebabkan seseorang mengalami kematian, tetapi di dalam kandungan ini bisa menyebabkan mulut menjadi kering karena kehilangan suatu zat yang memiliki fungsi dalam menjaga agar mulut tetap basah dan lembab.

1. Bahaya Kandungan Obat Kumur Lainnya Jika Sering Digunakan.
Berdasarkan pada penelitian yang baru-baru ini dilakukan mengungkapkan bahwa kandungan alkohol yang yang ada di dalam obat kumur bisa meningkatkan risiko Kanker Mulut pada seseorang yang memakainaya. Penelitian yang sama dengan isu bahaya obat kumur ini mengungkapkan jika kandungan etanol yang adadalam obat kumur dapat menimbulkan meningkatnya kandungan atau zat berbahaya yang mempunyai kemampuan untuk menembus dengan sangat mudah pada daerah sekitar mulut.

Selain itu, ada pula zat kimia chlorhexidine gluconate yang ada di dalam obat kumur ini yang dapat mmengakibatkan timbulnya suatu noda pada gigi. Sesungguhnya zat kimia chlorohexidine gluconate ini memiliki peranan untuk menghilangkan plak gigi serta mengurangi bakteri di dalam mulut kita. Tetapi lagi-lagi, zat ini mempunyai dampak atau efek samping yang menyebabkan seseorang mengalami bau mulut tidak sedap dan noda pada daerah gigi. Apalagi jika diapakai secara terus menerus atau berkepanjangan, maka enamel yang ada pada gigi dapat berwarna kecokelatan.

2. Berikut Solusi Agar Aman Dalam Memakai Obat Kumur
Lalu bagaimana agar kita aman pada saat memakai obat kumur, apakah kita harus menghindari penggunaan obat kumur pada diri kita? Sedangkan menurut pakar kesehatan kita sangat dianjurkan sekali untuk memakai obat kumur karena fungsinya dalam menghilangkan plak yang pada gigi. Hal ini tidak perlu untuk dirisaukan, karena kita masih dapat memakai obat kumur dengan sebuah catatan, pada saat sedang mencari obat kumur, kita harus memilah-milih obat kumur yang tidak memakai dan mengandung alkohol. Sehingga, apabila obat kumur tersebut dipakai akan baik dan aman dalam penggunaannya dan tidak akan mengakibatkan mulut kita menjadi kering serta tidak memunculkan noda pada gigi kita. Dengan cara seperti itu, kita bisa menghindari bahaya obat kumur dengan tenang dan nyaman sehingga, kesehatan mulut dan gigi kita terjaga. Sekian informasi kali ini, semoga dapat bermanfaat.

About Pradini Anjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates