Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Atmosfer Bumi: Lapisan Ozon, Uap Air dan Awan

Atmosfer Bumi: Lapisan Ozon, Uap Air dan Awan

Atmosfer Bumi: Lapisan Ozon, Uap Air dan Awan

Atmosfer Bumi: Lapisan Ozon, Uap Air dan Awan

Atmosfer Bumi: Lapisan Ozon, Uap Air dan Awan

1. Lapisan Ozon
Pernahkah kita mendengar yang namanya ozon atau sering disebut lapisan ozon dari mulai sekolah jenjang yang rendah hingga ke jenjang lebih tinggi?? Lapisan ozon atau dengan rumus kimia O3 merupakan lapisan tebal yang melindungi bumi dari benda-benda asing seperti asteroid, meteorid, dan sinar UV matahari. Ozon terbentuk karena adanya reaksi oksigen dengan ultraviolet dari matahari. Tahapan reaksi pembentukan ozon tersebut dinamakan ”reaksi chapman”. Pada reaksi chapman, reaksi terbentuknya O3 terjadi secara seimbang artinya kecepatan reaksi pembentukan ozon sama dengan reaksi penguraian ozon sehingga penipisan lapisan ozon tidak akan pernah terjadi jika berada dalam kesetimbangan.

Lalu, bagaimana bisa pertahanan bumi kita bisa jebol? Apakah lapisan ozon terkena infeksi? Infeksi apa dan bagaimana bisa terjadi? Jawabannya ada zat lain yang telah merusak kesetimbangan reaksi chapman pada lapisan ozon. Zat yang telah merusak kesetimbangan tersebut adalah ”Radikal bebas”. Radikal bebas merupakan zat yang bentuknya tidak stabil, keadaan yang tidak stabil ini lah yang membuatnya menjadi reaktif untuk mencari kesetimbangan. Radikal bebas ini kemudian akan mencapai lapisan ozon dan langsung memecah ikatan O3, selanjutnya bergabung membentuk senyawa lain yang lebih stabil. Radikal bebas yang diketahui reaksinya sangat kuat adalah golongan halogen (F , Cl ,Br ) selain itu Oksida (O),Hidrogen (H) dan Nitrogen (N) .

Berikut adalah penjelasan bagaimana proses perusakan ozon oleh radikal bebas. Awalnya ketika 1 radikal bebas memecah reaksi O3, akan menghasilkan zat O2 dan xO yang tidak stabil dan merupakan radikal bebas. Selanjutnya, kedua zat tersebut akan menyerang ikatan O3 yang lain sehingga reaksi penghancuran ozon akan terus berputar dan berkelanjutan. 1 atom Cl mampu melahap 100.000 molekul ozon.
Proses perusakan ini akan menyebabkan lapisan ozon semakin lama semakin menipis. Menipisnya lapisan ozon ini mengakibatkan sinar ultraviolet (UV) matahari bisa mudah masuk, menerobos dan merusak bumi kita. Gejala atau tanda-tanda terinfeksinya ozon karena radikal bebas ini sudah terdeteksi sekitar tahun 1970.

2. Air di atmosfer
Air mengalami sirkulasi dalam siklus hidrologi melalui atmosfer. Persentase air di atmosfer tergantung pada ketinggian, semakin bertambahnya ketinggian, air di atmosfer akan mengalami penurunan. Uap air di atmosfer berfungsi sebagai ”selimut” di malam hari, yaitu dengan menyerap radiasi infra merah, panas dari permukaan bumi akan bertahan. Hal ini berarti bahwa pengaruh uap air bisa terbalik ketika malam hari, jika suhu hangat bumi tidak dipertahankan maka tidak bisa dibayangkan betapa dinginnya pada saat malam hari.

3. Terbentuknya awan
Awan dapat terbentuk karena adanya uap air yang memantulkan cahaya dari matahari dan memiliki efek menurunkan suhu. Uap air dan CO2 menyerap radiasi infra merah sekitar 17% – 19% . akan tetapi, uap air dapat menyerap radiasi lebih kuat daripada CO2.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates