Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Dampak Negatif Gadget Pada Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget Pada Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget Pada Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget Pada Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget Pada Perkembangan Anak

Dampak Negatif Gadget Pada Perkembangan Anak – Pada zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, anak-anak telah mengenal, bahkan sudah mahir dalam menggunakan gadget. Sehingga, dalam hal ini orang tua harus berperan, karena peran orang tua sangat dibutuhkan agar bersikap bijak dalam memberikan anak lat komunikasi tersebut. Sebenarnya gadeget memiliki manfaat sebagai media pembelajaran bagi anak-anak. Akan tetapi jika gadget digunakan dengan tidak dikontrol tentu dampak atau pengaruh gadget sangat berbahaya bagi kesehatan dan pertumbuhan anak.

Untuk menyikapi perkembangan yang semakin canggih ini dengan banyaknya teknologi pada era sekarang, sebaiknya setiap orangtua perlu mengetahui waktu yang tepat dalam memberikan gadget pada anak-anak. Selain itu, perlu juga orangtua sebaiknya memberikan batas-batas tertentu pada anak dalam memakai sebuah gadget sehingga tidak menimkbulkan ketergantungan yang justru akan memberikan dampak negatif terhadap pertumbuhan dari anak. Berikut penjelasan mengenai bahaya penggunaan gadget pada anak-anak yang perlu diketahui oleh orang tua:

1. Bahaya radiasi
Gadget memiliki dampak negatif bagi anak-anak yang pertama adalah paparan radiasi dari sebuah gadget itu sendiri. Dalam sebuah riset yang sudah dilakukan sebelumnya, paparan radiasi yang ada pada gadget sangat berbahaya sekali untuk kesehatan dan perkembangan anak. Radiasi sendiri sangat beresiko dalam menyebabkan gangguan terhadap perkembangan otak serta sistem imun pada anak.

2. Menyebabkan kecanduan
Dampak dari penggunaan gadget terhadap anak yang berikutnya adalah mengakibatkan kecanduan serta ketergantungan. Hal ini tentu akan sangat berdampak negatif terhadap anak-anak, terutama gangguan pada perkembangan fisik dan motorik anak. Pada saat si anak sedang asyik bermain dengan gadget biasanya mereka akan lupa makan sehingga asupan-asupan nutrisi yang seharusnya dapat menunjang [ertumbuhannya dapat tertganggu. Dan juga, kecanduan pada gadget juga akan sangat berdampak pada kepribadian anak sehingga anak akan lebih cenderung mempunyai sifat tertutup dan tidak mau bersosialisasi dengan temannya.

3. Hambatan terhadap perkembangan
Setiap anak yang mempunyai ketergantungan dengan sebuah gadget akan lebih cenderung mengalami sebuah hambatan pada proses perkembangannya. Hal ini tidak terlepas karena anak-anak yang asyik sedang bermain gadget jarang sekali bergerak sehingga mampu menghambat proses pertumbuhannya.

4. Penyakit mental
Pemakaian gadget yang tidak dikontrol dan terus menerus dilakukan oleh anak, dapat menjadi pemicu penyakit mental, misalnya saja depresi, gangguan bipolar dan autis.

5. Obesitas
Selain pertumbuhan yang terhambat, anak yang sering bermain gadget sangat beresiko sekali untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Hal ini dikarenakan anak-anak akan sangat kurang bergerak saat bermain gadget. Jadi kemungkinan besar akan dapat terjadi penumpukan lemak pada tubuh anak-anak yang dimana menyebabkan kenaikan berat bada secara cepat

6. Gangguan tidur
Alangkah baiknya jika kita tidak memberikan anak sebuah gadget disaat malam hari. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan tidur bagi anak dan tentu akan berdampak bagi tumbuh kembangnya. Bermain sebuah game di dalam gadget sering kali anak keasyikan dalam bermainnya sehingga dapat mengganggu waktu tidurnya. Oleh maka dari itu, peran orang tua dalam mengontrol pemakaian gadget sangat dibutuhkan.

7. Pengaruh tayangan
Tidak jarang tanpa kita sadari anak-anak akan membuka sebuah situs yang memperlihatkan sebuah tayangan yang tidak seharusnya mereka melihatnya. Sehingga, sebagai orang tua tentu harus bersikap bijak dan alangkah lebih baik jika anak menggunakan gadget jangan diberikan koneksi internet.

Agar terhindar dari dampak negatif gadget yang digunakan oleh anak terhadap perkembangannya. Alangkah lebih baik apabila kita menerapkan sebuah aturan yang pasti. Misalnya dengan membatasi anak dalam penggunaan gadget dimana waktunya maksimal 2 jam setiap hari. Berikutnya, berikan pengawasan pada waktu si anak menggunakan sebuah gadget untuk mengontrol dan tidak menyalahgunakannya. Sekian, semoga menginspirasi.

About Pradini Anjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates