Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Kumpulan Game Yang Mampu Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri

Kumpulan Game Yang Mampu Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri

Kumpulan Game Yang Mampu Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri

Kumpulan Game Yang Mampu Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri

Kumpulan Game Yang Mampu Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri

Kumpulan Game Yang Mampu Melatih Otak Kanan dan Otak Kiri – Pada diri kita saat ini, hampir dalam setiap waktu menggunakan kedua belah sisi otak. Sesungguhnya, mustahil kita dapat menghentikan salah satunya baik otak kanan maupun otak kiri. Mungkin sesudah membaca tulisan ini pun, otak kita masih terus berpikir dan membandingkan data dengan yang jauh sebelumnya ada dan perlu diketahui jika dalam otak kita sebenarnya bekerja begitu banyak di luar batas kesadaran kita.

Kita harus terbuka untuk mencoba cara baru di luar dominan otak kita, sehingga, kedua belahan otak terlibat. So, jangan sampai berpikir jika belahan otak kanan lebih penting daripada belahan otak kiri, ataupun sebaliknya. Karena,  keduanya sangat penting, maka dari itu  harus dikembangkan secara seimbang dan sengaja, agar fungsi keduanya berjalan saling menguatkan. Berikut cara melatih otak kanan dan otak kiri:

1. Eight Game
Cobalah menulis angka delapan tidur atau simbol di udara dengan tangan kiri dan tangan kanan secara bersamaan. Permainan ini bertujuan agar menyeimbangkan saraf motorik kiri dan motorik kanan. Lakukan permainan ini secara kontinyu bisa sesudah sarapan, minimal selama 2 menit.

2. Thumb Game
Pada Thumb Game ini, permainannya adalah dengan mengacungkan jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri, lalu menyorongkan kedua belah tangan ke arah kiri. Sebaliknya, acungkan jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, lalu menyorongkan kedua belah tangan ke arah kanan..

3. Pattern Game
Pattern Game ini cara permainanya adalah dengan menggambar pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan dengan bersamaan, kearah dalam, luar, atas dan bawah. Permainan ini dapat menggali potensi visual diri. Lakukanlah permainan ini selama 2 menit, dengan minimal 14 hari secara terus menerus.

4. Specific Crawl
Specific Crawl adalah permainan dengan menggerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. lalu selanjutnya, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Umunyanya, siku tangan menyentuh lutut. Lalu iringi juga dengan musik favorit kita. Manfaat dari gerakan ini bisa membuat pikiran kita terbuka akan hal-hal baru.

5. Specific Posturing
Specific posturing yaitu permainan yang dimana bertumpu pada lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sedangkan, kaki kanan diluruskan ke arah belakang dan tangan kiri diluruskan ke arah depan. Permainan ini bertujuan untuk mengaktifkan saraf-saraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus.

6. Specific Relaxing
Cara ini khusus dibuat untuk anak-anak, specific relaxing berusaha mempertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Lakukan pula posisi ini pada saat sedang anak tertidur. Sering-seringlah lakukan posisi ini apabila ketika anak sakit, sambil memeluknya. Sehingga otak anak berada pada frekuensi alpha dan anak dapat merasa damai olehnya.

7. Rotated Reading
Dari namanya saja adalah Rotated reading yang berarti membaca terbalik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membalikkan tulisan (atas bawah), selanjutnya baca tulisan tersebut dari kanan ke kiri.

8. Left-Handed Writing
Tips ini adalah dengan cara menuliskan nama panggilan kita dengan tangan kiri pada kertas kosong. Lakukanlah kebiasaan ini minimal 10 kali setiap hari, dan dengan waktu14 hari berturut-turut. Manfaat dalam melakukan permainan ini adalah  kita dapat menulisnya dengan sangat mudah.

9. Latih Kemampuan Memori
Latihan menghafal adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan memori. Maka dari itu, ketajaman ingatan kita dapat meningkat apabila kita terus melatih kemampuan memori.

10. Bergabunglah Dalam Kegiatan Sosial
Memiliki kegiatan sosial yang padat dipercaya mampu membuat otak bekerja lebih aktif dan mengurangi kemunduran kerja otak. Sehingga, sering-seringlah untuk bergabung dalam kegiatan sosial yang ada dilingkungan kita.

Demikian informasi tentang melatih otak kanan dan otak kiri, semoga menjadi bahan bacaan yang menginspirasi.

About Pradini Anjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates