Sunday , 23 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui

Manfaat Buah Jamblang Bagi Kesehatan Yang Tidak Banyak Diketahui – Bauh jamblang sendiri memiliki banyak kandungan yang ada di dalamnya antara lain, minyak atsiri, alkaloid, asam organic, fenol, triterpenoid, asam elagat dan resin merah yang mengandung tanin. Buah ini termasuk kedalam keluarga jambu (Mytaceae).
Selain itu, biji dari buah jamblang mempunyai kandungan fatty oil sekitar 3-5% yang terdiri dari olei acid, streculiac acid, palmitic acid, myristis acid, malvalic acid (cyclopropylidenis acids), linoleic aid dan vernolic acid.
Meskipun buah jamblang ini tidak sepopuler buah seperti anggur, stroberi dan sebagainya. Tetapi manfaat dari buah ini sangat mengejutkan. Penjelasan dibawah ini akan menjelaskan berbagai macam manfaat buah jamblang itu sendiri.

1. Mencegah penyakit jantung
Kandungan nutrisi yang ada pada buah jamblang sangat beragam, antara lain anthocyanidins, anthocyanin, dan ellagitanis/asam ellagic yang memiliki sifat inflamasi. Selain itu, buah ini juga memiliki antioksidan yang tinggi dimana zat ini mampu menekan kolesterol dan menangkal radikal bebas. Sehingga buah jamblang ini, dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan juga serangan jantung.

2. Menguatkan imun dan menguatkan tulang
Kandungan yang ada didalam buah jamblang seperti zat besi, vitamin C, kalsium serta kalium dapat digunakan untuk menguatkan tulang, meningkatkan berat tulang serta menjaga sistem daya tahan tubuh. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh kita dari berbagai kondisi.

3. Obat untuk anemia
Kandungan zat besi dan vitamin C yang ada pada buah jamblang memiliki peranan yang penting dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga, sangat dianjurkan bagi penderita anemia untuk mengonsumsi buah ini.

4. Anti diabetes
Bagi yang menderita diabetes buah jamblang dapat menjadi alternatif dalam mengontrol kadar gula yang ada pada tubuh, hal inidikarenakan kandungan zat yang ada pada buah jamblang itu sendiri.

5. Sebagai pencegah penyakit kanker
Dalam penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, menyebutkan jika buah jamblang mampu mencegah terjadinya penyakit kanker. Hal ini karena sifat chemoprotective dan radioprotective yang dikandung oleh buah jamblang yang dimana sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan penangkal radikal bebas.

6. Obat infeksi
Senyawa yang ada pada tanaman Jamblang ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang dikarenakan oleh bakteri, senyawa tersebut antara lain asam galat, asam malat, asam oksalat, dan tanin. Selain itu senyawa-senyawa diatas berfungsi sebagai antibakteri, antimalaria, maupun gastroprotektif. Jadi tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi kulit, daun dan buji juga bermanfaat bagi kesehatan.

7. Melancarkan pencernaan serta kesehatan mulut
Daun jamblang dalam ilmu pengobatan secara tradisional seringkali dimanfaatkan untuk mengobati diare dan maag. Hal ini karena, pada daun jamblang memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk obat pada gangguan yang terjadi di dalam mulut.

8. Meningkatkan nafsu makan
Buah jamblang juga dapat mengatasi nafsu makan yang biasanya dialami oleh anak-anak. Biasanya penyebab nafsu makan menurun pada anak beragam dimulai dari masalah pencernaan, sembelit, sakit perut dan lainnya. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah jamblang tersebut, karena buah ini dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan

9. Mengatasi sakit pada lambung
Buah jamblang ini dapat mengatasi masalah pada lambung seperti maag. Hal ini sudah dilakukan sebelumnya di India, dimana orang-orang disana biasanya buah jamblang yang telah dipisahkan dengan biji dan kulitnya akan dibuat jus dan didiamkan selama 5 hari lamanya. Hal ini berguna untuk menambah ragam senyawa yang ada pada buah jamblang agar dapat memperbaiki kondisi lambung.

Itulah manfaat-manfaat dari buah jamblang yang ternyata banyak orang yang tidak mengetahuinya. Dengan kita mengetahui manfaat buah jamblang tersebut, mulailah konsumsi buah ini bagi keluarga yang tercinta agar memperoleh kesehatan yang baik bagi tubuh. Sekian, semoga bermanfaat bagi pembaca.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates