Sunday , 23 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui – Lontar adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui di negara-negara yang memiliki iklim tropis. Lontar memiliki beragam kandungan yang sehat dan baik bagi tubuh. Hal ini dikarenakan, sebutir lontar banyak mengandung gizi, seperti vitamin A, B, c, zat besi, serat, mineral, protein, kalium dan karbohidrat. Tidak hanya buahnya, akarnya pun dapat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut manfaat-manfaat dari buah lontar:

1. Mengatasi dehidrasi
Dehidrasi dapat terjadi secara tiba-tiba seiring banyaknya aktifitas yang dilakukan, hal ini mengakibatkan cairan tubuh berkurang. Apabila tidak segera diganti, tetntu kekurangan cairan akan membuat kita letih dan mengganggu konsentrasi.

Buah lontar sendiri dapat mengatasi dehidrasi karena larutan isotonik yang terkandung. Larutan isotonik adalah sebuah cairan yang mempunyai osomolaritas atau zat yang sama dengan cairan yang ada di dalam tubuh manusia

Meminum air nira dari buah lontar dapat meningkatkan kembali cairan pada tubuh. Selain itu, tidak hanya dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang tetapi juga mempunyai daya serap pada tubuh yang cepat dibandingkan meminum air putih.

2. Membuat tubuh terasa lebih sejuk
Buah lontar, selain dapat mengatasi dehidarasi, ternyata bagus juga untuk menyejukkan tubuh apalagi pada saat cuaca sedang panas. Buah lontar sendiri memiliki daging yang dingin dan lembut sehingga dapat menyejukkan tubuh pada saat kondisi gerah di cuaca panas.

3. Bagus bagi kesehatan pencernaan
Gangguan pencernaan dapat terjadi apabila kita makan sembarangan dan ini adalah penyakit yang seing kali muncul. Dampak dari makan sembarangan ini adalah susah buang air besar atau sembelit. Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan dan mengonsumsi buah lontar agar pencernaan tidak terganggu. Tetapi perlu dicatat, untuk mengatasi gangguan pada pencernaan ini juga perlu memperbanyak buah dan sayuran, selain mengonsumsi buah lontar.

4. Untuk mengatasi diabetes
Bagi penderita diabetes kebanyakan mereka akan disarankan untuk mengonsumsi gula jagung karena lebih sehat. Hal ini karena penderita diabetes memiliki kadar gula yang tidak normal di dalam tubuhnya.

Tetapi jangan khawatir, masih ada cara lain selain mengonsumsi gula jagung bagi penderita diabetes, kini bisa memakai gula dari nira lontar yang dimana mempunyai indeks glekimis yang lebih rendah. Hal ini tentu akan dapat mengontrol kadar gula yang ada di dalam darah.

5. Antibiotik dalam tubuh
Antibiotik adalah sebuah senyawa yang memiliki peran dalam menghantikan proses pertumbuhan virus serta bakteri yang dapat mengganggu kesehatan. Senyawa antibiotik ini dapat juga ditemukan dalam nira lontar yang sudah diuji coba yaitu dengan pembuatan minuman probiotik yang sehat. Hal ini dikarenakan minuman nira lontar banyakmengandung mikroorganisme sehat yang dapat mengatasi bakteri pada tubuh.

6. Bagus untuk ginjal
Ginjal adalah sebuah organ tubuh yang mempunyai peran penting. Fungsi dari ginjal itu sendiri adalah sebagai pengatur volume cairan pada tubuh dan memiliki peran aktif dalam proses ekresi manusia. Buah lontar sendiri memiliki banyak kandungan baik seperti fosfor, yang dimana sangat bagus dalam menjaga kesehatan ginjal dan membantu terjadinya proses buang air kecil itu sendiri.

7. Mengatasi stres
Penyebab stres pada manusia ada banyak sekali mecam-macamnya tergantung dari orang itu sendiri. Apabila stres ini berlarut maka dapat mengganggu kesehatan secara fisik bahkan dapat mengakibatkan gangguan mental.

Mengonsumsi buah lontar dapat mengatasi gangguan stres ini, hal ini dikarenakan mengandung vitamin C pada buah lontar yang dimana baik untuk meminimalisir dampak stres. Dengan demikian, buah lontar ini dapat dijadikan sebagai alternatif buah yang sehat dan murah serta dapat ditemui diberbagai tempat. Karena manfaatnya yang banyak, jangan ragu untuk mengonsumsi buah ini. Semoga bermanfaat

 

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates