Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lobak Bagi Kesehatan Tubuh – Sayuran lobak adalah sayuran yang tergolong ke dalam umbi-umbian dengan memiliki berbagai warna yaitu merah, putih, dan ungu. Jenis lobak putih adalah jenis yang paling mudah ditemui di sekitar kita dibanding dengan warna merah atau ungu. Lobak memiliki kandungan sehat diantaranya adalah vitamin A, B1, B2, C, E, Mangan, Niasin, Minyak astiri, Kolin, Asam Folic, Zat Besi, Beta Caroten, Kalsium, serat kasar, Fosfor dan asam oksalat. Kandungan-kandungan tersebut yang ada pada lobak putih dapat digunakan sebagai bahan obat penyakit. Berikut manfaat lobak putih untuk kesehatan.

1. Mengobati masalah jamur
Lobak putih memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam jamur, dimana lobak putih dapat digunakan sebagai zat pembunuh kembang biak jamur meskipun telah parah. Zat-zat seperti enzim esterases, enzim diastase amylase serta mirosinase adalah enzim yang terdapat pada lobak putih yang digunakan untuk zat jamur, sehingga mampu membunuh jamur yang berkembang biak di dalam tubuh. Selain itu, lobak putih juga bermanfaat untuk membunuh virus atau parasit yang ada pada tubuh kita.

2. Untuk menyembuhkan batu ginjal
Mengonsumsi lobak putih secara rutin banyak memiliki manfaat, mengobati batu ginjal adalah salah satu manfaat lobak putih. Apabila tidak suka mengonsumsi lobak secara langsung, kita dapat juga menjadikannya sebuah jus terlebih dahulu. Para ahli kesehatan mengungkapkan, apabila lobak putih dibuat sebagai jus terlebih dahulu, dapat lebih efektif dalam pengusir batu ginjal, dibandingkan dengan memakannya dalam bentuk yang lain.

Selain dipakai untuk mengobati, lobak putih juga mempunyai sebuah sifat untuk mencegah datangnya batu ginjal kembali. Sehingga bisa dikatakan lobak putih lebih aman untuk dikonsumsi terutama bagi penderita  batu ginjal dan yang sudah dinyatakan sembuh.

Dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan, lobak putih dapat mengatasi gangguan-gangguan yang ada di dalam ginjal dan bahkan menjadi salah satu obat yang peling manjur. Sehingga, bagi yang menderita batu ginjal, sebaiknya setiap hari mengonsumsi lobak putih. Dan alangkah lebih baik apabila dilakukan pada pagi hari sebelum memulai sarapan pagi.

3. Mengatasi gangguan kulit kering dan berjerawat
Bagi yang merasa atau memiliki kulit yang tidak lagi lembab yang disebabkan pengaruh cuaca atau bisa jadi dampak dari penggunaan kosmestik yang salah, maka lobak putih bisa dipakai sebagai salah satu solusi dalam pmengatasinyanya. Lobak putih memiliki kandungan vitamin dan zat-zat yang baik untuk kesehatan kulit misalnya kandungan Vitamin B komplek, vitamin C, dan zat berupa fosfor serta zinc.

Pada lobak putih, banyak mengandung air yang dimana mampu membantu melembabkan kulit kita. Tidak mengherankan apabila mengonsumsi lobak putih secara kontinyu, dapat menjadikan kulit kita lebih menawan dan cantik. Untuk mendapatkan sebuah hasil yang terbaik, sebaiknya lobak putih dibuat minuman berupa jus terlebih dahulu, dan diminum secara rutin.

Khasiat lobak baik yang dikonsumsi secara langsung ataupun di buat jus dulu, dapat membuat gangguan yang seringkali muncul di kulit misalnya sendiri adalahi gatal-gatal, kulit kering, infeksi kulit, kulit tergores dan lainnya, dapat sembuh dengan cepat asal dikonsumsi secara rutin.

Selain dibuat jus, lobak putih juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk mengatasi masalah jerawat. Perlu untuk diketahui apabila lobak putik jika dikonsumsi sera rutin baik langsung maupun dibuat campuran sayuran, dapat membantu melakukan detokfikasi terhadap kulit, sehingga dapat mencegah adanya jerawat. Sehingga, kulit akan lebih cerah dan bersih.

4. Mengatasi gangguan kesehatan rambut
Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi manfaat lobak putih juga baik untuk rambut. Pemakaian lobak, mampu mencegah keluarnya sebum yang terlalu banyak sehingga dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih.

Sebagai salah satu alternatif pengobatan, lobak menjadi sayuran yang dapat ditemukan dan juga harganya yang relatif murah. Sehingga, kita tidak perlu kebingungan mencari obat-obatan yang mahal, cukup dengan lobak, gangguan-gangguan seperti diatas dapat diatasi. Semoga bermanfaat, selamat untuk mencoba.

About Pradini Anjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates