Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Jenis Minuman Berbahaya Atau Pembunuh

Beberapa Jenis Minuman Berbahaya Atau Pembunuh

Beberapa Jenis Minuman Berbahaya Atau Pembunuh

Beberapa Jenis Minuman Berbahaya Atau Pembunuh

Beberapa Jenis Minuman Berbahaya Atau Pembunuh

1. Minuman Beralkohol
Apabila dikonsumsi berlebihan, minuman beralkohol bisa mengakibatkan timbulnya ganggguan mental organik (GMO), yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berprilaku. Timbulnya GMO itu disebabkan reaksi langsung alkohol pada sel-sel saraf pusat. Sifat adiktif pada alkohol membuat orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau mabuk.

Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisik juga terjadi misalnya cara berjalan yang tidak mantap, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis yang dialami oleh konsumen misalnya mudah tersinggung, bicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.

Mereka yang ketagihan umumnya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol yaitu ketakutan apabila diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar, cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.

2. kopi

Kopi merupakan minuman yang cukup dikenal umat manusia. Tak seorangpun yang tak mengenal kopi. Minuman ini sudah dikenal di seluruh dunia sejak ratusan tahun lalu. Begitu terkenalnya kopi sampai timbul istilah coffe break atau “rehat kopi” di setiap acara resmi seperti seminar, lokakarya, rapat, dll. Ketika para tamu atau peserta beristirahat sebentar guna menikmati kue-kue sambil minum secangkir kopi atau teh. Sementara dalam kehidupan sehari-hari, kopi seringkali dijadikan pendamping sarapan pagi.

Walaupun demikian kita jarang mengamati apa manfaat atau efek negatif kopi untuk kesehatan. Paling-paling yang kita tahu setelah minum kopi badan terasa segar dan rasa kantuk hilang.

Menurut analisis kedokteran, terdapat sejenis senyawa kimia xantin di dalam kopi. Derivat senyawa ini meliputi kafein, teofilin dan teobromin dalam coklat.

Kafein ternyata dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak),sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Sebab itu tidak heran setiap minum kopi dalam jumlah wajar (1-3 cangkir), tubuh kita terasa segar. bersemangat, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau mengantuk. Dampak positif ini menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi.

Tetapi ternyata manfaat di atas tak berguna untuk seseorang yang profesinya membutuhkan ketelitian, kerapian, ataupun ketetapan menghitung. Sebaliknya, minum kopi lebih tepat bagi orang yang belajar ilmu-ilmu sosial atau menghapal. Minumlah antara setengah hingga satu jam sebelum melakukan suatu kegiatan belajar atau menghapal dimulai.

Kafein acap kali juga dijadikan salah satu bahan pelengkap pada obat sakit kepala. Kafein mempunyai kemampuan memperkecil pembuluh darah ke otak sehingga membuat pelebaran pembuluh darah di daerah otak yang mengakibatkan penyakit kepala dapat bisa ditangani. Bahkan, senyawa xantin dalam dosis rendah mampu merangsang susunan saraf yang sedang depresi, misalnya akibat penyalahhgunaan narkoba atau kecanduan alkohol. Dan karena itu timbulnya pendapat bahwa kafein bisa memperbaiki fungsi mental penderita yang keracunan alkohol. Lebih jauh, kafein ternyata dapat menetralisasi asam lemak dalam darah.

Ternyata, kebiasaan minum kopi kerap kali menimbulkan dampak “kecanduan” baik secara psikologis maupun fisiologis. Ciri umum ketergantungan kopi antara lain rasa letih atau lelah, tak bersemangat dan mengantuk kalau seharian saja tidak minum kopi. Hal sewajarnya ialah mengkonsumsi kopi sebanyak 85-200 mg atau 1-3 cangkir kopi. Namun, minum kopi diatas 250 mg sekaligus dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti jantung berdebar, gelisah, insomnia (sulit tidur), gugup tremor (tangan bergetar), bahkan mual sampai muntah-muntah.

3. Minuman Bersoda

Dapat merusak pankreas dan menimbulkan diabetes
Minum soda ketika perut kosong (misalnya setelah berpuasa atau waktu bangun tidur di pagi hari) juga mesti dihindari. Sirup dengan kadar fruktosa tinggi, soda, dan pemanis buatan yang terdapat dalam minuman soda dapat merusak pankreas Anda, yang menyebabkan meningkatknya kadar insulin dalam tubuh dan meningkatkan berat badan. Apabila kebiasaan ini diteruskan, lambat laun Anda akan terkena penyakit diabetes.

Penelitian membuktikan bahwa perempuan yang mengonsumsi soda lebih dari satu kaleng perhari memiliki risiko dua kali terkena diabetes tipe dua dalam jangka waktu 4 tahun ke depan, dari pada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu kaleng perhari.

Rawan osteoporosis
Asam phosphoric dalam minuman bersoda dapat membuat tulang mengikis. Pengikisan tulang tersebut membuat Anda jauh lebih cepat terkena osteoporosis.

Berdampak tidak baik pada saluran pencernaan (mulut, kerongkongan, dan ulu hati).

Campuran pada soda membuat perut Anda menjadi kembung dan mengakibatkan cairan lambung naik ke kerongkongan, sehingga ulu hati menjadi nyeri dan menimbulkan masalah bagi mulut antara lain menyerang email dan membuat gigi jadi sensitif. Minuman ini dapat merusak otot kerongkongan, ‘pintu’ yang menghalangi cairan asam lambung naik ke kerongkongan.

4. Minuman Instan/bubuk
Daftar Minuman instan berbahaya:
a.    Fres mix
b.    Pop ice
c.    Arga Zone
d.    Mizone
e.    Zhuka Sweet
Dan banyak lagi minuman berbahaya yang rawan BIANG KANGKER!!

5. Air es

Air dingin yang anda minum akan mengeraskan makanan berminyak yang baru saja anda makan dan melambatkan proses pencernaan makanan. Ketika endapan minyak itu bereaksi dengan asam lambung, endapan akan terpecah dan diserap oleh usus lebih cepat daripada makanan padat dan segera akan memenuhi usus. Sebentar saja, endapan ini akan berubah menjadi lemak dan bisa mengakibatkan kanker. Selain itu, lemak yang berkumpul pada usus akan menyebabkan penyempitan pada saluran pencernaan kita yang akan menyebabkan kegemukan. Biasanya, orang yang gemuk akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung. Catatan serius mengenai serangan jantung; Biasanya serangan jantung mulai terasa pada tangan sebelah kiri. Lalu merambat sedikit-demi sedikit ke bagian atas dada. Namun demikian, tidak semua gejala serangan jantung selalu merasakan sakit pada lengan sebelah kiri. Rasa sakit yang terus menerus pada rahang, rasa mual dan keringat yang berlebihan juga adalah gejala umum yang sering dijumpai pada penderita serangan jantung. Sekitar 60% orang yang mengalami serangan jantung ketika tidur, tidak bangun lagi.

Tinggalkanlah kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin/es, dan mulailan seperti kebiasaan orang Cina dan Jepang yaitu mengkonsumsi minuman panas/hangat setelah selesai makan.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates